Kesehatan

Yuk, Waspadai Gangguan THT Bayi

Merawat bayi adalah pekerjaan yang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Mereka belum bisa mengungkapkan keluhan secara spesifik jika sedang merasa tak enak badan. Bayi hanya bisa menangis ketika merasa terganggu kesehatannya tetapi tidak bisa mengeluhkan bagian tubuh mana yang sedang sakit. Organ-organ bayi masih dalam masa perkembangan. Sedikit gangguan pada panca inderanya bisa menyebabkan sakit berkepanjangan yang membuatnya rewel sepanjang hari. Gangguan kesehatan yang paling sering diderita bayi adalah gangguan pada saluran Telinga Hidung dan Tenggorokan.

Panca indera manusia adalah mata, telinga, hidung, lidah dan kulit. Setiap indera memiliki fungsi masing-masing. Jika salah satu indera mengalami gangguan kondisi tubuh bayi bisa drop berkepanjangan. Misalnya ketika menderita gangguan saluran pernapasan. Tidur jadi tidak nyenyak, minum ASI pun tak enak. Berat badan bisa turun drastis dan ia bisa lebih mudah terserang penyakit lain karena stamina tubuh yang terus merosot karena sistem imun yang kurang berjalan.

Hidung adalah indera penciuman yang harus senantiasa dijaga kebersihan dan kesehatannya. Gangguan pernapasan bisa menyebabkan menumpuknya kotoran hidung sehingga berpotensi mengganggu sistem pernapasan lebih lanjut. Gangguan dan kelainan pada hidung bisa diderita bayi sebagai penyakit bawaan. Gangguan yang paling sering diderita bayi adalah sesak napas, hidung tersumbat disertai rasa tak nyaman. Beberapa kelainan hidung bisa diderita anak sejak lahir. Kelainan tersebut bisa berupa pembentukan lubang hidung yang tidak sempurna, tidak adanya lubang yang menghubungkan hidung dengan tenggorokan (atresia coana) dan hipertrofi adenoid.

Bayi baru lahir kadang terlihat bernapas dengan susah payah. Sesak napas tersebut bisa terjadi karena kelainan bawaan akibat pembentukan organ hidung yang kurang sempurna. Bayi tampak stress, rewel, sulit bernapas. Hidung tersumbat pada bayi bisa sangat berbahaya karena menyebabkan kekurangan oksigen sehingga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan. Sangat lebih berbahaya ketika hal tersebut menyebabkan pernapasan terhenti.

Sebagai tindakan penanganan cepat dan preventif maka perlu dilakukan pemeriksaan awal yang dilakukan secara menyeluruh terhadap semua organ tubuh sang anak termasuk telinga, hidung dan tenggorokan sesegera mungkin setelah bayi dilahirkan.

Ketika anak-anak tumbuh makin besar gangguan pernafasan pada batita dan balita didominasi oleh gangguan karena infeksi. Hipertofi adenoid adalah salah satu faktor pemicu seringnya hidung tersumbat. Perlu juga mewaspadai pemicu gangguan hidung lainnya seperti inflamasi sekunder yang diakibatkan oleh infeksi, alergi dan zat polutan seperti asap rokok dan kendaraan. Pada usia batita dan balita anak-anak belum memiliki sistem imun yang kuat sehingga lebih mudah terserang penyakit.

baby-radit

Menurut penelitian para ahli kesehatan seorang anak sepanjang hidupnya menderita batuk pilek setidaknya 6-8 kali setahun. Kasus terbanyak terjadi karena infeksi menular di tempat umum atau tempat penitipan anak yang memudahkan anak-anak terpapar asap rokok. Anak-anak yang terpapar asap rokok mudah menderita rinosinusitis dan otitis media.

Tak cuma serangan infeksi virus dan bakteri, orang tua juga harus mewaspadai benda asing berukuran kecil yang ada di sekitar anak. Mainan, kelereng, butiran kacang-kacangan sangat berbahaya jika dimasukkan ke dalam lubang hidung. Terlambat menangani benda kecil yang masuk ke dalam hidung anak-anak dapat menyebabkan kerusakan pada hidung (rusaknya selaput atau bulu getar hidung), pilek terus menerus, sang anak tampak susah menarik nafas melalui hidung dan menggunakan mulut untuk bernafas, hidung berbau busuk dan muncul gejala infeksi seperti anak demam dan tampak lesu. Akan lebih mengerikan jika sang anak menangis dan berupaya mengeluarkan benda asing tetapi menyebabkan benda asing tersebut terdorong lebih dalam ke dalam batang tenggorokan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selalu dampingi si kecil dan simpan barang berbentuk butiran kecil agar tidak digunakan balita untuk bermain-main.

Infeksi Saluran Telinga Hidung dan Tenggorokan

Selain gangguan pada hidung yang biasa diderita anak-anak, orang tua juga perlu mewaspadai infeksi pada saluran hidung, telinga dan tenggorokan. Beberapa jenis infeksi virus dan bakteri berikut ini perlu diwaspadai pada bayi usia di bawah satu tahun, yaitu:

1. Infeksi saluran pernapasan atas

Saat bayi mengalami batuk dan hidung tersumbat ia akan menderita demam, rewel dan sulit minum ASI. Penderitaan bayi ini dapat diredakan dengan cara menggunakan nasal aspirator untuk mengeluarkan lendirnya. Agar bayi bisa tidur lebih nyaman, tambahkan bantal di bawah kepala untuk membantu menegakkan posisi tubuh. Orang tua perlu bersabar ketika si bayi butuh digendong-gendong agar bisa tidur nyenyak. Jika hingga hari ketiga kondisi tubuhnya tak kunjung membaik disarankan segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

2. Infeksi telinga

Gangguan pada telinga bisa berpengaruh terhadap hidung. Waspada jika bayi sering rewel, demam, susah tidur serta selalu menarik-narik telinganya. Infeksi telinga ini bisa menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan atas dan menyebabkan hidung tersumbat.

3. Sinus atau infeksi bakteri pneumonia

Sinus atau infeksi bakteri pneumonia bisa terjadi karena pilek yang terus menerus dan tidak segera diatasi. Untuk mencegah terjadinya sinus ada baiknya segera membawa bayi atau batita ke dokter setelah lebih dari tiga hari mengalami pilek. Waspadai pula zat alergen yang menyebabkan bayi bersin dan sesak nafas. Jaga kebersihan tempat tidur, kasur dan ruang bermain dari zat alergen seperti debu dan rambut atau bulu hewan.

Image source: pixabay.com dan koleksi pribadi

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, haaai smart people 😍 Asyikkk ya weekend! Have fun ya, guys 😄
.
Guys, tau gak sih kamuuu, lebih dari 3,8 milyar orang di seluruh dunia menggunakan internet, dimana jumlahnya meningkat 38 juta orang sejak Januari 2017 😁
.
Kenaikan ini menandakan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia mencapai 51%, atau bisa dibilang orang yang pakai internet udah lebih banyak daripada orang yang nggak pakai internet, hihi.. Memang sih, tahun 2017 ini sebenarnya peningkatan jumlah pengguna internet jauh lebih lambat daripada tahun 2016 😆
.
Daaan, dari 3,8 milyar orang pengguna internet di seluruh dunia, 2,9 milyarnya aktif menggunakan media sosial, lho! Wawww 😋 Pastinya kamu termasuk di dalamnya dong, heheee
.
Sumber: youthmanual.com
.
#indoblognet #mbcommunication #internet #survey #sosialmedia #socialnetworking #weekend #saturday #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top