Ekonomi

Wah, Ada yang Beda di PPI 2016 Surabaya, Lho!

Pameran Produksi Indonesia 2016 digelar tanggal 20-23 Oktober di Grand City Surabaya. Tahun ini merupakan tahun kedua Surabaya menjadi tuan rumah pameran yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan dan Perindustrian. Tahun lalu di tempat yang sama berhasil menarik ribuan pengunjung menyaksikan produk-produk dalam negeri dari berbagai bidang industri, mulai industri kecil makanan dan minuman hingga industri high technology seperti lampu panel surya dan elevator.

Pameran Produksi Indonesia 2016 berbeda dengan PPI 2015 di beberapa hal. Tema PPI 2016 lebih spesifik dan menekankan pada produksi alat pertanian dan kesehatan. Tidak mengherankan jika kedua tema ini diusung sebagai nyawa PPI kali ini sebab Indonesia adalah negara agraris yang menekankan sektor pertanian sebagai sendi kehidupan andalan dalam negeri. Sedangkan kesehatan merupakan sektor utama untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Dilihat dari segi tema yang hanya menitikberatkan pada dua sektor awalnya saya mengira PPI 2016 kurang menarik minat warga Surabaya sekitarnya. Sayang bukan jika pameran yang dibuka untuk umum, gratis dan dibuka setiap pukul 10.00 – 21.00 WIB selama digelar kurang mendapat apresiasi masyarakat. Namun ketika menyempatkan hadir saya menyaksikan fakta justru PPI 2016 ini memiliki nilai plus dibandingkan PPI 2015. Antara lain upaya untuk menarik minat generasi muda agar lebih peduli dan mencintai produk dalam negeri. Hal ini tampak pada berbagai lomba dan talk show yang melibatkan generasi muda. Antara lain lomba fotografi dan instagram untuk siswa SMP dan SMA, lomba mewarnai untuk anak-anak usia TK dan SD, kunjungan mahasiswa UPN dan siswa SMPN 9 Surabaya, Simulasi Free Energi SMK Industri AL Kaaffah Malang dan berbagai talkshow yang dihadiri siswa-siswi sekolah lanjutan.

Ada benarnya jika kecintaan terhadap produk-produk dalam negeri dimulai sejak usia dini. Sebagaimana halnya menanamkan karakter dan budi pekerti, kebanggaan terhadap negeri dan rasa nasionalisme hendaknya ditanamkan sejak kanak-kanak. Kelak mereka akan tumbuh sebagai generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air, bangga terhadap produk dalam negeri serta mampu bersaing di pasar global dunia.

Antusiasme generasi muda tampak pada keaktifan mereka mengajukan beberapa pertanyaan ketika diadakan acara talk show serta keseruan mengikuti lomba fotografi. Terlihat anak-anak muda usia remaja menenteng kamera DSLR dan membidik momen-momen di arena pameran yang dianggap unik dan menarik demi memikat hati juri. Kagum saya melihat totalitas peserta lomba. Ada yang rela berjongkok demi mendapatkan angle ciamik. Ada yang senang hati memberikan “kursus fotografi gratis” sekaligus menjadi model dan obyek foto untuk mempraktekkan langsung kursus fotografi singkat.

ppi1
“begini lo cara menggunakan kamera yang benar”

Namun keriaan khas remaja tak ketinggalan dengan berfoto-foto di sudut-sudut tertentu. “ayo foto aku gaya candid” seru salah satu mahasiswi menarik tangan temannya agar mengabadikan ia dalam posisi seolah tak menyadari sedang dibidik kamera.

ppi2
“ayo foto aku candid doong”

Hiburan local band dan stand up comedy yang tak lepas dari dunia khas anak muda tidak ketinggalan memeriahkan suasana. Serasa nongkrong di kafe nih, duduk santai di kursi empuk sambil menikmati alunan lagu-lagu khas anak muda, apalagi anak bandnya masih segar-segar dan muda usianya. Kelak mungkin generasi muda ini mengambil bagian dalam industri alat kesehatan dan mesin pertanian dengan berbagai inovasi demi kemajuan bumi pertiwi. Setidaknya bibit karya inovatif tersebut sudah tampak pada presentasi siswa siswi SMK Industri AL Kaaffah Malang yang memperagakan keunggulan lampu hemat energi karya mereka yang sangat berguna sebagai alat penerangan ketika listrik mati.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top