Branding

Very Barus: Blogger Sejati Tidak Mengenal Musim

Anugerah, tepatnya saya langsung mengatakan ini anugerah. Bagaimana nggak coba, sekonyong-konyong, lapak unyu2 Indoblognet ini diserbu puluhan tulisan seorang Very Baroez. Penuh dalam sekejap. Entah darimana ia tahu Indoblognet, sampai sebegitu besar energi dan waktunya diluangkan untuk menulis di Indoblognet yang notabene tidak memberikan kompensasi apa-apa. Selama kurang lebih 2 bulan, ia sudah mengumpulkan sebanyak 42 postingan dengan berbagai topik. Salut banget.

Saya mencoba mencari tahu who is Very Baroez.  Maklum saya tak begitu mengenal luas belantara perbloggeran dan rimba penulis keren.  Ditemukanlah blog www.baroezyjouney.com. Oh Tuhan, ternyata doi seorang penulis di berbagai media, pernah jadi wartawan, blogger tulen, plus fotografer dan videografer. Diborong semuanya, tak bersisa. Itu terlihat sekali dilakoninya dengan penuh cinta, hehehe kayak yang kenal saja saya. Gak papa ya SKSD dikit.

Di dunia maya yang makin agreasif ini, untuk kepoin orang memang tak perlu effort tinggi. Apalagi orang itu eksis di dunia maya, seperti blog.  Dari blog saja setidaknya kita sudah bisa mengetahui bahkan merasa kenal dekat dengan penulis yang berenergi sama.

Saya paling suka, baca tulisan yang penulisnya ga jaim, apa adanya. Seperti tulisan Om Very ini. Sampai betah nongkrongin blognya. Membaca kisah-kisah perjalanan, pengalaman sosialnya, foto-foto dan videonya yang benar-benar ditumpahkan dengan low profile, jauh dari kesan menggurui apalagi sok serba tahu. Bisa jadi karena doi suka dengan “jalanan”,  “kehidupan rakyat kecil”  serta sesuatu yang sifatnya human,  sentuhan tulisannya terasa bernyawa.

Doi ga berasa seleb, meski pengalaman traveling bejibun, prestasi menulisnya dah ga keitung. Bayangin saja, sejak SMU, penyuka travelling ini sudah aktif menulis di  koran-koran baik lokal maupun media berskala nasional, seperti Majalah Kartini, Majalah Ceria, Analisa Medan dan SIB Medan.

Sewaktu kuliah di Universitas Medan Area (UMA), pria kelahiran Karo ini sudah mencari duit dari kegiatan menulis. Makanya, begitu khatam kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, doi langsung menancapkan taringnya sebagai jurnalis  dan aktif menjadi kontributor di beberapa media cetak. Tahun 1999, doi merantau ke Bandung.

Jadi keingetan, waktu masih aktif jadi jurnalis, kayaknya susah banget ngeblog. Abis deadline, biasanya langsung dipolin buat tidur, bermain dengan anak,  bermanja-manja diri. Teman-teman saya seperjuangan dulu juga gitu. Nulis sebatas pekerjaan di media saja, begitu kelar DL, tepar dan bersenang-senang sambil ngumpulin energi buat planning edisi berikutnya.

Itu lain cerita kalau Om Very. Menulis baginya sudah merupakan nyawa. Katanya, kalau tak menulis, berarti saya mati hehehe..luar biasa.  Makanya nggak heran sih, begitu tuntas deadline, doi yang ngaku mulai aktif ngeblog sejak jaman friendster ini langsung merayap dan bercengkama mesra dengan jemarinya, mengekspresikan kata menjadi konsumsi pengunjung blognya. Lahh..istirahatnya kapan? Hmm yang penting pikiran dan hati happy sudah sama dengan istirahat. Ah, itu hanya tebakan pikiran saya saja. Om Very memang hobi nulis. Jadi tak merasa beban merangkai kata dalam kondisi apapun. Malah tubuh dan pikirannya jadi makin sehat.  Selain itu, doi juga bergizi di pengetahuan dan  pengalaman, suka travelling dan olah raga pula.  Hmm..pantas om, tubuhnya bugar banget dan enerjik, ya.

Tak tuntas hanya di blog saja, loh. Pengalaman jurnalis  selama 6 tahun ditasbihkannya ke dalam sebuah buku berjudul “Gak Narsis Gak Eksis”. Sayangnya saya belum pernah membacanya. Cuma menurut sumber, pengalaman eksis selama bekerja di media dituangkan dengan rasa nano-nano: ada jenaka, riang, duka dan menginspirasi. Percaya sih, soalnya ngebacain postingan blognya juga bikin ngikik sendiri, ada keharuan juga,  jadi mendadak pintar  dan wise.

Sebagai seorang yang mendedikasikan dirinya sebagai penulis, Om Very  juga ga pantangan. Apa aja ditulis, mulai dari sastra sampai artikel formal. Novel yang pernah ditulisnya, antara lain Miss Parnowati (2009)  dan De Jurnalis (2010). Nggak hanya itu, doi juga mahir  nulis skenario sinetron, loh. Pintu Hidayah (2008 – RCTI), Surgamu (2008-TPI), The Lajang (2009 – Antv), Bukan Abdel dan Temon Biasa (2010- Global TV) adalah sederetan judul sinetron yang pernah ditulis skenarionya. Saat ini, penyuka psikologi ini mengaku sedang menuntaskan autobiografi seorang penyanyi terkenal. Hmm siapa ya..masih rahasia katanya.

Jangan jadi blogger musiman

Soal dunia blogger yang makin marak dan mulai diseriuskan menjadi profesi, Om Very menjawab simple: bagus saja. Asal tidak musiman. Maksudnya Om? Ya, musiman karena melihat peluang sedang ramai. Nah kalau hanya blogger angot-angot tai ayam, siap-siap saja akan gugur sendiri terseleksi alam. Karena apapun yang kita lakukan, kalau cuma ikutan, nggak fokus dan gak giat menulis, ya tinggal tunggu saja “berguguran satu-satu”.

Berbeda dengan “Blogger sejati”, ia tidak mengenal musim. Karena kebutuhan menulis sudah mendarah daging!, tandas Om Very agak serius. Duhh..admin yang wawancara dan saya jadi merasa disepet juga nih. Hehe, secara jarang menulis di blog 😉

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada Om Very yang telah meluangkan waktu, energi dan pikirannya di Indoblognet. Sebagai apresiasi, kami memberikan uang tunai dan paket buku ya, semoga berkenan. Malu juga sih kasih buku ke Om Very, secara doi dah punya buku banyak dengan kualitas ga diragukan lagi. Selamat ya Om Very, semoga ga bosen berbagi di Indoblognet.

 

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Ini Video Versi Layanan Masyarakat untuk Anti Drugs Campaign. Supported BNN dan MB Communication

Kalau temen-temen punya cerita, ide seru dan bikin video masih bisa ikutan lombanya yah. Cek hastag
 #IniCaraGueCegahNarkoba
Teman-teman bisa Minta Tolong Subscribe, Share dan komen yah.

Share boleh di Instagram, twitter dan FB
Linknya :

https://youtu.be/zOCgnf66Hik

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top