Menulis Yuk

Tips Menghemat LPG

Dicabutnya subsidi pemerintah pada LPG 12 kilogram sempat membuat kaum ibu menjerit. Meski bisa beralih ke tabung 3 kilogram yang masih bersubsidi sehingga harganya jauh lebih murah timbul kekhawatiran bagaimana jika kelak subsidi tersebut juga dicabut? Solusi terbaik adalah melakukan penghematan atau mengalihkan pilihan mengurangi pemakaian kompor gas. Benarkah kompor listrik lebih hemat? Jika kompor gas membutuhkan daya lebih besar maka biaya untuk menyalakan kompor listrik akan cukup mahal apalagi subsidi listrik untuk 1300 Va juga telah dicabut.

 

Siap-siap, Pertamina Bakal Luncurkan LPG 5,5 Kilogram

Foto dari CNN Indonesia

 

Solusi jitu lain adalah menghemat pemanfaatan LPG. Tips berikut ini mungkin dapat membantu ibu-ibu rumah tangga menghemat pemakaian LPG:

  1. Memasak dengan api sedang. Memasak menggunakan api sedang membantu mengurangi konsumsi LPG, masakan lebih cepat matang karena api merata hingga ke bagian dalam bahan yang dimasak dan tidak gosong
  2. Menggoreng dalam jumlah besar. Jika ingin menghemat LPG siapkan penggorengan sedang dengan minyak goreng secukupnya sehingga potongan tempe, tahu, ikan, ayam bisa digoreng bersama menurut jenisnya. Misalnya beberapa potong tahu dalam satu kali penggorengan. Jika menggoreng satu persatu potongan akan membutuhkan waktu lebih lama dan LPG lebih banyak.
  3. Mencoba lebih efisien dalam memasak. Jika merencanakan menu yang dikukus bisa memanfaatkan rice cooker/magic com atau periuk nasi ketika menanak nasi. Caranya dengan menempatkan wadah atau saringan tertentu ke dalam alat pemasak nasi sebagai tempat meletakkan bahan masakan yang akan dikukus seperti rolade, botok dan pepes dan dikukus bersama dengan menanak nasi sehingga tidak perlu dua kali memasak sehingga lebih hemat LPG.
  4. Memanfaatkan sisa minyak panas. Ketika selesai menggoreng dan kompor dimatikan wajan berisi minyak yang panas bisa membantu mematangkan gorengan khusus untuk bahan yang ringan misalnya seperti tempe yang diiris tipis atau krupuk cukup lumayan untuk menghemat LPG.
  5. Pasang timer. Salah satu pemborosan LPG adalah lupa mematikan kompor pada saat memasak sesuatu yang butuh waktu lama misalnya merebus air atau memasak nasi tim. Solusinya pasang timer untuk memperkirakan waktu masaknya air atau nasi, biasanya berkisar 20-30 menit. Pastikan kompor dimatikan tepat waktu dan tidak menyedot konsumsi LPG berlebihan.

Berhemat pemakaian LPG tidak berarti mengurangi acara masak memasak. Jitu mencari solusi untuk hemat energi tidak harus membuat keki. Selamat memasak menu kesayangan keluarga semoga tersaji menu bergizi.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • YouTube saat ini bisa jadi lahan yang mendatangkan penghasilan lumayan, lho. Makanya makin banyak nih para YouTuber yang bermunculan. YouTube juga bisa jadi sarana promosi yang kekinian bagi para marketer 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #youtube #youtuber #marketer #socialmedia #promotion

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top