Teknologi

Waspadai Modus-Modus Penipuan Terbaru

Pernah tertipu sejumlah uang atau barang dan merasa sangat sedih, sebal? Kesedihan berlarut mungkin tidak dapat mengembalikan barang yang terlanjur hilang. Namun  perlu tetap waspada agar tidak tertipu lagi di kemudian hari dengan modus berbeda.

     Modus-modus penipuan di zaman ini makin canggih mengikuti laju teknologi. Tak jarang komplotan menipu menggunakan berbagai peralatan teknologi untuk memuluskan jalan haram yang ditempuhnya. Menipu lewat sms, membuat website khusus memanfaatkan sosial media dan melakukan hacking terhadap akun-akun tertentu menunjukkan bahwa para penipu semakin gesit dalam melancarkan misinya.

     Modus-modus berikut ini adalah contoh penipuan yang sering terjadi dan perlu diwaspadai:

  1. Penipuan lewat sms menang hadiah. Sms Mama minta pulsa sempat menjadi trend. Konon komplotan penipunya berhasil ditangkap namun sms sejenisnya masih beredar. Yang apling sering adalah sms yang menyatakan bahwa si penerima sms memenangkan hadiah dari operator seluler atau bank tertentu. Sms tersebut tidak hanya dikirim melalui ponsel dan dibaca seperti biasa. Sms tersebut bisa berbentuk flash sms yang tidak tersimpan di dalam inbox sehingga mirip layanan flash sms jika menekan kode tertentu dari operator seluler. Sms penipuan berkedok menang undian tersebut akan menggiring penerima SMS ke website yang menayangkan info pemenang undian. Website tersebut bahkan dilengkapi dengan logo operator seluler atau bank di side bar yang jika diklik langsung masuk ke situs resmi sehingga sekilas pengumuman tersebut terlihat asli.
  2. Penipuan berkedok tour and travel dalam proses interview pekerjaan. Penipuan semacam ini marak terjadi di era digital. Info tentang lowongan pekerjaan perusahaan-perusahaan besar disebarluaskan secara berantai. Di akhir pesan atau iklan online tertulis alamat email untuk mengirimkan aplikasi yang tidak lazim digunakan seperti petrokimia@.career.com. Jika tidak jeli pembaca iklan lowongan akan mengira bahwa pihak Petrokimia Gresik yang membuka lowongan tersebut. Para pelamar yang berdomisili di kota-kota tertentu akan mendapatkan balasan melalui email dan panggilan lewat sms bahwa mereka dipanggil untuk interview di kantor pusat Petro dan untuk keperluan tersebut para pelamar diharapkan mentransfer sejumlah uang untuk biaya tiket dan akomodasi yang akan diganti oleh pihak perusahaan setiba di tempat interview. Para pelamar yang butuh pekerjaan sering terjebak untuk mengirimkan uang tersebut sebab lembaran panggilan disertai Syarat dan Ketentuan yang berlembar-lembar diketik dengan dilengkapi logo resmi mirip dokumen asli dari perusahaan-perusahaan besar tersebut. Nomor handphone PIC juga dapat dihubungi meski setelah menerima uang transferan nomor tersebut tak lagi dapat dihubungi.
  3. Hack akun sosmed untuk menipu. Kasus ini tidak hanya menimpa public figure seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Para hacker tidak memilih korban namun mereka dapat menyamar sedemikian rupa seolah benar-benar telah mengenal dekat orang-orang yang berada dalam rantai pertemanan akun yang telah dihack, para penipu paham tentang latar belakang teman dari si pemilik akun beserta nama panggilam akrab sehingga sang teman tidak merasa sedang chating dengan penipu ketika menerima chat atau inbox dari teman untuk meminjam uang sejumlah tertentu yang dijanjikan dikembalikan pada tanggal tertentu yang ternyata hanya janji kosong belaka.

Masih banyak modus penipuan dengan menggunakan kecanggihan teknologi. Tetap waspada dan selalu melalukan cross check dengan pihak lain untuk mengantisipasi terjadinya penipuan tersebut. Jika memungkinkan laporkan masalah penipuan ke kantor polisi divisi Cyber Crime agar komplotan penipu bisa diringkus dan kriminalitas tidak merajalela.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top