Menulis Yuk

Yuk, jadi Muslimah Cerdas!

Di era modern ini, banyak sekali wanita cantik dengan jilbab lebar dan syar’inya. Keputusan yang diambil pasti tidaklah mudah, namun tekat serta keyakinan membuat mereka beristiqomah dengan jalan itu. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadi wanita muslimah dan cerdas. Meskipun godaan dan tantangan mengiringi jalan mereka, hal itu bukan menjadi halangan. Wanita cantik dan cerdas akan menjadi perpaduan yang pas jika diimbangi dengan bekal agama yang baik. Saat wanita berhijarah menjadi muslimah, mereka akan berusaha untuk memperbaiki diri, menjaga sikap dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Karena wanita salihah adalah perhiasan dunia, seperti hadist dibawah ini:

Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR. Muslim)..

Kemudian muslimah cerdas akan mengajak dirinya dan orang lain untuk hidup mulia dan dicintai banyak orang. Selain itu, ilmu yang mereka miliki akan membawanya ke kehidupan yang tentram, damai dengan mencintai Allah Swt. Dan salah satu cara yang dilakukan mereka adalah berdakwah. Berdakwah pun tidak harus dengan berceramah, namun ada cara yang berbeda-beda dilakukan mereka. Misalnya, ketika fashion menjadi hal yang penting untuk saat ini. Mereka juga akan mengikutinya, dengan tetap berpakaian dan berjilbab syar’i namun dengan tampilan yang lebih modis. Karena terkadang beberapa orang beranggapan bahwa, berpakaian syar’i itu kuno, dan kurang stylish. Dengan demikian, secara tidak langsung dapat mengubah mindset beberapa orang tentang berpakaian. Dimana, modis itu tidak harus berpakaian buka-bukaan, karena dengan berjilbab lebar pun bisa dilakukan. Dengan demikian, perlahan akan dapat mempengaruhi orang-orang untuk memakai pakaian yang syar’i.

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan wanita agar bisa menjadi muslimah yang cerdas, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, niat dan ikhlas, dimana dengan niat yang tulus disertai keikhlasan, akan mempermudah hidup di jalan Allah Swt.
  • Kedua, terbuka terhadap dunia luar dan mau belajar dari hal itu. Serta tidak merasa benar sendiri, karena orang yang cerdas mau menerima, kritik serta saran dari orang lain.
  • Ketiga mandiri, dimana seorang muslimah bisa melakukan apapun dengan kemampuannya dan tidak menggantungkan diri pada orang lain.
  • Keempat, aktif mengikuti kegiatan-kegiatan positif, misalnya mengajar, kegiatan kampus, kajian, dan lainnya.
  • Kelima, mengistiqomahkan diri dengan membaca Al Quran, dan melaksanakan amalan sunah. Al Quran bisa menjadi penolong hati dan fisik, karena muslimah cerdas tidak hanya menampung ilmu dunia, melainkan juga dengan menjadi wadah ilmu yang suci dengan bacaan Al Quran.

Menjadi muslimah cerdas merupakan pilihan yang dapat dilakukan oleh semua wanita muslim di dunia. Ketika sendiri, atau belum berkeluarga hal ini sebenarnya perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitas diri. Karena seorang muslimah nantinya akan menjadi seorang ibu untuk anak-anaknya. Menjadi muslimah baik dan cerdas juga akan mempengaruhi kualitas generasinya kelak, karena ibu adalah madrasah utama bagi anak-anaknya. Sehingga menjadi muslimah cerdas tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri nantinya.

 

 

niken94

Humoris 🙂

Latest posts by niken94 (see all)

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Halo, MB Friends 😁😁 Seperti halnya R.A Kartini yang kisahnya sarat dengan INSPIRASI, kita sebagai perempuan memang perlu banget BELAJAR, untuk bisa menginspirasi diri sendiri dan orang sekitar kita ❤ Setujuuu?
.
Nahhh Friends, ngomongin soal belajar dan mendapatkan inspirasi, bagi kalian para BLOGGER, gak perlu ribet kok, kalian bisa jadiin aktivitas BLOGWALKING sebagai sarana belajar dan mendapatkan inspirasi 😍
.
Btw, apa aja sih manfaat dari BLOGWALKING?
.
1. Sebagai sarana belajar dan mendapatkan inspirasi, apalagi jika blog-blog yang kamu kunjungi adalah blog yang memiliki VALUE tinggi alias tulisannya BERKUALITAS 🤗
.
2. Menjalin silaturahmi dengan sesama blogger. Yesss, dengan SALING BERKUNJUNG di blog, pastinya bikin kita jadi kenal dengan para pemilik blog tersebut, hehe
.
3. Dengan adanya backlink saat kita meninggalkan komentar di blog yg kita kunjungi, otomatis ini membuat SEO blog kita meningkat di mata Google 😋
.
4. Meningkatkan trafik dong yaaa, hihi. Kalau kalian rajin blogwalking, kemudian dikunjungi balik pastinya trafik blogmu naik 😄
.
#mbcsosmedcontent #tipsblogging #bloggerindonesia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top