Indo Blog Net

kesehatan

Tips Mewujudkan Resolusi Hidup Sehat di Tahun 2020

tips mewujudkan resolusi

Mom, dirimu pengen punya kesehatan yang prima agar dapat beraktivitas dengan lancar? Tentunya, ya! Semua orang menginginkan dirinya selalu sehat lahir dan batin, sebab kesehatan merupakan aset berharga. Sebenarnya sehat bukan hanya soal fisik semata, tapi juga sehat secara mental, emosional, dan spiritual.

Sehat itu menyeluruh, karena beberapa aspek tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain.

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Sehat 

Supaya selalu sehat tentunya kita harus menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan kita sehari-hari. Mumpung masih awal tahun nih, yuk jadikan gaya hidup sehat sebagai salah satu resolusi di Tahun 2020 ini. Banyak sekali manfaat yang akan kamu peroleh dari menerapkan gaya hidup sehat, diantaranya:

Terhindar dari berbagai penyakit

Dengan menjalankan gaya hidup sehat secara konsisten, tubuh kita akan tercukupi nutrisinya dan metabolisme berjalan lancar. Hal ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membuatmu terhindar dari berbagai penyakit.

Tak hanya terhindar dari penyakit maag atau obesitas saja, tapi juga dapat meminimalkan risiko terkena penyakit berat seperti diabetes, jantung, maupun kanker. 

Lebih semangat beraktivitas

Saat metabolisme tubuh kita berjalan lancar, otomatis produksi energi tubuhmu pun akan optimal. Energi yang optimal inilah yang membuatmu lebih semangat beraktivitas. 

gaya hidup sehat

Lebih bahagia

Menjalankan gaya hidup sehat juga mempengaruhi kondisi emosional dan spiritualmu, lho. Jika tubuh kita dalam keadaan sehat, suasana hati pun akan lebih baik dibandingkan saat tubuh kita dalam keadaan sakit. Dengan suasana hati yang baik maka kita jadi lebih tenang dan lebih mudah untuk bahagia. 

Memperpanjang usia

Tentunya ya, jika kesehatan tubuh terjaga dengan baik, terhindar dari penyakit, maka kesempatan untuk hidup lebih lama pun akan meningkat. 

Hidup lebih positif

Gaya hidup sehat juga dapat membantu meningkatkan produksi energi positif dalam tubuh kita. Tentunya semua manfaat ini akan kamu peroleh jika penerapan gaya hidup sehat dilakukan secara konsisten, ya.

Tips Mencapai Resolusi Hidup Sehat di Tahun 2020 

Kesehatan yang prima tidak begitu saja kita peroleh tanpa usaha. Untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas tentu dibutuhkan niat serta usaha yang sungguh-sungguh. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat membantumu mewujudkan resolusi hidup sehat di Tahun 2020 ini.

1. Tetapkan tujuanmu

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu mulai menjalani resolusi hidup sehat adalah menetapkan tujuanmu. Tujuan ini bisa bermacam-macam, apakah itu sembuh dari penyakit tertentu, punya berat badan yang ideal, ataupun ingin memiliki kesehatan yang prima untuk membesarkan anak hingga ia dewasa, dan lain-lain.

Tujuan inilah yang mendasari resolusi hidup sehatmu. Dengan adanya sebuah tujuan akan membuatmu lebih semangat dan memiliki motivasi untuk tetap konsisten. Tuliskan tujuanmu ini secara detail sehingga kamu dapat membacanya saat kamu butuh motivasi dalam menjalankan resolusi hidup sehat. 

2. Mulai dari hal kecil

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat tentunya tidak semudah yang dibayangkan, ya. Apalagi jika kamu sebelumnya terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, tidur larut malam, kurang tidur, sering mengonsumsi makanan cepat saji, kurang gerak dan tidak pernah olahraga, dan lain-lain. Untuk beralih ke gaya hidup sehat butuh proses dan waktu yang tak sedikit. Maka mulailah dulu dari hal kecil dan mudah yang mampu kamu lakukan, sebab yang terpenting adalah konsistensi. 

