Indo Blog Net

Tips and Trick

Tips Menyiapkan Menu Masakan Sehat bagi Keluarga

Tips Menyiapkan Menu Masakan Sehat bagi Keluarga

Kesehatan keluarga tentunya merupakan hal yang sangat penting untuk kita perhatikan, ya. Apalagi kita sebagai ibu memiliki tanggung jawab untuk mengurus kebutuhan keluarga, salah satunya adalah menyiapkan makanan sehari-hari bagi keluarga. 

Menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga artinya kita berusaha mengolah atau memasak sendiri kebutuhan makanan keluarga sehari-hari. Dengan begitu kita sebagai ibu punya kendali penuh terhadap apa saja yang dikonsumsi keluarga kita sehari-hari.

Namun, bukan hanya sekadar menyiapkan makanan saja ya, kita juga perlu memperhatikan apakah menu masakan yang kita sajikan sudah termasuk menu sehat atau belum. Karena menu masakan yang dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan tubuh keluarga kita.

Manfaat Menyiapkan Menu Masakan Sehat bagi Keluarga

Ada banyak manfaat yang akan kita peroleh dari menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga. Nah, supaya Mommies makin semangat menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga, mari kita simak apa saja manfaatnya!

1. Keluarga sehat

Yes! Ini merupakan manfaat utama yang kita peroleh, keluarga sehat. Dengan menyiapkan menu masakan yang sehat kita bisa memantau langsung asupan nutrisi keluarga melalui masakan yang kita sajikan. Kita bisa mengetahui apakah kebutuhan gizi keluarga sudah tercukupi dengan baik, mulai dari asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, maupun mineral.

Dengan menyiapkan menu masakan sehat di rumah, kita bisa memilih bahan-bahan makanan yang terbaik, memasak dengan cara yang tepat agar kandungan nutrisi tetap terjaga, serta mengendalikan penggunaan gula dan garam agar tak berlebihan.

Salah satu kunci agar kita dan keluarga sehat adalah dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Jadi, kalau Mommies ingin keluarga sehat jangan lupa untuk menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga sehari-hari, ya. 

2. Lebih terjamin

Masakan yang kita siapkan di rumah tentunya bisa lebih kita jaga kualitas dan kebersihannya. Dimana kebersihan merupakan salah satu kriteria makanan yang sehat. Pilihlah kualitas bahan makanan yang terbaik, cuci bahan makanan dengan bersih, dan olah makanan secara higienis agar manfaat yang diperoleh dari makanan tersebut bisa optimal. 

Makanan yang dijual diluar belum tentu lebih bersih dari masakan yang kita bikin di rumah, sekalipun makanan tersebut kita beli di restoran mahal sekalipun. Karena kita tidak melihat sendiri bagaimana proses masak maupun bahan makanan mentahnya.

3. Menanamkan kebiasaan makan sehat

Rutin menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga dapat membuat keluarga jadi terbiasa dengan pola makan sehat dan menyukainya. Apalagi bagi anak-anak, mereka perlu ditanamkan kebiasaan makan sehat sejak dini agar tumbuh kembang mereka berjalan dengan baik. 

Anak-anak yang sudah terbiasa dengan menu makanan sehat sejak dini akan lebih mudah bagi mereka untuk menerapkan pola makan sehat saat dewasa kelak. 

4. Lebih hemat

Wah, kalau manfaat yang satu ini pastinya jadi favorit ibu-ibu ya, kan? Makanan yang kita beli di luar rumah lebih mahal dibandingkan jika kita memasaknya sendiri di rumah. 

Membeli makanan dari luar rumah sesekali boleh-boleh saja ya, selama makanan itu sehat. Tapi kalau membeli makanan di luar rumah jadi kebiasaan tentu akan boros. Dengan menyiapkan menu masakan sehat di rumah akan membuat Mommies bisa lebih berhemat. 

