Kesehatan

Tips Menghilangkan Jerawat Meradang

Siapa sih yang tidak mengenal  jerawat, bahkan hampir semua orang pernah panik karena jerawat. Jerawat datang pada wajah yang tidak pandang bulu cantik atau jelek bisa kena jerawat. Dan, jerawat ini salah satu masalah kulit yang bikin heboh banyak orang. Industri kecantikan sampai berlomba-lomba mengeluarkan prodak anti jerawat, mulai dari hanya obat oles, pembersih saja sampai serangkaian perawatan untuk special kulit berjerawat.

Lalu apa sih penyebab jerawat?

Banyak sekali info penyebab jerawat dari sisi kedokteran sampai sisi mitos yang meruak di masyarakat. Dari sisi kedokteran jewarat bisa disebabkan hormon yang berlebihan, jenis  kulit wajah yang sensitif, efek dari paparan debu yang tidak segera dibersihkan, efek kandungan kosmetik dll, sementara masyarakat umum ada yang menyebut jerawat karena  menahan rindu-belum kesampaian menikah (abaikan jika mitos ini tidak anda pahami hehehe).

Entahlah, namun banyak teman-teman yang sudah ke berbagai dokter specialis kulit tapi jerawat di wajahnya tidak juga lenyap hingga meninggalkan bekas yang merusak wajah. Nah, jerawat ini memang bermacam-macam jenisnya, ada yang menyerupai butiran kecil-kecil dan biasa disebut jerawat batu, ada yang besar-besar sampai seperti bisul kecil. Ada yang bekasnya hilang sendiri, tapi banyak juga yang meninggalkan jejak berupa lubang. Penderita jenis jerawat yang meninggalkan jejak lubang ini wajahnya bisa bopeng.

Dulu, saya punya sahabat yang menderita jerawat jenis  besar-besar jika pecah kulitnya seperti korengan –memerah , dari salon kecantikan-dokter specialis yang mahal didatangi namun seiring usia akhirnya jerawat di wajahnya hilang sendiri. Saat ini dia sudah berusia 35 tahun dan wajahnya mulus tanpa jerawat, hanya jejak kecil yang tidak terlalu berarti. Mungkin jenis jerawat seperti ini faktor hormon ya, sementara alm adik ipar saya –laki-laki menderita jerawat yang menyerupai bisul besar. Menyedihkannya meninggalkan jejak yang membuat wajahnya bopeng. Wajah tampanya sedikit tersamarkan karena bopeng. Untung, saat dia lulus SMA jerawat mengerikan itu lenyap.

Alm adik ipar saya sampai ke rumah sakit dan ditangani secara khusus karena kalau pecah jerawatnya yang besar  itu menyeramkan, mengeluarkan nanah dan darah. Kami tidak tahu juga itu jerawat karena faktor apa, dokter hanya menyebutkan darah kotor. Lalu saya sendiri sejak masa pubertas hingga  usia 20 tahun bersih dari jerawat, kalau teman-teman banyak yang mendadak jerawat saat menuju masa pubertas-saya tidak. Tapi… begitu saya bekerja dan harus make up, wussss…jerawat mendadak muncul.

Sedihnya munculnya meski 1-2 tapi besar dan kalau pecah berdarah, sakit. Keluarga saya menduga itu karena efek make up, tapi menghentikan total make up juga tidak mungkin karena kondisi pekerjaan. Akhirnya saya berobat dari yang hanya beli obat bebas, memakai jenis make up yang anti jerawat sampai perawatan dokter kulit. Tapi tetap jerawatan hingga meninggalkan bekas meski tidak parah, hanya beberapa saja. Namun anehnya begitu saya menikah semua jerawat itu bersih-sih sampai saat ketemu teman-teman mereka terheran-heran, secara tahun 2000 saya sampai beli cream senilai Rp.500.000.- jerawat tetap muncul. Mungkinkan ini yang disebut mitos jerawa karena belum kesampaian menikah hehehe.

Namun aneh, menjelang usia 35 tahun saya justru terkena jerawat yang kalau muncul disaat akan datang bulan. Bahas jerawat rasanya tidak ada habisnya ya, ada yang jerawat muncul disaat wanita hamil, ada lagi teman saya usia 35 tahun tetap saja wajahnya diserang jerawat. Tapi  bagaimana pun kejamnya jerawat dan kuatnya jerawat menyerang, kita wajib berusaha ya. Kalau saya sebenarnya lebih suka merawat kulit secara alami, terutama setelah menikah ini saya praktekan. Alhamdullilah meski kalau menjelang haid jerawat kadang datang, tidak terlalu mengganggu.

Perawatan alami ini bisa juga dipraktekan buat yang masih remaja ya, bisa juga buat kulit yang tidak berjerawat.

Madu & lemon

Madu ini mengandung antibiotik yang bisa meredakan jerawat yang meradang selain juga menghaluskan kulit. Sementara lemon  mengandung vitamin C yang tinggi sehingga efektif mengecilkan jerawat, kalau air lemon dioleskan ke wajah yang berkulit sensitif atau jerawat yang luka akan sangat perih karena itu saya mencampurkannya dengan madu.

Caranya:

  • 1 sendok madu asli
  • 1 sendok air perasan lemon
  • Campurkan lalu oleskan ke seluruh wajah kecuali bagian kelopak mata dan seputar bibir, biarkan 15 menit sambil relaksasi (saya suka sambil tiduran dan mendengarkan musik)
  • Setelah 15 menit basuh dengan air dingin (es) mengapa air es?  Karena es meningkatkan sirkulasi darah, membantu mengecilkan pori-pori wajah,  membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan kotoran pada kulit dan mengurangi minyak berlebih yang menumpuk di wajah.

Lakukan ini secara rutin setiap menjelang tidur, efeknya kulit akan halus-kenyal-lembut. Jerawat meradang cepat mengempis dan kering.

Selamat mencoba!

Image source: pixabay.com

Eni Martini

Ibu 3 anak, penulis novel fiksi, blogger dan owner bliblibuku.com

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Desain website yang menarik memang bikin pengunjung web jadi lebih betah sih, ya 😁 Makanya sebagian orang memilih untuk "bye-bye" saat berkunjung ke web yang desainnya "malesin" alias gak bikin pengunjung nyaman. Kalian gimana? 😀
.
.
.
#indoblognet #mbcommunication #desainweb #layout #website

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top