3. Beralih ke makanan sehat

resolusi hidup sehat

Makanan menjadi faktor penting yang harus diperhatikan saat kamu ingin menjalani gaya hidup sehat. Cobalah sedikit demi sedikit beralih ke makanan yang lebih sehat sesuai kemampuanmu. Misalnya, mengganti sarapan roti yang mengandung gluten dengan buah atau salad sayuran, mengganti mie instan yang mengandung gluten dan MSG dengan mie instan yang bebas gluten dan MSG, ataupun mengganti camilan-camilan yang banyak mengandung gula dengan camilan yang rendah gula. 

Tujuan makan adalah untuk menutrisi tubuh bukan hanya untuk bikin kenyang, maka pilihlah makanan yang bernutrisi. Makanan yang bernutrisi akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Sebaliknya makanan yang tidak sehat malah bisa merugikan tubuh karena banyak mengandung bahan-bahan tambahan (pemanis buatan, perasa sintetik, pewarna, serta pengawet). 

4. Perhatikan kebiasaan makan

Coba cek kebiasaan makanmu, apakah ada diantara kebiasaan tersebut yang tidak baik untuk kesehatanmu. Misalnya, makan terburu-buru, sering makan di luar, jarang sarapan, dan lain-lain. Pelan-pelan ubah kebiasaan tersebut agar kesehatanmu bisa lebih baik. Ganti dengan kebiasaan  makan yang lebih sehat, seperti: mengunyah makanan dengan perlahan (cobalah mindful eating), biasakan membawa bekal dan sarapan sehat. 

5. Kelola stress

Tahukah kamu bahwa stress termasuk faktor penyebab berbagai macam penyakit. Jadi, usahakan untuk dapat meminimalisir stress. Stress dalam hidup memang tak bisa kita hindari sepenuhnya, namun kamu bisa mengelola stress dengan lebih baik agar tidak berlebihan dan merugikan kesehatanmu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir stress, diantaranya: perbanyak aktivitas “me time”, mendekatkan diri pada Allah, kurangi pikiran positif dan perbanyak pikiran positif. Kamu juga bisa coba teknik pernafasan, meditasi ataupun yoga untuk membuat pikiranmu lebih relaks.

6. Olahraga

Salah satu kunci hidup sehat adalah rutin olahraga. Olahraga tak hanya membuat tubuhmu sehat, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan pikiran kita. Pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai dan lakukan secara rutin. Mulailah dari durasi yang kecil, misal: satu atau dua kali seminggu masing-masing selama setengah jam. 

7. Jadikan sebagai sebuah kebiasaan 

Yang terpenting dari menjalankan gaya hidup sehat adalah konsistensi, karena gaya hidup sehat bukan sekadar tren sesaat, tapi proses jangka panjang yang akan kamu jalani sepanjang hidup. Jadikan gaya hidup sehatmu sebagai kebiasaan-kebiasaan baik dalam keseharianmu.

8. Hargai prosesnya

Membangun kebiasaan-kebiasaan baik tentunya tidak dalam waktu sekejap. Semua butuh waktu dan proses. Tak perlu terburu-buru, hargailah setiap prosesnya. Jangan membandingkan pencapaianmu dengan orang lain, tapi bandingkan pencapaianmu saat ini dengan dirimu yang kemarin. Progress sekecil apapun sudah lebih baik dibanding tidak berusaha sama sekali, bukan?

9. Cintai tubuhmu

tips resolusi hidup sehat

Tips terakhir sekaligus jadi yang terpenting adalah cintai tubuhmu. Tubuh kita merupakan satu-satunya tempat dimana jiwa dan raga kita hidup. Maka dari itu sudah seharusnya kita menjaga dan merawat tubuh kita dengan baik.

Berikan nutrisi melalui makanan sehat, sebisa mungkin hindari atau paling tidak minimalkan asupan makanan tidak sehat yang merugikan tubuhmu. Luangkan waktu untuk olahraga, tidur yang cukup, dan jangan lupa bahagia.

“Take care of your body. It’s the only place you have to live” – Jim Rohn –

Mari mulai mewujudkan resolusi sehatmu sekarang juga! Kamu punya tips lain untuk mewujudkan resolusi hidup sehat di Tahun 2020 ini? Share tipsmu di kolom komentar, ya 🙂

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top