Indo Blog Net

Tips and Trick

Ingin Tetap Asyik dan Nyaman Traveling Bersama Balita? Ini Tipsnya!

traveling asyik bersama balita

Tidak perlu khawatir mengajak anak untuk traveling bersama. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika mengajak anak traveling. Begini tipsnya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Bagi kalian yang masih single atau belum memiliki anak, traveling bisa jadi aktivitas seru yang selalu dinanti-nantikan dan dijadwalkan setiap tahunnya. Namun bagaimana bagi para orangtua yang memiliki anak balita? Jangan khawatir Mom, memiliki anak balita bukan berarti kalian tak bisa tetap asyik dan nyaman bertraveling ria, kok. 

Manfaat Traveling Bersama Anak

Traveling memiliki banyak manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan. Termasuk saat Mom membawa anak balita saat traveling, ada banyak manfaat yang akan diperoleh anak. Yuk, simak apa saja manfaat traveling bersama anak.

tips traveling bersama anak

  • Membuat anak merasa bahagia

Sebenarnya bukan mainan ataupun barang-barang mahal yang benar-benar membuat anak bahagia. Tetapi kebersamaan, kehangatan, serta kenangan-kenangan indah bersama keluargalah yang membuat mereka sangat bahagia.

Kenangan tersebut akan terus dikenang sepanjang hidup dan menjadi memori yang indah dalam kehidupan mereka kelak. 

  • Mempererat hubungan anak dengan orangtua

Berlibur bersama anak akan mempererat hubungan antara anak dan orangtua. Kebersamaan selama perjalanan dan tempat wisata tentunya dapat menjadi quality time yang membuat Mom makin dekat dengan anak.

  • Menumbuhkan kecintaan terhadap alam

Menyaksikan sekaligus bersentuhan langsung dengan alam saat traveling akan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Mom bisa mengajarkan kepada anak untuk menghargai alam sejak dini melalui aktivitas traveling. 

  • Mengasah keberanian anak

Saat traveling akan ada banyak hal baru, orang-orang serta situasi yang berbeda dari biasanya yang akan anak temui. Hal ini akan membuat anak belajar untuk lebih berani menghadapi orang-orang baru dan situasi yang beragam dalam kehidupannya sehari-hari. 

  • Meningkatkan kemampuan anak beradaptasi dengan lingkungan baru

Selain hal-hal yang telah disebutkan tadi, manfaat selanjutnya dari traveling bersama anak adalah meningkatkan kemampuan mereka beradaptasi. Anak-anak akan mendapatkan berbagai pengalaman baru dari perjalanannya selama traveling dimana mereka akan belajar untuk mampu menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang ditemui. 

Ingin Tetap Asyik dan Nyaman Traveling Bersama Balita? Ini Tipsnya!

Setelah mengetahui berbagai manfaat traveling di atas tentunya Mom tidak mau dong ya melewatkan kesempatan traveling bersama balita kesayangan. Nah, sebelum traveling jangan lupa untuk memperhatikan beberapa tips penting berikut ini, agar moment traveling bersama balita tetap asyik dan nyaman. 

1. Pilih waktu yang tepat untuk traveling

traveling bersama balita

Perhatikan cuaca saat akan traveling. Sebaiknya traveling dilakukan saat cuaca sedang mendukung. Traveling akan lebih tepat dilakukan saat musim panas dibandingkan musim hujan, terutama jika traveling bersama balita.

Sayang kan, jika waktu traveling lebih banyak dihabiskan di tempat penginapan karena hujan. Apalagi kondisi kesehatan anak balita lebih rentan terkena flu saat musim hujan. 

Jika memang cuaca sedang musim hujan, pilih tempat traveling yang lokasinya berada di indoor sehingga meski hujan tak jadi masalah. Sebelum memesan tiket transportasi dan booking hotel, jangan lupa cek terlebih dahulu perkiraan cuaca saat traveling nanti, ya.

2. Cari tempat wisata yang ramah anak

Pilih tempat tujuan wisata yang bisa benar-benar dinikmati oleh anak ya, Mom. Hindari tempat wisata yang ekstrem seperti pegunungan atau pantai yang berombak besar, karena kondisi fisik anak belum sekuat orang dewasa. Selain itu, faktor keselamatan anak tentunya juga harus diutamakan.

Sebaiknya pilih tempat wisata yang terdapat wahana bermain anak atau playground, dimana anak-anak bisa bebas bermain dan berlari dengan aman dan nyaman. Kalaupun ingin pergi ke pantai, pilih pantai yang berombak tenang.

tips traveling

3. Siapkan barang bawaan anak

Buatlah daftar barang bawaan anak, apa saja yang harus dibawa, beberapa hari atau satu minggu sebelum berangkat traveling. Umumnya barang bawaan anak balita lebih banyak dibanding barang bawaan orangtuanya. Mulai dari pakaian, susu, makanan, camilan, obat-obatan hingga mainan favoritnya.

Pastikan tidak ada yang terlupa ya Mom, agar anak bisa merasa nyaman selama traveling. Jika anak nyaman orangtua pun akan merasa tenang, bukan? 

Saat mempersiapkan barang bawaan anak, Mom juga bisa bertanya pada anak barang penting apa saja yang ia ingin bawa. Misalnya untuk mainan, tidak perlu membawa banyak-banyak, cukup mainan favoritnya saja. Membawa mainan dan camilan favoritnya bisa jadi cara ampuh menghindari anak rewel saat di perjalanan.

4. Kerjasama bersama pasangan dalam mengurus anak

Kerjasama bersama pasangan dalam mengurus anak tak hanya berlaku saat di rumah saja ya Mom, begitupun saat traveling. Kewajiban mengurus anak bukan hanya dibebankan pada ibu, seorang ayah yang baik tentunya akan ikut membantu agar ibu tidak sampai merasa kewalahan sendiri.

Adanya kerjasama yang baik dalam mengurus anak, bukan hanya membuat anak merasa lebih nyaman dan bahagia, tapi juga bermanfaat bagi keharmonisan orangtua. Jadi cobalah untuk saling membantu dalam mengurus anak selama traveling. 

5. Fokuskan dirimu pada anak

tips traveling bersama anak

Rasanya tak lengkap yang namanya traveling tanpa aktivitas berfoto ria, apakah itu selfie, foto bersama, hingga foto-foto aneka makanan dan tempat wisata. Namun jangan sampai Mom jadi kurang fokus pada anak gara-gara sibuk berfoto sana-sini. Lebih baik fokus menikmati liburan bersama anak dan keluarga tercinta.

Bukan berarti tidak boleh foto-foto ya, tapi cukup seperlunya saja, karena tujuan dari traveling bukan untuk berfoto ria, tapi untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga. Selama traveling jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan anak, mulai dari jadwal makan, tidur, serta buang air, sehingga anak tetap nyaman dan sehat. 

Meski traveling membawa balita lebih merepotkan, tapi tentunya ada banyak kebahagiaan yang diperoleh saat traveling bersama mereka.

Gimana nih Mom, sudah siap traveling bersama anak tercinta?

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top