5. Keluarga bahagia

Tentunya kalau kita dan keluarga sehat maka kita pun lebih mudah untuk bahagia. Selain itu, dengan menyiapkan menu masakan sehat di rumah, waktu makan bersama keluarga jadi rutinitas yang menyenangkan. Makan bersama keluarga bisa mempererat hubungan antar anggota keluarga, lho. 

Supaya lebih menyenangkan, Mommies bisa masak menu-menu yang variatif dan kreatif supaya keluarga di rumah gak bosan menikmati menu masakan sehat di rumah.

Tips Menyiapkan Menu Masakan Sehat Sehari-hari

Sayangnya, bagi sebagian Mommies yang sibuk dengan pekerjaan maupun mengurus rumah tangga, menyiapkan menu masakan sehat terkadang jadi hal yang cukup memberatkan. Untuk itulah supaya rutinitas menyiapkan menu masakan sehat ini jadi lebih mudah, berikut ini ada beberapa tips dalam menyiapkan menu masakan sehat sehari-hari. 

a. Rencanakan menu untuk seminggu kedepan

Buat perencanaan di akhir pekan, menu-menu apa saja yang akan dimasak untuk seminggu kedepan. Misalnya, Hari Senin pepes ikan, Selasa semur ayam, Rabu sop buntut, dan seterusnya. Dengan begitu kita tidak perlu bingung lagi mau masak apa setiap harinya. Susun menu masakan sehat yang variatif. Mommies bisa searching resep-resep baru di Google atau Youtube.

b. Belanja bahan makanan di akhir pekan    

Setelah menyusun menu untuk seminggu kedepan, kita jadi tau bahan-bahan apa saja yang harus kita beli. Pilihlah bahan makanan dengan kualitas terbaik apalagi untuk disimpan selama beberapa hari. Jangan lupa juga untuk selalu menyertakan buah-buahan dan camilan sehat di daftar belanjaan ya, Mom. 

c. Olah bahan masakan hingga setengah jadi

Tahap berikutnya adalah mengolah bahan masakan hingga setengah jadi. Misalnya, memotong-motong daging dan sayuran, mengungkep ayam dan daging, hingga menyiapkan bumbu dasar putih, merah, dan kuning. 

Dengan mengolah bahan masakan hingga setengah jadi, tentunya membuat proses menyiapkan masakan sehat di pagi hari jadi lebih cepat dan mudah, bukan? Apalagi bagi Mommies yang bekerja kantoran seringkali tak punya banyak waktu di dapur.

Daripada mengandalkan makanan instan yang praktis dan siap saji, akan jauh lebih sehat menyiapkan makanan yang kita beli sendiri bahannya, kemudian kita masak sendiri. Selain lebih sehat, rasanya pun lebih enak dan nikmat. 

Tips Menyiapkan Menu Masakan Sehat bagi Keluarga

d. Simpan bahan makanan di kulkas

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan bahan-bahan masakan yang telah diolah hingga setengah jadi ke dalam wadah dan masukkan ke dalam kulkas. Ini jadi tahap yang penting lho, sebab jika tahap ini terlewatkan akan membuat bahan masakan jadi tidak awet dan mudah basi.

Perlu diperhatikan juga wadah makanan yang kita gunakan. Sebaiknya pilih wadah berkualitas yang aman untuk makanan dan bisa menjaga makanan tetap segar. 

Saat ini ada wadah makanan yang khusus untuk menyimpan bahan-bahan masakan dalam kulkas yang disesuaikan dengan jenis bahannya. Seperti wadah khusus untuk menyimpan ayam dan daging ungkep, wadah khusus menyimpan bumbu olahan, maupun wadah khusus menyimpan sayuran dan buah. 

Okay, mudah-mudahan dengan tips-tips di atas aktivitas menyiapkan menu masakan sehat bagi keluarga jadi lebih mudah, ya!

See me on

Arifah Abdul Majid

[Content Writer] - [Work at home mom] - [Natural lover]

Contact me at: [email protected]
Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top