Blogging

4 Tips Mengunggah Gambar pada Artikel Blog

Gambar pada artikel blog memang sangat penting sekali. Selain memperjelas artikel yang sedang dibahas, para pengunjung blog juga lebih suka karena pembahasannya lengkap dan jelas. Lagi pula, search engine juga suka dengan artikel yang ada gambarnya. Secara tidak langsung, gambar dapat membantu memperbaiki posisi blog di search engine.

Menurut Jeff Bullas, seorang internet marketing mengatakan bahwa artikel blog yang ada gambarnya maka 94% akan banyak dilihat pengunjung dari pada artikel yang tidak ada gambarnya. Tentu hal ini sangat menguntungkan bagi para blogger yang monetisasi blognya. Dengan adanya gambar bisa membantu mendatangkan pengunjung setia pada blognya. Sehingga pundi-pundi dollar selalu mengalir.

Tidak hanya artikel saja, setiap konten yang ada informasi visual pasti lebih disukai oleh orang. Hal ini karena sifat dasar manusia yang suka dengan visualisasi. Saya sendiri menyadari hal ini, karena kalau belajar lebih mudah dari memahami sebuah gambar dari pada harus membaca satu buku yang tebal. Namun sebagai blogger kadang kita salah memilih gambar yang cocok untuk artikel. Untuk itu saya akan mejelaskan bagaimana cara memilih gambar yang sesuai dengan blog. Simak penjelasannya berikut ini.

Pertama: Mencari Gambar yang Sesuai dengan Artikel

Langkah pertama yang harus selalu diingat dan diperhatikan adalah pemilihan gambar. Karena ini sangat penting sekali. Jangan sampai mengunggah gambar yang tidak sesuai dengan pembahasan artikel. Misalnya saja menjelaskan tentang tips menghindari penyakit HIV AIDS. Tapi malah memilih gambar yang berhubungan dengan komputer.

Memang apa hubungannya HIV AIDS dengan komputer? Sama sekali tidak ada. Hal semacam ini sangat fatal sekali. Bahkan bisa-bisa pengunjung blog merasa jengkel dan tidak mau datang kembali membaca artikel anda. Lambat laun blog anda malah sepi. Bukannya dollar yang mengalir, malah diri anda sendiri yang merasa frustasi karena membangun blog tapi sepi pembaca.

Kedua: Pilih Gambar dengan Resolusi Tinggi

Pernahkah anda mengunjungi blog yang ada pembahasan artikelnya lengkap dan jelas serta ada gambarnya, namun gambarnya itu sedikit buram karena resolusinya cukup rendah. Apalagi gambar tersebut malah di zoom sehingga penjelasan gambarnya tidak menarik sama sekali. Lantas apa yang anda rasakan? Jengkel bukan.

Anda sendiri saja sudah merasa kesal, bagaimana dengan orang lain. Ibaratnya, sama saja makan pentol bakso super gede tapi pakai kuah soto. Nah loh, gimana rasanya itu? Hal sepele seperti ini kadang sering kita lupakan. Justru dari yang awalnya sepele, lama kelamaan pasti akan jadi masalah serius. Kalau hanya satu atau dua artikel saja mungkin bisa dimaklumi. Namun kalau semua artikel seperti itu pasti bikin malas pengunjung blog.

Ketiga: Mamakai Gambar Dokumentasi Pribadi

Untuk jadi blogger profesional itu tidak mudah, namun tidak menutup kemungkinan anda bisa jadi salah satunya. Yang terpenting rajin, tekun, dan tidak patah semangat dalam membuat artikel yang bermanfaat untuk pengunjung blog. Banyak sekali artikel blog bagus buatan sendiri, tapi malah memakai gambar dari search engine.

Sebenarnya tidak apa-apa, selagi gambar tersebut memang legal dan terkait dengan artikel yang dibahas. Namun jika blog anda ini adalah blog pribadi yang berisi kegiatan sehari-hari, lebih baik dari foto sendiri. Lagi pula saat ini sudah ada smartphone yang canggih. Tinggal foto dan pilih gambar dengan kualitas bagus. Selain itu blog anda juga akan terlihat lebih profesional karena tidak plagiat dari gambar blog lain.

Keempat: Edit Gambar supaya Menarik

Kreatifitas seorang blogger itu tidak terbatas. Tidak hanya dituntut pandai membuat artikel menarik, tapi juga harus bisa mengedit foto. Alasan tidak bisa memakai software editing gambar bukanlah cara yang tepat untuk menghindari hal ini. Karena di luar sana banyak blog yang membahas tutorial dan juga tips mengedit gambar dengan mudah dan cepat.

Terutama untuk blog yang membahas mengenai tutorial harus ada penjelasan pada gambar. Misalnya seperti tutorial makai hijab. Kalau ada foto perempuan memakai hijab saja semua orang tidak akan tahu bagaimana caranya itu. Biar lebih mudah ditambahkan tanda atau keterangan pada foto. Cukup edit sedikit, setelah itu ada penjelasan di bawahnya agar pengunjung blog tidak kebingungan.

Nah itu tadi sedikit penjelasan mengenai tips mengunggah gambar pada artikel blog. Sebenarnya masih banyak lagi caranya, namun jika kalian mau menambahkan juga tidak apa-apa. Silahkan komentar di bawah terkait kritik dan sarannya. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Kemajemukan  adalah anugerah dan takdir terindah dari Tuhan untuk bangsa Indonesia. Ini harus kita kelola dengan baik dalam komitmen yang sama sebagai bangsa merdeka untuk kemajuan negeri ini.

Founder Kader Bangsa Fellowship Program @kaderbangsafellowship Dimas Oky Nugroho Ph.D  @dimas_okynugroho mengajak generasi muda Indonesia untuk  turun tangan, ambil bagian  membangun kemajemukan untuk kesejahteraan dengan kerja sama, gotong royong dan kolaborasi. Merdeka !

Dirgahayu Republik Indonesia Merdeka 72 tahun !

Mari sebarkan pesan cinta Indonesia yang majemuk !

#mudakolaborasimerdeka #mudabersatumerdeka #mudakreatifmerdeka #mudakerenmerdeka #hutri72 #indonesiamerdeka72

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top