Indo Blog Net

Menulis Yuk

Yuk, Cegah Banjir dengan Membuat Biopori

tips mencegah banjir

Hujan adalah berkah dari Allah. Namun terjadinya banjir membuat sebagian orang justru khawatir saat hujan turun. Sebab banyak wilayah yang terkena banjir ketika hujan deras. Hujan bukanlah penyebab banjir. Penyebab banjir salah satunya adalah karena minimnya wilayah resapan air, sehingga air hujan tak cepat meresap ke tanah secara alami.

Bisa dibayangkan jika wilayah resapan air ini terus menerus berkurang, banjir bisa saja terjadi meski hujan tak terlalu deras. 

Lalu bagaimana solusinya untuk mencegah banjir?

Biopori untuk Mencegah Banjir

Tentu saja dengan memperbanyak wilayah resapan air agar air hujan dapat cepat terserap ke tanah. Ternyata kita bisa lho memperbanyak wilayah resapan air ini di rumah, yaitu dengan membuat biopori. Biopori merupakan lubang resapan yang dapat berfungsi menyerap air hujan. 

Lubang biopori dibuat secara vertikal (tegak lurus) ke dalam tanah dengan diameter antara 10 – 30 cm. Lubang ini diisi dengan sampah organik yang berfungsi sebagai makanan makhluk hidup yang ada di dalam tanah, seperti cacing maupun akar tumbuhan. Saat hujan, air hujan akan masuk ke lubang biopori ini untuk kemudian diserap ke dalam tanah.

Manfaat Biopori

Selain dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah banjir, biopori juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat dari biopori:

1. Mencegah terjadinya banjir

Salah satu penyebab banjir adalah sistem drainase (pembuangan air) yang tidak lancar. Terutama di wilayah yang padat penduduk, umumnya memiliki sistem drainase yang tidak baik dimana air hujan tak bisa cepat diserap oleh tanah. Lubang biopori ini akan membantu air agar segera masuk ke dalam tanah.

Selain itu, sampah organik yang ada dalam lubang biopori merupakan makanan dari binatang-binatang yang terdapat dalam tanah (seperti: cacing, semut, maupun rayap).

Binatang-binatang yang masuk ke dalam lubang biopori untuk memakan sampah organik akan membuat terowongan-terowongan kecil sebagai jalan masuk mereka. Terowongan-terowongan inilah yang kemudian membuat air jadi lebih cepat terserap ke dalam tanah. 

2. Mengurangi sampah organik

biopori mencegah banjir

Lubang biopori juga dapat membantu mengurangi sampah organik dari rumah kita ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Sebab salah satu komponen yang dibutuhkan dalam lubang biopori ini adalah sampah organik. Sampah rumah tangga organik yang menumpuk di TPA sebenarnya bisa menimbulkan bahaya, karena menghasilkan gas metana ke udara. 

Binatang-binatang yang ada dalam tanah (seperti semut, cacing, maupun rayap) akan memakan sampah organik yang ada dalam lubang biopori kemudian bisa mengubah sampah organik tersebut menjadi kompos. Dengan demikian sampah rumah tangga organik yang sering menimbulkan bau tak sedap serta dapat memicu bahaya jika terlalu banyak menumpuk di TPA akan habis dimakan binatang-binatang dalam tanah. 

3. Meningkatkan cadangan air tanah

Air hujan yang terserap ke dalam tanah melalui lubang biopori juga bisa meningkatkan cadangan air tanah di wilayah tersebut. Terowongan-terowongan yang dibuat oleh binatang-binatang dalam tanah membuat luas permukaan tanah semakin meningkat.

Otomatis daya tampung tanah untuk air juga akan meningkat. Lubang biopori ini dapat meningkatkan luas wilayah resapan air hingga puluhan kali lipat. 

4. Membuat tanah lebih subur

Biopori juga dapat membuat tanah menjadi lebih subur. Karena dengan adanya sampah organik dalam lubang biopori akan terjadi proses biologis yang menghasilkan pupuk kompos. Kemudian pupuk kompos ini dapat dipanen dan dipakai untuk menyuburkan tanah serta tanaman. 

Cara Membuat Biopori

Kabar baiknya adalah lubang biopori yang kaya manfaat dan dapat menjadi solusi pencegahan banjir ini dapat kita buat sendiri di halaman atau lingkungan rumah. Lubang biopori dibuat pada area terbuka yang terkena air hujan, seperti halaman rumah atau kantor, maupun di sekitar pepohonan. Mari simak cara pembuatan biopori berikut ini:

Alat dan Bahan yang diperlukan:

  • Bor tanah untuk membuat lubang
  • Palu untuk tanah yang keras atau berbatu
  • Pipa PVC dan tutupnya yang sudah dilubangi bagian sisi-sisinya
  • Sampah organik (seperti: tumbuhan, rumput, ranting, dedaunan, sisa sayuran atau kulit buah)
  • Air untuk melunakkan tanah

Cara Membuat:

  • Tentukan lokasi yang akan dijadikan tempat pembuatan lubang biopori
  • Sebaiknya pilih tanah yang tidak berbatu atau keras. Jika tanah berbatu atau keras, gunakan palu untuk sedikit menghancurkannya
  • Siram tanah dengan air agar tanah jadi lebih lunak dan mudah untuk dilubangi
  • Lubangi tanah secara vertikal (tegak lurus) dengan menggunakan bor tanah. Kedalaman lubang kurang lebih sekitar 1 meter dengan diameter antara 10-30 cm 
  • Masukkan pipa PVC yang sudah dilubangi bagian sisi-sisinya ke dalam lubang tanah tersebut 
  • Isi lubang pipa PVC dengan sampah organik, lalu tutup lubang pipa dengan tutup pipa PVC yang telah dilubangi. Mengisi lubang dengan sampah organik juga bisa dilakukan secara bertahap setiap beberapa hari sekali hingga lubang biopori terisi penuh dengan sampah organik
  • Biarkan tutup pipa PVC tetap terlihat sehingga kita tau dimana letak lubang biopori tersebut
manfaat lubang biopori

Credit: konfrontasi.com

Perawatan Biopori:

Agar lubang biopori ini dapat terus berfungsi dengan baik dan terjaga kualitasnya, kita perlu merawatnya secara rutin dengan beberapa tips berikut ini:

  • Lubang biopori yang telah terisi penuh dengan sampah organik bisa kita biarkan selama 2-3 bulan hingga sampah organik tersebut berubah menjadi pupuk kompos. 
  • Setelah itu ganti sampah yang telah menjadi pupuk kompos dengan sampah organik yang baru
  • Manfaatkan pupuk kompos untuk menyuburkan tanah maupun tanaman
  • Pastikan permukaan lubang biopori tetap terbuka agar air dapat masuk dengan lancar 

Gimana, tidak sulit bukan untuk membuat lubang biopori? Yuk, cegah banjir dengan cara membuat lubang biopori di halaman rumahmu sekarang juga 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top