Menulis Yuk

Turnamen Tenis Meja Bali Open 2018 Semarakkan Hari Koperasi Indonesia ke-71

Dalam rangkaian Hari Koperasi Indonesia ke-71, Kementerian Koperasi dan UKM mengajak sejumlah  koperasi di Bali dan luar Bali  berpartisipasi dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tenis Meja Bali Open 2018 yang digelar di GOR Lila Bhuana, Denpasar (30 Juni – 2 Juli 2018).

Turnamen National Tenis Meja ini sekaligus memperingati Hari Bhayangkara ke-71. Total sebanyak 349 atlet dari berbagai kalangan  turut dalam pertandingan yang memperebutkan  hadiah uang tunai sebesar Rp 165 juta dan berbagai produk elektronik.

Kejurnas Bali Open 2018 yang diselenggarakan oleh Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Bali  kali ini memang agak berbeda. Lebih semarak dengan beragam peserta dan menyedot perhatian banyak penonton. Untuk atlitnya,  tak hanya dari kalangan atlet profesional, tetapi juga deputi Kemenkop, pemerintahan daerah Bali dan puluhan media nasional dan lokal.

Tanpa terkecuali blogger Indoblognet turut memeriahkan pertandingan persahabatan dengan menurunkan Mitra Bloggernya, Noval Kurniadi yang berhasil dilibas habis oleh wartawan Tribun.

Olah raga tenis meja memang memiliki keunikan tersendiri. Ini diakui oleh Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga saat membuka Bali Open 2018 mengatakan :

“Khusus di Bali tenis meja ini menjadi unik karena sebagai alat pemersatu. Bukan saja muaranya atau prestasimya, tetapi kesatuan dan persatuan. Coba perhatikan di banjar-banjar, hampir semua memiliki sarana olahraga ini,” kata Menteri Puspayoga.

Menteri Puspayoga dalam pertandingan kehormatan bersama Kapolda Bali, Petrus Golose. Doc : Humas Kemnekop

Bukan suatu kebetulan,  Bintang, Istri Menteri Puspayoga adalah olahragawati yang jago tenis meja dan atlet andalan Bali.

Menurut perempuan kelahiran Bali, 24 November 1968, olah raga ini  fleksibel, bisa dimainkan dimana saja, tidak memerlukan tempat khusus. Pagi, siang, sore dan malam, tenis meja selalu asyik dimainkan oleh siapa saja tanpa batasan usia.

Tahun 2002, ia sempat merintis kejuaraan tenis meja antar PKK Banjar se-kota Denpasar.  Sampai saat ini, event tersebut menjadi agenda PTMSI Provinsi Bali yang dipimpinnya selama periode periode 2015 – 2019.

Sepanjang Bali Open 2018, Bintang Puspayoga terlihat begitu enerjik berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan memberikan dukungan kepada seluruh atlit yang bertanding. Senyumnya selalu murah menyeringai kepada siapa saja yang ditemuinya.

Bintang Puspayoga bersama dengan Mitra Blogger Indoblognet.

Bintang Puspayoga memandang tenis meja sungguh menantang. Bolanya yang kecil dan memantul cepat, membuat kita harus penuh konsentrasi. Pandangan mata lengah sedikit saja, permainan bikin kacau.

Untuk terus melatih kepiawaian bermain, Bintang selalu menyempatkan berpimpong ria  di rumahnya bersama keluarga, kolega dan atlit. Di rumah dinasnya, kompleks Widya Chandra, ia memiliki sebuah meja tenis. Bahkan, di rumah pribadinya di Purisatria Bali, tersedia 10 meja tenis.

Kapolda Bali Petrus Golase yang turut membuka Bali Open 2018, rupanya juga tidak mau kalah dengan Bintang. Ia menjajal meja dalam pertandingan kehormatan melawan Puspayoga dan Bintang. Dan, dalam kategori ganda 100 plus (non atlet profesional) Kapolda Bali ini bersama Kadek Widnyana  berhasil membungkam Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasana dan Tressa dengan score 3:0.

bali open 2018

Kapolda BaliIrjen Petrus Reinhard Golose dalam pertandingan kehormatan melawan Bintang Puspayoga. Doc : Humas Kemenkop.

