Berbagi Kasih Sayang

Yuk, Berbagi Kasih Sayang di “Rumah Harapan”

There is always hope for everything“, begitulah bunyi tagline dari rumah singgah Rumah Harapan. Kalimat yang memiliki arti “selalu ada harapan untuk segala hal” ini, mengingatkan kita bahwa dalam situasi sesulit apapun, jangan pernah berhenti berharap. Tak ada yang mustahil bagi Allah untuk diwujudkan-Nya. Tagline ini juga menyemangati kita agar kuat dalam doa dan iman, di mana pengharapan kita hanya tertuju pada Allah semata.

Rumah Harapan adalah rumah singgah yang diperuntukkan bagi anak-anak yang sedang sakit dan berasal dari keluarga kurang atau tak mampu. Dengan adanya rumah singgah Rumah Harapan ini, anak-anak yang sakit dan sedang menjalani pengobatan di rumah sakit, tak perlu lagi tidur di teras-teras rumah sakit saat sedang menunggu giliran mendapatkan ruang perawatan di rumah sakit.

Saat ini Rumah Harapan sudah ada di tiga kota besar di Indonesia, yaitu: Jakarta, Bandung, dan Makasar. Mayoritas penghuni Rumah Harapan berasal dari luar ketiga wilayah tersebut. Sebab, mereka yang berasal dari luar kota lah yang umumnya kebingungan mendapat tempat tinggal saat sedang menjalani pengobatan di rumah sakit, yang pada akhirnya membuat mereka terpaksa harus tidur di teras-teras rumah sakit.

Di dalam Rumah Harapan, anak-anak serta para orangtua dari anak yang sedang sakit tersebut tak perlu lagi mencemaskan biaya tempat tinggal dan biaya makan selama berada di Rumah Harapan. Di Rumah Harapan juga telah tersedia berbagai kebutuhan anak sehari-hari, seperti: susu, camilan, popok sekali pakai, perlengkapan mandi, sampai obat-obatan. Bahkan, bagi mereka yang memang berasal dari keluarga tak mampu, Rumah Harapan berusaha untuk membantu meringankan biaya pengobatan.

Rumah Harapan terbentuk sejak awal tahun 2014, oleh Valencia Mieke Randa. Didorong oleh rasa perduli, rasa ingin berbagi kasih sayang, kebahagiaan, serta harapan, pada anak-anak yang sedang sakit, Rumah Harapan saat ini telah dihuni oleh puluhan anak-anak yang sakit di Indonesia. Valencia Mieke Randa juga didukung oleh para relawan (volunteer) yang ikut membantunya membagikan kasih sayang, harapan, dan kebahagiaan untuk anak-anak di Rumah Harapan.

Di Rumah Harapan ini, para penghuni dan juga para relawan saling berbagi kasih meski tak saling mengenal satu sama lain sebelumnya. Perbedaan agama, suku, dan status sosial sama sekali tak menjadi penghalang untuk saling berbagi kasih tanpa pamrih. Sebab, Rumah Harapan merupakan organisasi yang bersifat sosial, di mana para relawan yang terlibat di dalamnya bukanlah orang-orang yang dibayar. Mereka adalah orang-orang yang dengan senang hati membantu berjalannya Rumah Harapan.

Beberapa minggu yang lalu, Rumah Harapan Bandung kedatangan para relawan dari Universitas Advent Indonesia. Kakak-kakak relawan yang masih kuliah ini dengan senang hati meluangkan waktu, tenaga, serta sebagian dari uang saku mereka untuk kepentingan adik-adik di Rumah Harapan Bandung. Mulai dari menjenguk adik-adik yang sakit di Rumah Harapan, mendesain gambar-gambar untuk nantinya dipajang di dinding Rumah Harapan, hingga memasak bersama untuk para penghuni Rumah Harapan. Semuanya dilakukan dengan niat ingin berbagi kebahagiaan untuk penghuni Rumah Harapan.

 

12651056_1542009646126289_2665642360533080254_n

12804749_1563241760669744_8605747218334387172_n

12795465_1563243304002923_5780517256861183087_n

 

12805908_1563245584002695_4898942778578876269_n

Namun, tak hanya para relawan saja yang berkesempatan untuk berbagi di Rumah Harapan. Masih ada pula peran para donatur yang ikhlas berbagi sebagian dari rezeki yang mereka miliki untuk anak-anak di Rumah Harapan. Tak hanya berbagi materi saja lho, ada juga donatur yang berbagi dalam bentuk barang. Barang-barang yang diberikan pun tak harus baru, bisa saja barang yang sudah tak terpakai oleh pemiliknya namun masih dalam kondisi bagus atau layak pakai.

Nah, buat teman-teman yang mau ikut berbagi juga di Rumah Harapan, boleh banget, lho. Rumah Harapan selalu terbuka bagi siapa saja yang mau berbagi. Rumah Harapan Bandung tepatnya berada di Jalan Sukagalih 2 nomor 96, kel.Cipedes, kec.Sukajadi, Bandung. Dan kalau butuh info lebih jelas seputar Rumah Harapan Bandung -khususnya- bisa hubungi saya, ya. Arifah (WA 085722009785).

Berbagi merupakan cara sederhana untuk kita bisa merasakan kebahagiaan. Berbagi itu tak hanya soal materi, ada hal-hal yang selalu bisa kita bagikan pada orang-orang di luar sana yang membutuhkan, yaitu berbagi kasih sayang, berbagi kepedulian, termasuk berbagi harapan. Percaya deh, apa yang kita bagikan pada orang lain tak akan membuat kita kekurangan, justru sebaliknya apa yang kita bagikan cepat atau lambat akan kembali pada kita berkali-kali lipat. Sebab, apa yang kita sedekahkan dengan niat tulus maka Allah akan membalasnya.

 

Arifah Abdul Majid
See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Cara termudah untuk menghasilkan konten visual yang bagus adalah: buat konten yang memiliki keterikatan dengan audiens, mengandung unsur emosional, dan juga orisinal .
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #trendingpost #popularpost #viralpost #content #brandingcontent

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top