Indo Blog Net

Entrepreneur

5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

tips bisnis

Pernah dengar pepatah yang berbunyi, Do What You Love and Love What You Do? Segala hal yang dikerjakan dengan hati, biasanya akan jauh terasa lebih ringan dan hasilnya juga akan sampai ke hati.

Ide bisnis bisa datang dari mana saja, yang memungkinkan adalah menangkap adanya peluang di sekitar kita. Melihat orang lain mengalami suatu masalah, biasanya akan muncul ide sebagai solusi. Nah ide ini bisa dijadikan peluang bisnis sebenarnya.

Kalau dikaitkan dengan masa sekarang di mana wabah corona menjadi suatu momok di masyarakat ditambah lagi dengan himbauan untuk tetap di rumah saja, maka masalah baru akan timbul.

Bagaimana dengan pemenuhan kebutuhan hidup?

Beberapa hari yang lalu, saya liat di IG stories seorang teman yang sedang mencari penjual sayur dan ikan online. Banyaklah yang kasi nomer kontak, ada yang emang jualan sayur dan ikan, dan ada pula yang menawarkan jasa titip dan antar sampai di rumah.

Lihat kan, sebuah peluang bisnis yang muncul. Kalau di rumah kami sih, pak suami-lah yang akan berbelanja ke pasar ataupun toko terdekat untuk membeli barang kebutuhan pokok atau belanja sayur-mayur dan lauk pauk untuk kebutuhan seminggu.

Tapi kali ini saya pengen tulis hal lain sih, masih berkaitan tentang ide usaha dengan mengamati sekitar. Hobi sebenarnya juga bisa dijadikan salah satu peluang bisnis. Salah satunya ya hobi kita sendiri.

Hampir semua orang memiliki hobi, kegiatan yang disukainya dan dilakukan dengan sukarela meskipun harus mengeluarkan banyak uang untuk itu. Nah kenapa tidak mengubahnya menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan alih-alih harus mengeluarkan uang.

5 Tips Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha

Lagipula, karena ini hobi kita sendiri, biasanya kita sudah mengenal seluk beluknya kan? Sebagai contoh, saya menyukai membuat kerajinan tangan rajutan. Tentu saya paham bagaimana merajut, teknik-teknik merajut, memilih benang dan jarum, di mana mesti beli alat bahan dan lain-lain.

Karena ini kegiatan yang disukai ya menjalaninya pun tanpa merasa terbebani. Lalu bagaimana caranya mengubah hobi menjadi peluang usaha? Simak tipsnya ya.

Identifikasi Hobi

Ini dikhususkan untuk yang masih bingung dengan hobinya atau memiliki banyak hobi yang biasa dia kerjakan. Lebih selektiflah memilih antara hobi yang hanya iseng saja dan hobi yang memang benar-benar ingin ditekuni.

List hobi tersebut, beserta kekurangan dan kelebihannya masing-masing jika dijadikan sebagai peluang usaha.

Pilih Hobi yang Paling Potensial

Dari list tersebut akan tampak mana hobi yang paling potensial untuk dijadikan usaha. Sebaiknya pilihlah hobi yang menjual dan juga disukai banyak orang. Semakin banyak orang yang menyukai hobi tersebut berarti semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan.

Ciptakan Brand

Buatlah merk atau brand yang benar-benar mencerminkan usaha tersebut, mulai dari logo sampai kemasan. Lalu manfaatkan social media baik facebook, instagram, youtube mapun blog sebagai sarana pendukung branding usaha.

Mengenali Pasar

Apalah sebuah usaha tanpa para pelanggan. Untuk menggaet calon konsumen, ya harus mengikuti perkembangan dan tren yang sedang banyak digandrungi saat ini terkait hobi tersebut. Hal positifnya, karena ini adalah hobi yang digeluti sendiri, biasanya akan paham mana kira-kira yang akan disukai atau tidak disukai konsumen.

Mulailah Bisnis dan Bangun Jaringan

Setiap hobi biasanya memiliki komunitasnya masing-masing. Bergabunglah dengan komunitas tersebut, semakin banyak semakin baik. Mulailah membangun jaringan demi perkembangan bisnis ke depannya. Jangan sungkan untuk memperkenalkan usaha yang sedang dibangun terkait hobi tersebut.

Baca juga: Pikat Pengunjung Mall, Mangga Dua Square Gaet Komunitas Bollywood Indonesia

Setelah itu mulailah secara bertahap untuk membangun sebuah komunitasmu sendiri.

Memulai usaha dari hobi memang gampang-gampang susah, tapi tak ada yang tak mungkin selama kita memiliki tekad yang kuat. Kegagalan adalah hal yang biasa, belajar dari kegagalan itulah yang utama.

Semoga bisnis yang dijalani ini bisa semakin maju dan berkembang, dengan tidak mengabaikan manajemen usaha yang tentu saja memegang peranan penting. Karena pengelolaan sistem manajemen yang baik menjadi syarat mutlak dalam membangun bisnis yang maju.

Nah, ada satu konsep yang dapat digunakan untuk merencanakan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan, namanya sistem ERP yang merupakan aplikasi manajemen bisnis yang memudahkan dalam hal pengelolaan bisnis secara terintegrasi.

Dengan penggunaan sistem ERP, maka UKM yang sedang berkembang dapat beradaptasi dan lebih fleksibel dengan semua kebutuhan di masa mendatang.

Semoga ke lima tips mengubah hobi jadi bisnis di atas, dapat membantu dan bermanfaat. Selamat memulai usaha yang berawal dari hobi.

 

Latest posts by Nanie (see all)
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top