Indo Blog Net

Entrepreneur

Tips Sukses Bangun Usaha Minimarket

tips sukses minimarket

Merintis usaha minimarket zaman now tidaklah terlalu sulit. Masyarakat perkotaan khususnya di kota-kota besar sudah sangat terbiasa berbelanja di minimarket. Pun minimarket juga telah merambah hingga ke kota-kota kecil. Alasan hemat waktu dan biaya menjadikan minimarket sebagai tempat favorit orang-orang.

Tips Sukses Bangun Usaha Minimarket

Biasanya mereka yang mengunjungi minimarket adalah penduduk sekitar. Kebanyakan diantaranya akan menjadi pelanggan tetap. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat dalam berusaha minimarket.

Bagi anda yang berencana untuk membuka usaha ini, sebaiknya memerhatikan hal-hal berikut ini:

Perencanaan

Sebelum memulai usaha minimarket, buatlah perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan ini mencakup nama dan konsep usaha, memilih waralaba atau usaha mandiri, daftar barang-barang yang hendak diperjualbelikan, dan juga analisis kompetitor.

Pemilihan lokasi dimana minimarket akan berdiri, termasuk pilihan sewa atau beli ruko, haruslah mulai juga dipertimbangkan.

Modal dalam Berbisnis

Tak ada bisnis yang tanpa modal. Dalam membuka bisnis minimarket, Anda perlu menyiapkan sejumlah modal usaha kira-kira 500 juta – 1 miliar per unit usaha. Dana ini bisa anda ambil dari uang pribadi, pinjaman, atau gabungan keduanya.

Baca juga: 5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Pertimbangkan pula untuk membuka peluang berkerjasama dengan rekan bisnis lewat joint venture. Anda dan rekan anda bisa berbagi modal usaha bersama jika menerapkan hal tersebut.

Perijinan

Hal yang tidak kalah penting ialah masalah perijinan. Termasuk di dalamnya ijin usaha, surat keterangan domisili, surat pendaftaran waralaba, inspeksi dan urusan perpajakan. Barang-barang yang diperjualbelikan biasanya juga memiliki ijin tersendiri.

Pastikan anda tahu dimana tempat pengurusannya dan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan.

Memilih Supplier

Dalam berbisnis minimarket, tentu saja kita harus mempertimbangkan pemilihan supplier yang baik. Langkah pertama kita harus melihat kemampuan, konsistensi dan rekam jejak dari supplier. Selanjutnya perhatikan kebijakan pengembalian produknya.

Pilih supplier yang betul-betul menjaga kualitas produk dan pelayanannya.

Penerapan Sistem ERP Terpercaya

Memilih sistem ERP yang dapat diandalkan dalam berbisnis minimarket itu mudah. Sekarang sudah ada beberapa macam sistem ERP di Indonesia yang menyediakan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri. Salah satunya ialah SystemEver.

Sebagai sistem ERP murah dan terbaik di Asia Tenggara, SystemEver menawarkan berbagai keuntungan agar bisnis dapat berkembang dengan pesat. Untuk usaha minimarket, kita bisa menggunakan SystemEver i3 Series yang dapat digunakan untuk memanajemen persediaan dan inventori.

Perhatikan Kunci Sukses Berbisnis Minimarket

Terakhir kunci sukses dalam berbisnis minimarket terletak pada pelayanan dan peralatan penunjang bisnis minimarket itu sendiri. Untuk itu, proses rekrutmen pegawai tidak kalah penting. Pegawai yang ramah dan professional melayani konsumen dengan baik, bukan?

Selain itu, peralatan penunjang bisnis seperti rak-rak display barang, refrigerator, mesin kasir, kamera CCTV, dan lain-lain juga wajib untuk dibeli.

Latest posts by molzania (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top