Ekonomi

Waspada Gaji Naik Tapi Akhir Bulan Tetap Merana

Sebagai seorang karyawan pasti setiap bulan selalu digaji oleh perusahaan. Namun pada awal merintis karir, gaji bulanan yang diberikan selalu pas-pasan. Sehingga mau tidak mau harus kerja ekstra untuk mengejar lembur sehingga nanti bisa dapat tambahan bonus setiap bulan. Hal seperti ini memang wajar sekali, karena hidup seseorang harus selalu lebih baik dan mengalami peningkatan. Jangan sampai malah semakin buruk.

Tidak heran kalau setiap tahun selalu ada saja yang minta tambahan gaji. Hingga akhirnya gajinya semakin naik dan semakin banyak uang yang dimiliki. Namun apakah anda sadar, kalau gaji naik tapi kebutuhan hidup juga naik? Walaupun gaji banyak, tapi ketika akhir bulan kembali merana lagi. Kalau sudah begini, anda harus waspada. Untuk itu simak penjelasan berikut ini supaya gaji yang banyak tidak selalu habis di akhir bulan.

Pertama: Buat Rincian Daftar Belanja Setiap Bulan

Kelihatannya memang sepele, namun bila diterapkan maka dampaknya akan sangat luar biasa. Dari sini anda bakal tahu berapa uang yang sudah dikeluarkan untuk belanja kebutuhan setiap hari. Hal simple seperti ini jangan sampai terlupakan.

Dari daftar tersebut, coba perhatikan pengeluaran yang membengkak. Dari sini nanti bakal diketahui apa yang jadi penyebab sehingga uang gaji bulanan selalu habis tanpa sisa.

Langkah selanjutnya adalah tinggal menghapus pengeluaran tersebut. Misalnya saja yang jadi biang keladi pengeluaran membengkak adalah beli baju baru setiap bulan. Usahakan jangan beli yang baru kalau yang lama masih bisa dipakai. Alasan gengsi sama teman bukanlah perkara penting. Lebih baik dikatakan tidak gaul dari pada dibilang trendi oleh teman tapi ketika akhir bulan malah merana. Ingat, selalu cermat pada pengeluaran yang membengkak.

Kedua: Tidak Pernah Menabung dan Investasi

Dari kecil, orangtua kita selalu mengajarkan untuk menabung. Jangan pernah melupakan ajaran yang satu ini jika tidak mau hidup boros. Gaji setiap bulan yang selalu naik, bisa ditabung dulu. Sukur-sukur langsung bisa di investasikan untuk masa depan. Misalnya saja investasi emas atau properti. Apalagi saat ini harga properti setiap tahun selalu naik.

Awalnya memang sulit untuk membiasakan diri supaya mau menabung. Namun bila dipaksa setiap hari, maka diri kita bakal terbiasa dengan sendirinya. Yang terpenting mulai menabung dari yang kecil dulu. Nanti setelah banyak baru dimanfaatkan untuk investasi. Lagi pula, tabungan juga bermanfaat ketika ada kebutuhan mendesak.

Ketiga: Bandingkan Waktu, Besaran dan Inflasi

Jenjang karir merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai ketika bekerja. Hal ini sering menjadi pemacu semangat untuk giat bekerja. Karena semakin tinggi jabatan, maka gaji yang diterima semakin besar. Selain itu kerja yang harus dilakukan juga semakin sedikit, namun tanggung jawabnya justru semakin besar.

Ketika gaji sudah naik dan karir semakin bagus, tapi uang tersebut selalu habis untuk kebuhan setiap hari. Maka anda juga harus membandingkan antara waktu, besaran, dan inflasi. Dalam hal ini anda harus cermat keadaan saat ini.

Jangan sampai hanya karena sibuk kerja setiap hari, malah lupa akan waktu dan inflasi saat ini. Memang gaji sudah naik, tapi bisa jadi kenaikan itu perlu waktu yang sangat lama. Sehingga ketika gaji naik, tapi inflasi juga naik. Maka hal ini sama saja tidak ada perubahan. Karena sebenarnya harga kebutuhan juga ikut meroket dan tidak terkendali.

Keempat: Lupa Berbagi dengan Sesama

Manusia diciptakan oleh Tuhan untuk saling membantu karena kita semua adalah saudara. Walupun beda ras, suku, agama, dan bangsa, tapi tetap saja kita hanyalah manusia biasa yang penuh dengan kekurangan. Maka dari itu jangan pernah merasa sombong, karena yang sempurna hanya milik Sang Pencipta.

Mulai sekarang coba hitung gaji setiap bulan, setelah itu potong 10 persennya untuk sedekah kepada yang membutuhkan. Insyaallah uang yang kita miliki lebih berkah. Lagi pula kalau kita nanti sudah meninggal dunia yang dibawa bukan uang, namun amal ibadah saat di dunia. Untuk itu selalu manfaatkan kesempatan saat ini untuk mencari bekal di akhirat.

Semoga dengan penjelasan kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top