Indo Blog Net

Menulis Yuk

Tips Merawat Tanaman untuk Taman Mungil di Balkon Apartemen

taman kecil untuk balkon apartemen menarik

Memiliki apartemen di  Jakarta Pusat, memang merupakan pilihan yang solutif di era kenormalan baru. Selain jantungnya ibu kota negara, akses ke kantor yang lebih mudah dan cepat, apartemen juga ternyata dinilai lebih aman dan nyaman ditinggali selama pandemi.

Seperti kita tahu ya, apartemen memiliki standar pelayanan yang jauh lebih tertib dari hunian tapak.

Pengelola apartemen telah menyiapkan berbagai fasilitas, seperti keamanan, privasi seluruh penghuninya hingga kebersihan.

Tidak sembarang orang bisa masuk ke apartemen. Baik penghuni maupun tamu harus mematuhi protokoler kesehatan, seperti memastikan seluruh penghuni menggunakan masker, melakukan pengecekan dengan infrared thermometer atau menyediakan cairan antiseptik di setiap sudutnya.

Pertokoan di lingkungan apartemen pun lengkap tersedia. Kita tidak perlu repot mencari barang kebutuhan harian.

Namun begitu, tak dipungkiri, apartemen memang tidak seluas hunian tapak. Terlebih di masa pandemi ini, ruang gerak aktivitas luar ruang terbatasi. Otomatis sepenuhnya dilakukan di dalam unit apartemen.

Baca juga: Ini Cara Mudah Merawat Tanaman Mini dalam Pot Tanah Liat

Tetapi jangan khawatir, kamu masih bisa mendesain ruangan menjadi lebih terkesan luas dengan pemilihan furniture minimalis yang instagenic.

Untuk menambah kenyamanan dan kesegaran pikiran, kamu juga bisa menyulap balkon apartemen menjadi taman mungil yang indah.

tanaman di balkon apartemen unik

Taman mungil di balkon bisa menjadi mood booster yang menyehatkan mental, beberapa jenis tanaman kaktus juga bisa menetralkan racun dan membersihkan udara. Asyik kan bisa ngopi pagi atau sore hari dan melakukan hal-hal menyenangkan di balkon yang indah, sejuk dan sehat.

Baca juga: Bingung Cari Tanaman Hias Indoor? 10 Jenis Sanseviera Mini Ini Bisa Jadi Inspirasimu

Lantas tanaman seperti apa nih yang cocok untuk ruang hijau atau balkon apartemen?

Berikut tips memilih sekaligus merawat tanaman untuk balkon apartemen.

Tips Merawat Tanaman untuk balkon apartment

1. Tentukan Konsep yang Diinginkan

Sebelum menentukan tanaman yang cocok, kamu harus menentukan konsep balkon yang akan dirancang. Sesuaikan juga dengan luas balkon dan posisi sinar matahari yang menyapa balkon apartemen kamu.

Soalnya tak sembarangan tanaman bisa beradaptasi dengan sinar matahari langsung. Ada jenis tanaman yang tumbuh sehat jika ditempatkan dalam ruang yang teduh, tidak terpapar langsung sinar matahari.

Ada pula yang justru berkembang sehat dengan paparan langsung sinar matahari.

2. Perhatikan Posisi Balkon

Jika balkon apartemen Anda menghadap sisi utara dan tengah berada di siklus matahari eksis pada bilan Maret – Oktober.

Pilihlah tanaman yang menyukai cahaya, diantaranya palem kuning  (chrysalidocarpus), cyperus rumput payung (cyperus) dan  lili paris (chlorophytum), lidah mertua (sansevieria), kamboja Jepang (adenium), bougenvile, bunga pentas, tapak dara (vinka rosea), krokot, pot marigold, kaktus dan bunga sepatu.

Untuk kaktus, bisa lihat koleksi kaktus-kaktus yang lucu di @kaktusqulucu.

Baca juga: 9 Jenis Kaktus Hias yang Mudah Dirawat Bagi Pemula

Namun dalam periode Oktober – Maret, sisi utara apatemen akan sulit mendapatkan sinar matahari.

Maka pilihlah tanaman yang cocok untuk tempat teduh dan minim cahaya, seperti aglaonema, adiantun, atau episcia, bleeding heart, begonia, palem, fuchsia, fuchsia, primrose dan hostalily.

Jika tanaman ini diletakkan dalam ruang, pencahayaan bisa dibantu dengan lampa yang bercahaya terang.

Apabila balkon apartemen teletak di sebelah selatan, tinggal menyesuaikan siklus saja. Begonia dan palem-paleman termasuk favorit dipilih karena cocok hidup dengan cahaya semi langsung.

3. Perhatikan Pemilihan Pot yang Tepat

Pilih pot dengan drainase yang baik dan perhatikan karakter material potnya. Pot yang terbuat dari plastik, logam dan kaca lebih sedikit menyerap air dibanding dengan pot tanah liat atau gerabah.

Dengan mengenal karakter material pot, kamu bisa memperhitungkan juga frekuensi penyiraman. Pastikan saat menyiram, media tanam dalam keadaan benar-benar kering ya, untuk menghindari pembusukan akar tanaman.

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Paling 5 Mudah Perawatannya

4. Perhatikan Tempat Meletakkan Tanaman

Jangan sering memindahkan tanaman di apartemen. Sebagai mahluk hidup, tanaman butuh beradaptasi dengan lingkungan.

Seandainya kamu ingin memindahkan tanaman, letakkan tanaman di area baru selama 1 jam per hari. Perlahan tingkatkan durasi waktunya sampai tanaman siap dengan kondisi di area baru.

5. Sediakan Alat Semprot

Sediakan selalu botol penyemprot air. Sesekali semprotkan air pada tanaman yang sekiranya mengalami gangguan kelembatan, Cirinya biasanya, warna daun yang kecoklatan atau terlihat pucat.

6. Memberikan Pupuk Secukupnya

Memberikan pupuk sesuai porsi dan karakter tanaman. Untuk tanaman berbunga, gunakan pupuk dengan kandungan potasium tinggi.

Jika tanamannya berdauh lebat, bisa menggunakan pupuk atau tanah dengan nitrogen tinggi.

Untuk tanaman kaktus, selama media tanamnya memadai, ada kandungan pasir malang, sekam bakar, pemberian pupuk bisa tidak perlu. Pemberian pupuk pada kaktus bisa mengakibatkan kematian tanaman.

7. Pemangkasan Tanaman

Pangkas tanaman secara teratur. Batang atau ranting yang mati bisa menarik perhatian serangga. Usahakan ketika memangkas berada pada posisi 45 derajat agar pertumbuhan tanaman meningkat dan menjadi lebih subur.

8. Hindari Serangga Pengganggu

Hindari menaburkan sesuatu yang bisa mengundang perhatian serangga seperti teh atau kopi. Meski ada yang bilang kopi bagus sebagai pupuk, tetapu kadar asamnya yang rendah bisa membuat tanaman mati.

Semoga tips merawat tanaman untuk balkon apartemen bermanfaat ya. Anda yang berencana membeli apartemen, sejumlah apartemen di Jakarta Pusat bisa menjadi pilihan.

Sebelum membeli pasatikan Anda sudah melakukan riset dan survey yang cermat.

kartina Ika Sari
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top