Blogging

Yakin Blogmu Berkualitas Sebelum Lakukan Langkah Ini ?

template blog

Blog memang milik pribadi blogger yang bersangkutan. Dia  berhak melakukan apa saja atas blognya, baik wadah maupun isinya. Namun begitu, apakah siempunya blog berfikir, dibalik itu ada orang lain yang menjadi pembaca blognya setiap saat ? Pembaca pun punya hak untuk menilai bahkan merasakan ketika berinteraksi dengan blognya.

Ada yang memuji lantaran mungkin tulisan atau topik tulisan kita dinilai bagus dan memberikan solusi terhadap permasalahannya. Atau malah sebaliknya, mengedumel di belakang, mencaci  content blog atau tampilan blog kita yang kurang disukainya.  Hmm..kalau sudah begitu, apakah yang semestinya dilakukan oleh seorang blogger untuk membuat blognya berkualitas ? Dalam artian, bisa menjaga keselarasan antara isi dan tampilan blog sehingga nyaman dikunjugi dan dinikmati isinya.  Ya, apalah artinya kita bersusah payah menulis di dunia maya lewat blog, kalau toh nyatanya tidak ada yang membacanya…

Soal kualitas blog, juga tak luput dari perhatian Google yang begitu concern memperhatikan kenyamanan pengaksesnya.  Google bisa menaikkan pamor dan peringkat blog tetapi sebaliknya bisa sekaligus membanned atau memblokir blog yang menyalahi aturan. Meski begitu, kebaikan Google pun patut diacungi jempol. Dia tak segan-segan memberi kesempatan kepada pemilik blog untuk memperbaiki kesalahan dan merehabilitasinya. 

Berikut ini, sejumlah langkah yang sebaiknya dilakukan oleh seorang blogger dan yang selayaknya dihindarinya demi  meningkatkan kualitas blog agar disukai pengunjung blog dan mesin pencari (search engine) pastinya.

Hal-hal Yang Sebaiknya Dilakukan

1.  Buat tampilan blog yang sederhana tanpa mengurangi keindahan dan kerapian. Selain pemiliknya nyaman dan mudah mengoperasikan blog juga membuat pengunjung betah dan gampang menemukan artikel yang dibutuhkan.

2.  Jika ingin memasang gambar pada header pilih gambar yang sesuai dengan topik blog. Kurang pas jika blog bertopik kuliner lalu gambarnya aneka senjata api atau senjata tajam. Ukuran gambar jangan terlalu gambar agar pengunjung masih bisa melihat sebagian artikel pertama di homepage.

3. Pada halaman statis yang terletak pada tab di bawah header sebaiknya ada halaman About dan Sitemap. Jika sedang menyelenggarakan lomba blog pada Daftar Peserta Lomba juga bisa dipasang pada tab sehingga mereka dapat melihat apakah namanya sudah tercantum sebagai peserta. Jika blogger memiliki produk yang ingin dijual bisa juga dipasang pada tab. Misalnya buku karya blogger.

4.  Isi halaman About dengan informasi yang cukup tentang jati diri blogger. Selain nama terang, profesi, juga layak disebutkan domisili secara umum (kota kabupaten cukup) Ada yang mengatakan, membaca blog tanpa diketahui identitas pemiliknya sama dengan membaca koran.

4.  Pada sidebar sebaiknya dipasang gadget/widget yang penting misalnya Artikel Terkini (Recent Posts), Arsip, Label/kategori, Search/Pencarian, dan Subscription (berlangganan artikel)

5.   Gunakan warna cerah pada bodi blog tempat artikel berada dengan font artikel warna hitam. Ini lebih nyaman daripada background warna gelap dengan font warna merah atau warna lain yang menyilaukan dan melelahkan mata.

5.   Jika menggunakan ukuran normal untuk font sebaiknya memakai font jenis Verdana atau Tahoma agar tampilan artikel tidak terlalu kecil. Font terlalu rumit, berukir bisa menyebabkan pengunjung sulit membaca artikelnya.

6.   Memasang gadget/widget lagu tak masalah. Pilih lagu yang lembut agar enak didengarkan sambil membaca artikel.

7.  Artikel yang panjang lebar sebaiknya diselipi gambar untuk mengistirahatkan dan menyegarkan mata pengunjung.

8.  Pastikan Anda telah membubuhkan atribut yang benar pada gambar utamanya jika meminjam gambar orang lain. Ini berkaitan dengan hak cipta dan etika.

9.  Gunakan font dengan jenis, ukuran, dan warna yang sama pada artikel kecuali judul artikel bisa memakai font yang agak besar.

10.  Code captcha gunanya untuk membatasi komentar spam. Jika secara tehnis memungkinkan gunakan kode captcha yang tidak terlalu sulit.

11. Lakukan moderasi secara bijak. Pengunjung kadang tidak sabar jika pemilik blogger terlalu ketat dalam memoderasi komentar.

12. Jika artikel blog berbahasa Indonesia sebaiknya judul gadget/widget dan lain-lain juga menggunakan bahasa yang sama.

13.  Atur sidebar agar tidak menjadi terlalu panjang dengan cara:

a. Membatasi jumlah gadget/widget

b. Gunakan model widget/gadget dropdown

c. Pada gadget arsip cukup menggunakan jumlah artikel. Jika ingin lebih batasi saja sampai judul artikel. Menampilkan potongan artikel pada widget akan membuat sidebar menjadi panjang.

d. Membuang banner yang sudah kedaluwarsa dan kurang penting.

e. Meletakkan banner komunitas pada halaman statis di tab.

