Kesehatan

Tips Mewujudkan Resolusi Sehat 1, 2, 3, 4

Apa yang biasa dipikirkan di masa menjelang akhir tahun atau diawal tahun berikutnya? Bayar utang? Wah coba cari jawaban yang agak lebih cakepan dikit. Ya betul: “Resolusi.” Mayoritas orang bercita-cita mewujudkan impiannya: pergi umroh, beli mobil, gadget baru, berwisata ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya atau hal menarik lainnya. Mengapatidak menulis resolusi untuk hidup sehat? Sehat. satu kata yang menggambarkan segalanya. Sehat bukan hanya tentang bugarnya tubuh dan terbebas dari penyakit apa saja. Mulai dari penyakit berat seperti jantungan hingga penyakit ringan semacam panu. Sehat bisa berarti bahwa apapun makan dan minumnya, di manapun tempat tidurnya tetap terasa nikmat (Etapi bagaimanapun tidur di kamar pastinya lebih nyaman daripada di emperan)

Sehat sebenarnya merupakan kondisi yang menunjukkan satu kesatuan dari pola 1, 2, 3, 4 Maksudnya apa sih? Sehat 1, 2, 3, 4 itu satu sehat kondisi raga, yang kedua sehat secara mental atau jiwanya, tiga sehat pola berpikirnya, empat sehat interaksi sosialnya. Lalu bagaimana mewujudkan sehat 1, 2, 3, 4 itu ?

http://www.braveandbehave.blogspot.co.id/2016/01/tips-hidup-sehat.html

1. Sehat raga

Kesehatan raga dipengaruhi oleh pola makan, gaya hidup dan kondisi psikologis. Orang yang mudah stress biasanya lebih mudah terserang penyakit. Kalau nggak percaya coba deh ngurusin kerjaan atau belajar tanpa jeda selama seminggu full. Dijamin stress lalu berbagai keluhan muncul mulai dari sakit kepala, badan pegal dan linu. Pola makan? Sudah bukan rahasia kalau obesitas akibat salah menentukan pola makan menjadi penyebab penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes mellitus hingga gangguan jantung. Gaya hidup kurang sehat seperti sering begadang juga menjadi penyebab mudahnya seseorang terserang penyakit. So, tidurnya harus cukup agar badan terasa bugar. Jadi kalau ingin sehat raga kenali penyebab penyakit raga, biasakan hidup sehat dalam segala segi.

2. Sehat mental

Pernah lihat orang gila di jalan? Badannya terlihat sehat tetapi sering nyengir-nyengir nggak karuan tanpa sebab, nggak bisa disebut sehat kan? Sakit jiwa bisa disebabkan berbagai hal antara lain depresi, stress dan ada kemungkinan gangguan genetis. Gangguan genetis seperti Schizophrenia mungkin tidak dapat terdeteksi dan sulit diobati. Tetapi gangguan jiwa karena depresi bisa dihindari. Agar tidak menderita penyakit jiwa atau gangguan psikologis (pssst terlalu sering marah juga bisa dikategorikan kondisi psikologis kurang sehat) apa yang harus dilakukan? Tentunya belajar mengelola suasana hati ,lebih dekat dengan Tuhan, lebih mencoba belajar bersabar dan berpikir positif.

3. Sehat pola berpikir

Seseorang yang cenderung terburu-buru dalam mengambil keputusan, sering dilanda kekhawatiran berlebihan, selalu merasa dirinya paling benar bisa dikategorikan kurang sehat pola berpikirnya. Agar tidak terserang cara berpikir kurang sehat tentunya harus merubah cara berpikirnya. Bagaimana? Dengan belajar memahami cara berpikir orang lain, membaca buku-buku baru yang mampu membuka wacana, berkumpul dan bergaul dengan lebih banyak orang untuk belajar berkomunikasi.

4. Sehat secara sosial

Pernah ribut dengan akun orang di sosmed gegara mempertahankan opini atau adu argumentasi? Hati-hati kawan, ribut yang keterlaluan, saling caci dan membenci bisa jadi pertanda tidak sehat secara sosial.Bagaimana tidak, bertemu muka langsung saja belum pernah kok sudah ribut seperti anjing dan kucing. Lebih parah lagi kalau di dunia nyata ternyata jarang bertegur sapa dengan tetangga sekitarnya. Hadeuuh sama orang di sosmed aja berantem apalagi dengan tetangga ya. Ingin sehat secara sosial? Yuk coba bergaul lebih luwes dengan lingkungan sekitar kita. Kalau ada acara kumpul-kumpul atau undangan didatangi, ngga usah terlalu sensi dan berpikir “duh nanti mereka pasti nanya-nanya hal pribadi” belajar untuk berbaik sangka, kalau ada semacam perkumpulan hobi kenapa tidak diikuti? Asal bukan organisasi hobi berkelahi dan adu jotos tanpa henti.

1 2 3 4 Siap hidup sehat? jangan ditunda lagi siapkan Resolusi untuk meraih mimpi. Mimpi menjadi pribadi yang mandiri, berempati, lebih dekat kepada Illahi. Mimpi-mimpi itu dapat terwujud jika sehat pola 1, 2, 3, 4

Credit picture: pixabay.com

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Seorang pebisnis harus pandai menganalisa pesaing mereka, khususnya yang berada pada niche yang sama. Belajarlah dari kesuksesan termasuk dari kegagalan mereka
.
.
.
DOUBLE TAP IF YOU AGREE
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #analisamarketing #competitor #business #tipsbisnis #trendingpost

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top