Inspirasi

Tips Nih, Buat Hidup Bahagia Gak Pake Stress

Manusia tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, namun manusia bisa memprediksi bagaimana masa depannya sendiri. Walaupun dulunya hidup serba susah dalam segi ekonomi, tapi dengan kerja keras dan semangat yang tinggi. Akhirnya masa sulit itu bisa dilewati dengan mudah. Ada juga yang dulunya serba enak, tapi sekarang malah selalu kesulitan. Begitulah roda kehidupan selalu berputar.

Hidup ini penuh misteri dan liku-liku. Cobaan untuk manusia selalu datang dari Tuhan Yang Maha Esa, supaya kita jadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi jangan pernah mengeluh saat keadaan paling buruk. Hadapi masalah itu dan cari solusi terbaiknya. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Stres merupakan salah satu penyakit hati yang belum ada obatnya dari dunia kedokteran. Namun banyak dokter yang menganjurkan supaya hidup bahagia agar tidak mudah stres. Karena masalah bisa datang dari mana saja, maka kita juga harus bisa mengontrol diri kita sendiri. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai tips hidup bahagia agar tidak mudah stres.

Pertama: Meningkatkan Kemampuan Diri Sendiri

Kebahagiaan seseorang bisa diukur dari apa yang sudah ia capai. Semakin banyak pencapaiannya, maka semakin sukses orang tersebut. Itu artinya dia juga akan semakin bahagia, karena target dalam hidupnya sudah banyak yang tercapai.

Namun kita sendiri kadang tidak sadar akan hal ini, bukannya fokus meningkatkan kemampuan diri sendiri. Tapi malah fokus memikirkan kesuksesan orang lain, terutama para kompetitor. Secara tidak langsung ini menunjukkan bahwa anda adalah orang yang pengecut. Bukannya percaya kepada kemampuannya sendiri, tapi malah membuat masalah dengan orang lain. Sikap seperti ini sangat buruk sekali.

Lebih baik anda fokus pada diri sendiri. Gali semua potensi yang ada. Setelah itu diasah dan ditingkatkan supaya anda jauh lebih baik dari pada yang lain. Jangan malah terpengaruh dengan kekurangan dalam diri anda. Yakinlah semua orang punya kekurangan. Tapi dengan kelebihan yang dimiliki, pasti semua itu akan hilang dan tidak terlihat lagi.

Kedua: Mencintai Diri Sendiri

Cinta itu selalu identik dengan hidup bahagia. Jadi jangan heran ketika ada orang yang jatuh cinta kepada pasangannya pasti akan merasa sangat bahagia. Hal seperti ini memang wajar sekali, karena di dalam diri kita ada nafsu yang membuat kita tertarik dengan lawan jenis. Sehingga untuk mempersatukan cinta dua orang manusia harus melalui pernikahan yang sah.

Namun cinta itu tidak selalu identik dengan pernikahan. Bisa jadi cinta dari orang tua kepada anaknya, cinta guru kepada muridnya, serta cinta seseorang kepada dirinya sendiri. Banyak hal yang bisa dilakukan supaya kita cinta pada diri sendiri, misalnya seperti menghargai diri sendiri dan juga mengembangkan bakat yang ada.

Dengan begitu hidup anda bakal lebih bahagia dan tidak mudah stres. Terutama bagi anda yang suka minder karena memiliki kekurangan. Entah itu karena masalah fisik atau yang lainnya, yang penting jangan menganggap Tuhan tidak adil. Justru dengan kekurangan itu harus bisa dirubah supaya jadi kelebihan.

Ketiga: Putuskan Anda Hidup Bahagia

Alam bawah sadar manusia memiliki kekuatan yang tiada tara. Untuk membangkitkan kekuatan tersebut, anda bisa menstimulasinya dari pikiran. Semakin sering anda berfikir untuk memutuskan hidup bahagia, maka lambat laun hidup anda juga akan bahagia. Walaupun banyak sekali masalah yang datang, tapi anda bisa melewati itu semua dengan mudah.

Sebaliknya, jika anda selalu berfikir akan hidup sengsara maka diri anda bakal stres. Jadi apa yang anda rasakan saat ini datangnya dari pikiran alam bawah sadar. Jangan menyianyiakan waktu dan membuang kesempatan yang ada hanya untuk hal yang tidak ada gunanya.

Lebih baik menikmati semua yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. Sebagai manusia yang jauh dari kata sempurna, maka sudah sepantasnya kita bersyukur. Namun bukan berarti anda harus menyerah kepada keadaan. Anda harus bangkit dan memperbaiki nasib. Setiap kerja keras pasti akan selalu membuahkan hasil. Mungkin saat ini belum terlihat, tapi siapa tahu di masa depan anda jauh lebih sukses dari pada saat ini.

Keempat: Melupakan Masa Lalu

Setiap manusia yang hidup saat ini pasti memiliki masa lalu. Entah itu masa lalu yang kelam atau masa lalu yang indah. Namun alangkah baiknya kalau kita melupakan masa lalu itu dan menguburnya dalam-dalam. Lebih baik hanya diambil hikmahnya saja supaya punya pengalaman untuk masa depan.

