Menulis Yuk

Untung Buntung Bermain POKEMON GO

Dalam sekejap game Pokemon Go telah menjadi viral. Banyak orang tertarik mengunduh aplikasinya, sejak game ini diluncurkan pertama kali 6 Juli silam. Bila semula hanya ada di 5 negara yaitu kini Pokemon Go sudah merambah 26 negara lainnya. Berdasarkan pengumuman resmi official fanpage Pokemon Go, 26 negara itu adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Czek, Denmark, Estonia, Finlandia, Yunani, Greenland, Hungaria, Islandia, Irlandia, Latvia, Lithuania, Luxemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Romania, Slovakia, Slovenia, Swedia, dan Swiss. Yang terbaru, Niantic selaku pengembang Pokemon Go, meluncurkan game ini di Kanada 18 Juli lalu.

Di Indonesia sendiri, Pokemon Go belum diluncurkan secara resmi. Akan tetapi game yang menggabungkan dunia nyata dan virtual ini sudah banyak penggemarnya. Kebanyakan mengunduh dari link-link APK (Android Application Package) yang disebar di banyak situs game dan teknologi.

Pokemon Go Merambah Pedesaan

Tidak hanya di kota besar, Pokemon Go mulai merambah ke banyak wilayah lainnya. Kota kecil seperti Cirebon dan Pekalongan pun dirambahi permainan anyar ini. Bahkan di Banyuwangi, demam game ini sudah menyebar hingga wilayah pedesaan. Seperti yang dilakoni Rendi, pemuda asal desa Blokagung (kecamatan Tegalsari). Sejak malam takbiran lalu ia sudah bermain Pokemon Go. Ia mengakui mengunduh Pokemon Go karena nostalgia masa silam. Ia tergolong penggemar setia kartun Pokemon yang masuk ke Indonesia tahun 2000-an.

Alasan yang sama juga dikemukakan oleh Adi Taka yang tinggal di desa Sumberejo, kecamatan Tegalsari. Selaku penggemar Pokemon, Adi merasa senang dengan munculnya game ini. Sementara Ricky Jopan yang berasal dari desa Sumberjambe, kecamatan Bangorejo, mengungkapkan perihal yang sama ketika ditanya perasaannya mengenai game yang baru luncur awal Juli silam. Pemuda yang kini tercatat sebagai mahasiswa akuntasi di sebuah universitas swasta di Banyuwangi ini rupanya juga penyuka kartun Pokemon Go semasa kecil.

Untungnya Bermain Pokemon Go

Dilansir dari Texas A&M University, Matt Hoffman, D.N.P. selaku clinical assistan profesor di The Texas A&M College of Nursing, mengungkapkan permainan ini merupakan berita bagus bagi kesehatan umum. Pokemon Go mampu mendorong banyak orang untuk bergerak. Setidaknya setiap trainer (sebutan untuk pemain Pokemon Go) harus berjalan cukup jauh untuk berburu pokemon. Hal ini diamini oleh Adi Taka. Sejak bermain Pokemon Go ia suka berpetualang keluar untuk menambah koleksi pokemonnya.

Matt Hoffman juga mengutarakan bahwa bermain Pokemon Go juga membuat interaksi sosial lebih berkembang. Terbukti dengan maraknya gathering yang diadakan sesama trainer Pokemon Go. Di Indonesia, komunitas Pokemon Go ini ramai-ramai berkumpul di GBK 17 Juli lalu.

Tak hanya berkumpul rupanya game ini juga para pemainnya lebih perhatian pada sekitar. Setiap kali berburu pokemon, seorang trainer akan mengitari lingkungan dimana dia berada dimana terdapat patung, bangunan, atau lukisan mural yang bisa jadi terlewatkan begitu saja sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh Marlyn Wei M.D., J.D. dalam Psychology Today. Lebih lanjut ia juga mengutarakan bahwa game yang memadukan dunia fantasi dan nyata ini dapat meningkatkan kreatifitas pemainnya.

Pokemon Go Bikin Buntung

Meski memiliki manfaat, game satu ini tak luput dari kekurangan. Ada dampak negatif yang dirasakan para pemainnya karena kekurangwaspadaan. Bagaimanapun tidak mudah membagi perhatian dengan layar ponsel ketika berjalan. Tak pelak hal ini memicu terjadi kecelakaan. Hal ini juga juga diakui oleh Rendi. Menurutnya trainer rawan kecelakaan karena terlalu memperhatikan ponsel sewaktu menyetir motor sambil mencari pokemon.

Marlyn Wei M.D., J.D. juga mengungkapkan game ini dapat menyebabkan seseorang meluangkan lebih banyak waktu di depan ponsel ketimbang berinteraksi sosial. Meskipun tubuh berada di luar, melakukan aktifitas seperti jalan kaki atau naik sepeda untuk menemukan pokemon, tetapi layar ponsel yang diperhatikan. Sebagaimana yang dikatakan Ricky Jopan, kalau sekali menjajal sulit dihentikan.

Disisi lain, Pokemon Go juga boros baterai dan paket data. Semakin lama dimainkan maka baterai dan paket data akan semakin terkuras seperti yang dialami Ricky Jopan. Wajar mengingat game augmented reality ini membutuhkan GPS, grafis tinggi, kamera, dan layar ponsel yang terus menyala. Bahkan Rendi harus selalu siap power bank agar ponsel tak mati di tengah permainan.

Selain itu penggunanya bisa dicurigai melakukan tindakan kriminal. Hal ini dialami Adi Taka sewaktu berburu pokemon di areal kebun jeruk. Pemiliknya sempat mengira Adi hendak mencuri jeruk karena tingkah lakunya yang mencurigakan. Hal yang sama dialami oleh Rendi ketika hendak menambah koleksi pokemonnya.

Ketika ditanya bagaimana caranya menangani kecurigaan orang ia berkata ,” Pintar-pintar ngeles saja. Kemarin waktu ada yang tanya “Nyapo Le (mau apa, Le)?” saya bilang aja “Ngrantosi rencang (menunggu teman).”

Tak hanya itu jika terlampau getol bermain malah bisa mengganggu pekerjaan. Alhasil pekerjaan tak selesai karena terlampau sibuk berburu pokemon di luar. Oleh karena itu Adi Taka berpesan,”Jangan main saat jam kerja. Selain tidak leluasa juga mengganggu pekerjaan karena kepikiran game terus.”

Mendapati kenyataan seperti ini, maka bijaklah memainkannya. Aturlah waktu sebaik-baiknya jangan sampai Pokemon Go mengganggu pekerjaan atau hidup Anda.

 

Image source: pixabay.com

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger dan Netizen Gorontalo, kalian keren ya ! Terima kasih atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official. 
Semoga makin sering diadakan event-event di sana. Netizennya semangat untuk belajar  dan berkembang. 
Proud...proud of you guys !! #bloggergorontalo #mbcommunication #klinksolusihidupmu #Klinkmember15olusi #indoblognet #kkidsomegaGorontalo

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top