Menulis Yuk

Yuk, Optimalkan Kecerdasan Majemuk Anak dengan Stimulasi

Masa Keemasan, Golden Age adalah penyebutan bagi masa-masa usia bayi baru lahir hingga lima tahun. Masa keemasan tak akan terulang sepanjang umur kehidupan. Disebut sebagai masa keemasan karena pada fase tersebut sel-sel syaraf dan tubuh pada anak-anak tumbuh optimal. Namun tumbuh kembang optimal seperti yang diharapkan hanya dapat terwujud jika sang anak tumbuh dalam cukup kasih sayang dan perhatian, kecukupan nutrisi dan stimulasi. Stimulasi yang dilakukan pada anak-anak bertujuan untuk mengoptimalkan bakat minat dan kemampuan. Setiap anak memiliki bakat dan minat terhadap bidang tertentu. Stimulasi membantu menemukan bakat dan potensi tersembunyi.

Kita mengenal teori Multiple Intelligences atau kecerdasan majemuk yang dipopulerkan Howard Gardner. Konsep kecerdasan menurut Howard Gardner adalah kecerdasan yang mengoptimalkan kemampuan anak di segala bidang. Howard Gardner membaginya menjadi delapan bidang dan masing-masing bidang kecerdasan tersebut membutuhkan stimulasi agar tergali lebih optimal yaitu:

1. Kecerdasan bahasa atau linguistik.

Kecerdasan ini berkaitan erat dengan kemampuan menguasai bahasa baik secara lisan maupun tulisan. Ciri utama dari seseorang yang mampu mengoptimalkan kecerdasan bahasanya adalah mampu menggunakan kata-kata yang efektif dalam berkomunikasi, menulis dan berbahasa. Ia juga rajin membaca dan mampu menjadikan bahasa sebagai alat komunikasi yang santun dan efektif dalam keseharian.

Menstimulasi kecerdasan ini bisa dimulai sejak dini. Ajak bayi dalam kandungan berbicara, dengan demikian ia mulai belajar bahasa sejak masih berada di dalam rahim. Sering-sering mendongeng dan ajak anak-anak yang sudah mampu berbicara untuk menceritakan kembali dongeng yang ia dengar. Untuk batita yang sedang belajar berbicara setidaknya melatih mereka menirukan sepatah dua patah kata akan memberikan stimulasi yang cukup bermanfaat.

2. Kecerdasan musikal

Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap nada, irama, tangga lagu dan warna bunyi termasuk aspek emosional yang berkaitan dengan musik dan alat musik. Kecerdasan ini berkaitan dengan memori suara. Beberapa bagian dari nada yang didengar akan masuk ke alam bawah sadar dan menjadi bagian pokok daya ingatnya. Sosok yang mampu mengoptimalkan kecerdasan musikal mampu mendengar, mengingat pengalaman bermusik dan memainkan alat musik.

Cara menstimulasi kecerdasan musikal adalah dengan terbiasa memperdengarkan musik sejak masih bayi. Musik tidak selalu sebuah lagu atau aransemen tertentu. Lantunan ayat kitab suci dengan nada tertentu juga membantu stimulasi kecerdasan musikal. Sesuai bertambahnya usia ajak si kecil memainkan alat musik sederhana. Bahkan suara panci atau tong yang dipukul akan menghasilkan nada tertentu dan melatih anak lebih reaktif terhadap alat musik

3. Kecerdasan logika-matematika

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan berhitung, berpikir logis dan trampil mencari solusi dari suatu permasalahan. Kecerdasan ini biasanya akan tampak menonjol melalui prestasi akademis ketika si anak duduk di bangku sekolah. Cara menstimulasinya adalah dengan mengajarkan berhitung sederhana menggunakan mainan. Merapikan sambil menghitung mainan yang dimasukkan ke dalam peti sambil menyebutkan angka secara berurutan, memasukkan bola basket sambil berhitung atau menghias kamar anak-anak dengan gambar-gambar dilengkapi angka adalah cara stimulasi sederhana.

4. Kecerdasan visual-spatial

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan mengenali obyek, bentuk, gambar dan ruang. Kecerdasan ini berkaitan dengan profesi, misalnya gelandang serang yang mampu mengukur jauhnya tendangan, pelaut yang bisa membaca tanda-tanda alam untuk keselamatan ketika melaut dan arah tujuan. Cara menstimulasinya adalah membiasakan anak-anak mengenali nama benda di sekitarnya. Membedakan benda yang berbentuk dasar lingkaran dengan bentuk persegi akan membantunya lebih paham obyek dan bentuk.

WBL

5. Kecerdasan kinestetik tubuh

Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan menggerakan seluruh badan sebagai cara berkomunikasi dan berekspresi. Cara menstimulasinya adalah dengan membiarkan anak menari atau menirukan tarian dan gerakan senam, mewarnai, bermain tangkap bola, serta bermain gunting atau melipat kertas agar ia lebih lentur menggunakan jemari dan kaki.

Raditya

6. Kecerdasan intrapersonal

Merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan aspek internal. Kecerdasan ini meliputi menilai diri sendiri, instrospeksi, mengenali potensi diri dan mengatur emosi. Cara menstimulasinya adalah dengan mengajak anak menceritakan tentang benda kesukaannya, makanan favorit dan sesekali mengajak anak-anak melihat dunia kerja, gallery seni dan pusat kerajinan.

7. Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan ini berkaitan erat dengan kecerdasan intrapersonal. Bedanya kecerdasan interpersonal mampu mengukur kapasitas diri untuk menerima perbedaan dengan individu lain. Kecerdasan ini merupakan landasan bagi anak untuk bersosialisasi dan mengenali susana hati, emosi dan perspektif orang lain serta bagaimana cara memotivasi. Cara menstimulasinya adalah dengan mengajaknya bersosialisasi, bermain bersama anak-anak sebaya di taman kota, di tempat bermain atau saat bersama tetangga. Ajarkan tentang berbagi sejak dini.

8. Kecerdasan naturalis

Kecerdasan ini berkaitan dengan empati, pengenalan dan pemahaman terhadap kehidupan, alam dan lingkungan. Cara menstimulasinya adalah dengan sering mengajak anak bermain di alam terbuka, merasakan pasir laut dengan sentuhan tangan, bermain air di sumber mata airnya langsung seperti sungai, danau dan laut yang jernih.

Masa keemasan adalah saat-saat berharga. Sayang jika dilewatkan tanpa upaya stimulasi. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, mari berupaya menstimulasi buah hati sejak dini demi membantu mereka mengenali bakat, kemampuan dan potensi diri.

 

 

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top