14. Cegah duplikasi widget/ gadget walau judulnya berlainan. Misalnya blogger sudah membuat halaman About di tab (di bawah header) maka gadget My Profile di sidebar sebaiknya ditiadakan.

15. Jika ingin memasang gadget Follower sebaiknya diletakkan di bawah sebelum Footer. Jika diletakkan di sidebar maka sidebar akan menjadi panjang dengan bertambahnya jumlah pengikut.

16. Gunakan kolom komentar yang mudah diketemukan oleh pengunjung. Kolom komentar yang melekat di bawah artikel (embeded) lebih disukai daripada menjadi halaman yang terpisah dari artikel.

17. Memahami 9 kemampuan minimal yang harus dimiliki oleh blogger.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh blogger agar nyaman dan menyenangkan pengunjung. Intinya: manjakan pengunjung agar mereka betah berlama-lama dan sesering mungkin mengunjungi blog Anda.

.

Jumlah widget/gadget di sidebar mempengaruhi tampilan blog

;

Hal-hal Yang Sebaiknya Dihindari

Di atas telah dijelaskan hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh seorang blogger agar blognya menarik dan mudah dioperasikan. Apa saja yang sebaiknya dihindari oleh blogger tentu saja tinggal membalik poin-poin tersebut di atas. Secara khusus ada beberapa hal lainnya yang sebaiknya dihindari oleh blogger agar tidak mengecewakan pengunjung dan merepotkan pemilik blogger.

1. Hindari terlalu sering mengubah judul blog agar peringkat blog tetap baik.

2. Jangan mengubah kode HTML jika Anda belum memahami dengan baik. Sebelum mengubah kode HTML sebaiknya kode yang ada di copy dulu lalu disimpan di komputer. Dengan cara itu maka kelak Anda bisa paste lagi jika terjadi kesalahan dalam mengubah kode HTML.

3. Memasang widget yang tidak penting. Jangan sampai tampilan blog menjadi amburadul dan tidak rapi akibat keinginan untuk memasang aneka widget hanya karena Anda menyukainya.

4. Blog bukan hanya dikunjungi oleh orang dewasa. Hindari pemasangan gambar yang tidak senonoh, menjurus ke arah pornografi, sadisme, menyinggung SARA, dan perilaku negatif lainnya.

5. Jangan sembarangan melakukan eksperimen. Pelajari dengan seksama ketentuan, syarat, dan tips yang berlaku ketika akan melakukan pengubahan hal-hal yang belum difahami dengan baik. Misalnya melakukan import dan eksport artikel. Kesalahan yang Anda buat bisa menyebabkan artikel blog hilang atau terhapus.

6. Jangan membuat tampilan blog terlalu ramai seperti pasar malam dan jangan pula terlalu cuek bebek sehingga tampilan blog sepi seperti kuburan. Intinya: yang sedang-sedang saja.

7. Jangan mempersulit blogger lain jika Anda sedang mengadakan lomba blog atau giveaway. Dalam keadaan tertentu, memasang alat anti copy memang bagus. Namun harap diingat bahwa saat lomba berlangsung blogger peserta harus mengopy baner tersebut. Selain itu ada juga peserta yang mengocpy syarat yang ditetapkan jika Anda sedang mengadakan lomba blog atau giveaway.

8. Pasang iklan serapi mungkin agar pengunjung tetap mudah menemukan artikel yang dibutuhkan. Iklan melayang sehingga menutup artikel kurang disukai.

9. Pemasangan link keluar secara berlebihan sebaiknya dihindari karena merugikan. Jangan terjebak oleh permintaan penyelenggara lomba yang menggunakan kata “..jika menemukan kata pakaian wanita pasang link ke..” Ganti kata pakaian wanita dengan kata senada untuk menghindari pemasangan link.

10. Hindari penggunaan keyword secara berlebihan karena bisa dianggap melakukan keyword stuffing (memasukkan keyword secara berlebihan)

Kualitas blog selayaknya terus ditingkatkan agar mudah dioperasikan, disukai pengunjung, dan menempati peringkat yang baik pada SERP. Mari kita jadikan blog ramah pengunjung. Itu akan membuat mereka senang dan betah berlama-lama di blog. Apalagi jika artikel yang tersedia menarik dan bermanfaat.

Jika ada tips tambahan silakan di share di kolom komentar agar bermanfaat bagi pengunjung yang lainnya.

Abdul Cholik

Abdul Cholik adalah seorang purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir Brigadir Jenderal TNI. Ngeblog sejak tahun 2009 dan mempunyai beberapa blog termasuk di kompasiana. Telah menerbitkan lebih dari 20 buku berbagai topik, termasuk buku antologi.
Selain menulis review buku, produk, dan jasa juga sering memenangkan lomba blog atau giveaway.
Pemilik www.abdulcholik.com ini dapat ditemui dengan mudah di Facebook/PakDCholik dan Twitter/@pakdecholik

Latest posts by Abdul Cholik (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Assalamu'alaikum sahabat Indoblognet 😀
.
Selamat tahun baru Islam, 1 Muharram 1439 H ❤❤❤
.
Semoga di tahun ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik, lebih banyak memperoleh keberkahan, dan kesuksesan, Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'alamin
.
#indoblognet #mbcommunication #islamicnewyear #muharram1439 #menjadibaik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top