Gaya Hidup

[Tips] Oh, Insomnia, Menjauhlah dariku!

Mungkin gue termasuk salah satu orang yang beruntung dalam urusan tidur. Karena gue paling gampang tidur jika mata memang sudah waktunya untuk tidur. Jadi, selama ini ritme jam tidur gue sangat stabil, antara 7 sampai 8 jam perhari. Begitu juga kalau “terpaksa” harus begadang, gue akan tetap bangun pada waktu yang sudah terpatri alias gue juga tergolong morning person. Selarut apa pun gue tidur, bangunnya tetap pagi hari. Jadi, lebih baik gue menghindari begadang supaya jam tidur gue tidak dikorting.

Begitu juga kalau sedang traveling, gue bisa tidur dimana saja tanpa melihat-lihat tempat tersebut empuk atau tidak. Sepanjang perjalanan kehidupan traveling, gue pernah beberapa kali tidur di tempat-tempat yang dianggap orang tidak layak. Misalkan tidur di masjid, tidur di beberapa bandara di Luar negeri. Tidur di tempat ronda atau juga tidur di tempat penampungan. Semua bisa gue lakukan dan tidur nyenyak dengan suksesnya.

Jadi, untuk urusan tidur, gue jarang ada masalah. Kecuali, kalau lagi ada masalah berat yang sampai kepikiran berlarut-larut, baru deh ritme tidur gue bisa terganggu. Karena otak diajak terus berfikir. meksi setelah capek berfikir mata langsung terpejam juga. Perlahan tapi pasti mata gue akan redup juga. Lampu saja bisa redup, masak mata gue tidak? Hehhehehe…

Tapi, disini gue bukan ngebahas soal masalah pola tidur gue yang sepertinya tidak ada masalah, melainkan gue mau membahas soal kebiasaan tidur teman gue yang selalu bermasalah. bahkan, dia bisa tidak tidur semalam suntuk. Ya, teman gue mengidap penyakit Insomnia akut.

Hampir setiap hari dia terlambat datang ke kantor. Alasannya sudah pasti karena bangun kesiangan. Gara-gara sering terlambat, reputasinya sebagai karyawan dianggap buruk alias tidak disiplin. Meski secara kinerja dia lumayan baik. tapi, gara-gara Insomnia nilai baiknya jadi berkurang. Selain datang terlambat, wajahnya pun selalu terlihat tidak fresh. Sembab dan matanya berkantung. Ya, terlihat jelas kalau dia kurang tidur. Tidak jarang juga dia datang ke kantor tanpa tidur semalaman. Edan!

“Gue belum tidur nih. Mata gue ngantuk banget. Pengen tidur tapi tidak bisa.” keluh teman gue dengan wajah memelas.

Mendengar kisah “susah tidur-nya” membuat gue prihatin. Bayangin saja, dalam sehari dia cuma bisa tidur satu atau dua jam. Selebihnya matanya terus membelalak kayak lampu yang tidak padam-padam. Efeknya jelas ke fisiknya yang setiap hari kelihatan tidak segar .

Sebenarnya, dari beberapa buku dan informasi yang gue baca, Insomnia itu penyakit yang bisa disembuhkan kok. Karena Insomnia muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Jika And amerubah pola hidup tersebut, maka si Insomnia akan menjauh dari Anda. Tapi semua tergantung apakah kita mau menerapkannya dalam pola hidup kita. Jika tekun dan rajin melakukannya, kebiasaan tidak bisa tidur itu akan berangsur-angsur sirna.

Berikut Beberapa Tips Agar Anda terhindar Dari Insomnia:

Tidur Teratur

Jika Anda menerapkan pola tidur teratur, misalkan Anda beranjak ke tempat tidur setiap pukul 11 malam. Maka, Anda harus mematuhinya. Jangan menunda-nundah hingga melewati jam tidur Anda. Karena lama kelamaan Anda akan terbiasa tidur hingga larut malam melebih jam tidur yang Anda terapkan.

Rajin Olahraga Sore

Olahraga merupakan kunci dari hidup sehat. Jika Anda rajin berolahraga di pagi atau sore hari maka, Anda pun akan dengan mudah tidur di malam harinya. Karena energi Anda sudah terkuras setelah berolahraga. Tidur nyenyak bangun pagi bun badan jadi segar.

Hindari Minum Kopi

Jika Anda penggila kopi, sebaiknya hindari minum kopi di malam hari. Kafein yang terkandung di dalam kopi akan membuat Anda akan susah tidur. Gantilah kopi yang hendak anda minum dengan minuman segar seperti jus ata air mineral.

Hindari Main Games

Banyak orang lupa tidur karena keasyikan bermain games di computer. Tanpa terasa Anda bisa syik bermain hingga menjelang dini hari. Sebaiknya hindari main games dimalam hari. Jika Anda penyuka games, Anda harus memilih jam berapa yang layak Anda bermain games. Sebisa mungkin jangan di malam hari.

Jauhkan Gadget Dari Jangkauan

Hanya gara-gara “kepo” memantengi status sosmed teman-teman, And abetah berjam-jam memantengi akun sosmed mereka. Bahkan, Anda juga rajin kepo tentang gosip-gosip di kehidupan selebritis, sehingga ahmpir semua portal berita gosip Anda baca. Tanpa terasa jarum jam sudah menunjukkan pukul 3 dini hari. Tapi, mata Anda masih “awas” di depan layar smartphone Anda. Sebaiknya hindari arau jauhkan gadget dari jangkauan Anda ketika Anda hendak beranjak tidur.

Jangan Mengerjakan Pekerjaan Kantor di rumah

Urusan kantor cukupdikerjakan di kantor. Jangan bawa lembur Anda ke rumah. Akibatnya, selain Anda semakin stress, pola tidur Anda pun akan terganggu. Jangan biasakan membawa urusan pekerjaan kantor ke rumah. Apalagi yang berurusan dengan “lembur”.

Image source: pixabay.com

 

Very Barus

Seorang penulis buku, blogger, fotografer dan Videografer. Menyukai dunia traveling dan adventure. Telah menjelajahi beberapa daerah dan negara di Asia. Mendaki beberapa gunung di indonesia Dan sangat menyayangi dan melindungi binatang dan tangan-tangan jahil manusia.

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top