Bagi orang sukses pasti pernah merasakan apa yang namanya kegagalan. Bukan berarti dengan kegagalan malah membuatnya semakin terpuruk, justru dia bangkit dan sukses. Para ulama dan ustad yang alim saat ini belum tentu juga dulu selalu jadi orang yang baik. Bisa jadi dulunya pernah jadi preman yang suka malak orang. Tapi karena mendapatkan hidayah, akhirnya taubat ke jalan yang benar.

Lebih baik jadi mantan preman dari pada mantan ustad. Untuk bisa hidup bahagia anda harus mengabaikan masa lalu. Kalau hanya dipikirkan, maka diri anda sendiri yang malah stres.

Kelima: Berteman dengan Orang Bahagia dan Positif

Secara tidak langsung apa yang kita lakukan sehari-hari juga dipengaruhi oleh teman. Kalau kita berada dilingkungan yang buruk dan nakal. Besar kemungkinan kita akan berbuat jahat. Tapi kalau kita berada dilingkungan orang baik dan orang bahagia serta orang yang punya perilaku positif, maka kecil kemungkinan kita akan berbuat jahat.

Sebenarnya anda selalu mempelajari apa yang sering dilihat. Terutama bagi anak kecil, karena mereka adalah tukang copy paste yang handal. Ketika melihat orang tuanya berantem dan saling marah, maka anak tersebut bakal tumbuh jadi orang yang suka marah dan tempramental. Sebaliknya, kalau anak mendapatkan kasih sayang maka dirinya akan jadi orang yang baik.

Ada pepatah yang mengatakan, “Kamu akan wangi jika berada di dekat penjual parfum, tapi kamu akan bau jika berada di dekat tukang pande besi”. Dari sini sudah terlihat jelas kalau ingin hidup bahagia dan tidak mudah stres, maka anda harus berada dilingkungan orang yang bahagia dan positif.

Keenam: Jujur kepada Diri Sendiri

Jujur adalah sifat terpuji, namun jarang sekali orang yang bisa melakukannya. Terutama jujur kepada diri sendiri. Jangan pernah berharap bisa jujur kepada orang lain kalau anda tidak bisa jujur kepada diri sendiri. Sekecil apapun bentuk kebohongannya dan dengan alasan apapun, itu tetap namanya bohong.

Disini saya juga masih sering bohong, entah itu kepada siapapun. Dengan berjalannya waktu saya mulai sadar akan dosa. Sehingga saya selalu berusaha untuk jujur kepada siapapun, termasuk diri sendiri. Ternyata setiap kali kita berbohong, maka akan muncul kebohongan yang lainnya. Sadar atau tidak sadar kita akan berbohong terus untuk membenarkan diri sendiri.

Awalnya memang tidak ada beban saat merasa pertama kali bohong. Namun karena sering dilakukan jadinya malah kepikiran terus. Akibatnya anda malah stres sendiri. Bukan kebahagiaan yang didapatkan, tapi justru malah kesedihan yang menghantui anda. Mulai sekarang bersikaplah jujur, walaupun itu sangat berat dan menyakitkan. Tapi itu masih lebih baik dari pada punya beban pikiran.

Ketujuh: Bersyukur atas Nikmat yang Ada

Salah satu kunci hidup bahagia adalah bersyukur. Setiap manusia tidak akan pernah merasakan apa yang namanya puas. Karena kita diciptakan dengan hawa nafsu. Jadi ketika satu keinginan tercapai, maka kita akan merasa kurang dan selalu kurang.

Ini adalah bukti bahwa kita tidak mau bersyukur. Kalau untuk masalah dunia, kita harus melihat ke bawah. Namun kalau masalah akhirat harus melihat ke atas. Artinya anda harus bersyukur kalau bisa makan sehari tiga kali. Karena di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung dan terlunta-lunta tidak bisa makan.

Memang sulit sekali untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Sang Pencipta. Kalau dimulai dari hal kecil, pasti akan lebih mudah. Setelah itu lakukan secara rutin setiap hari. Lama-kelamaan pasti akan terbiasa. Sehingga hidup anda lebih bahagia dan tidak mudah stres.

Yang menentukan hidup bahagia atau sengsara adalah diri anda sendiri. Berusahalah semaksimal mungkin, karena kesuksesan tidak pernah mengkhianati kerja keras. Awalnya memang sulit, tapi yakinlah anda bisa hidup bahagia dan tidak mudah stres. Tunjukkan kepada dunia bahwa anda bisa. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

 

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger Pontianak!  Terima kasih ya atas dukungannya untuk @klink_indonesia_official.

Semoga event-event K-Link dan MB Communication bisa hadir kembali di Pontianak.

#latepost #klinksolusihidupmu #klinkmember15olusi #bloggerpontianak #mbcommunication #indoblognet

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top