Kesehatan

Waspadai Mata Berkedip yang Tak Biasa!

Mata berkedip adalah hal alami bagi manusia. Berkedip merupakan gerakan refleks normal yang berfungsi untuk membasahi bola mata dengan cairan mata yang diproduksi kelenjar air mata. Dapat dibayangkan jika mata kering tanpa cairan pasti terasa aneh. Berkedip juga bertujuan melindungi kornea dan bola mata dari gangguan yang terdapat di udara, bisa berupa debu, cahaya yang menyilaukan atau partikel-partikel yang membuat mata merasa tak nyaman. Ketika terasa ada hal yang mengganggu baik itu debu, bulu mata rontok atau hewan kecil yang masuk ke mata maka mata berkedip lebih sering dari biasanya dengan tujuan mengeluarkan lebih banyak cairan mata.

Hitungan pasti berapa kali mata berkedip tidak dapat dijadikan standard. Namun ditinjau dari segi ilmiah jumlah kedipan mata pada manusia normal beberapa kali dalam satu menit tergantung pada usia. Menurut sebuah artikel di jurnal ilmiah frekuensi berkedip pada orang dewasa bervariasi antara 10-15 kali per menit. Di usia remaja frekuensi berkedip sekitar 10 kali per menit. Hal ini berkaitan dengan produksi kelenjar air mata. Semakin bertambah usia mata lebih cepat kering sehingga mata lebih cepat berkedip. Sementara di usia muda produksi kelenjar air mata lebih terjaga. Sedangkan bayi baru lahir biasanya lebih banyak tidur daripada membuka matanya.

Adakala aktivitas tertentu menyebabkan kedipan mata tertahan sementara waktu seperti saat bekerja di depan komputer, bermain game atay membaca buku. Wajarnya kedipan mata pada manusia berlaku secara bersamaan antara kanan dan kiri. Kedipan mata merupakan gerakan refleks yang sangat cepat. Saat berkedip otak manusia pun tidak menyadarinya. Uniknya kadang gerakan mata berkedip lebih sering dari biasanya yang biasa dilakukan anak kecil juga bisa karena iseng atau menirukan gerakan dari orang lain.

Namun ketika kedipan mata terasa di luar kewajaran, istilah medis mengenalnya dengan Tic artinya ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Beberapa gangguan pada mata yang ditunjukkan dengan gejala mata berkedip berlebihan antara lain:

1. Mata menderita kekurangan cairan mata. Gangguan produksi kelenjar air mata bisa menyebabkan kekurangan cairan mata yang cukup mengkhawatirkan.

2. Terjadi alergi pada debu atau sesuatu. Seperti halnya bersin karena alergi pada debu, bulu binatang atau udara dingin maka mata yang terus berkedip bisa juga terjadi karena mata alergi. Jika terjadi alergi secara otomatis akan muncul peningkatan zat atau sel darah tertentu yang berpengaruh terhadap kerja sistem pembuluh darah dan memunculkan gerak refleks.

3. Adanya gejala Tourette. Tourette adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem syaraf. Gejala awal bisa terjadi di bagian tubuh manapun baik itu wajah, tangan atau kaki. Tourette menyebabkan penderitanya bergerak refleks seperti kejang pada sebagian atau seluruh tubuh dan gerakan ini berulang dengan cepat.

4. Gejala epilepsi. Salah satu gejala epilepsi adalah kedipan mata yang melebihi batas kewajaran

5. Gejala dystonia. Dystonia adalah gangguan gerakan pada anggota tubuh termasuk pada kelopak mata

6. Adanya gangguan syaraf. Cedera atau trauma pada kepala bisa membahayakan sistem syaraf dan otak. Salah satu gejala munculnya gangguan syaraf terutama pada orang yang pernah atau sedang mengalami cedera pada kepala akibat benturan benda keras adalah kedipan mata terjadi di luar batas kewajaran.

7. Adanya gangguan penglihatan. Gangguan pada mata bisa menyebabkan kedipan secara berulang dengan cepat. Salah satu gangguan mata yang menyebabkan mata berkedip lebih cepat dari biasanya adalah convergence insufficieny yaitu masalah dalam memfokuskan kedua mata terhadap obyek yang dekat.

8. Adanya masalah pada kelopak mata atau bagian-bagian dalam mata.

Mata akan terasa pedih jika dipaksa tidak berkedip beberapa saat. Namun kedipan mata yang berlebihan juga perlu diwaspadai sebagai salah satu gejala penyakit atau gangguan pada penglihatan. Agar tidak menderita gangguan lebih serius ada baiknya sesegera mungkin memeriksakan diri jika merasa mata berkedip di luar kewajaran.

Image source: pixabay.com

 

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger dan Netizen Gorontalo, kalian keren ya ! Terima kasih atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official. 
Semoga makin sering diadakan event-event di sana. Netizennya semangat untuk belajar  dan berkembang. 
Proud...proud of you guys !! #bloggergorontalo #mbcommunication #klinksolusihidupmu #Klinkmember15olusi #indoblognet #kkidsomegaGorontalo

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top