Pada kesempatan tersebut, Bintang Puspayoga menobatkan Kapolda Petrus sebagai penasihat PTMSI Provinsi Bali. Tentu saja penobatan ini disambut meriah oleh pecinta tenis. Amunisi kekuatan tenis meja Bali diharapkan semakin moncer pada berbagai Kejurnas dan PON.

“Olahraga ini bagus untuk manula dengan usia di atas 50 tahun. Dapat mencegah penyakit alzheimer (penurunan daya ingat), pengapuran sendi lutut, meningkatkan refleks, dan masih banyak manfaat bagi kesehatan lainnya,” ucap Petrus yang tampak bugar.

Koperasi Unjuk Kemampuan

Dalam Bali Open 2018, kekuatan koperasi rupanya cukup menggigit. Pada kategori Beregu Koperasi, Koperasi Kopkar Tirtaasih  milik karyawan PDAM Kabupaten Buleleng berhasil menempati rangking 1 setelah melibas Koperasi Kami Jaya Sejahtera dengan kemenangan telak 2-0.

Dalam keterangan rilis Kemenkop yang diterima Indoblognet kemarin (2/7),   Kopkar Tirtaasih pada babak pertama yang menurunkan Agus melawan AA Gd Pt Wisnawa (Kop Kami Jaya Sejahtera) memainkan pertandingan yang cukup singkat.  Agus berhasil meraih skor 11-2, 11-6 dan 11-5 setelah menekuk Wisnawa sehingga memperoleh 1 point untuk Tirtaasih.

Sedangkan di babak kedua yang menurunkan Odon juga berhasil mengkandaskan perjuangan Putu Budiarta (Kop Kami Jaya Sejahtera) dengan skor 11-6, 11-8 dan 11-3. Dengan dua kemenangan ini mengantarkan Kopkar Tirtaasih menjadi juara 1. Kopkar Tirta Asih PDAM Buleleng ini memang terkenal jawaraanya olah raga dalam berbagai turnamen di Bali.

Dalam turnemen ini, untuk pertama kalinya Kemenkop memberikan panggung khusus bagi sejumlah koperasi di daerah untuk tampil. Diantaraya Koperasi Obor Mas Nusa Tenggara Timur, Kissel Koperasi Telkomsel Jakarta, Koperasi Smesco Mandiri Jakarta, dan Konspinjasa Jakarta.

Melalui ajang ini diharapkan koperasi di Indonesia bisa lebih terdorong lagi untuk siap bersaing dengan pelaku usaha lain. Dan, olah raga merupakan ajang silaturahmi untuk menjalin kemitraan yang strategis dengan berbagai pihak.

 

 

 

 

kartina Ika Sari

kartina Ika Sari

writerpreneur, founder MB Communication, Indoblognet.com & jelajahiindonesiamu.com
kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Bagaimana Barista keren @muhammadaga menikmati cintanya meracik kopi untuk menghidupkan kehidupan..? Aga siap berbagi cerita untuk kamu Mitra Blogger Jakarta (27 Sep) dan Bandung (1 Okt). Sampai bertemu ya 😍😍 Regrann from @promag_id -  Cerita #NikmatiHarimu Ala Barista Aga: Secangkir Kopi Terbaik
.
Menyajikan kopi terbaik bagi saya adalah tentang orang yang menikmati. Bayangin aja! Hanya dengan secangkir kopi bisa membuat penikmatnya merasa hidup lagi. Tantangan yang saya hadapi gak akan bisa menghalangi saya untuk selalu memberikan secangkir kopi dengan kualitas terbaik untuk mereka, setiap harinya.
.
Membuat orang happy dengan secangkir kopi terbaik, itu yang membuat saya bisa #nikmatihari saya.
.
-Aga (@muhammadaga), 1st Winner 2018 Indonesia Barista Championship-
.
#NikmatiHarimu #Promag #AhlinyaLambung #coffee #barista #coffeshop #lifestyle #maag #lambung #enjoy #day - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top