Indo Blog Net

Kecantikan

9 Tips yang Terbukti Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

tips mengatasi rambut rontok secara alami

Anda tentunya sudah sangat familiar dengan kalimat “rambut adalah mahkota”. Hal ini memang benar adanya, sebab rambut yang sehat dan indah pasti akan membuat seseorang terlihat lebih menarik, bukan? Begitupun sebaliknya, saat rambut rusak dan tidak terawat hal ini otomatis mengurangi penampilan Anda. 

Maka dari itu sangatlah wajar saat banyak orang yang mendambakan rambutnya sehat dan indah. Namun, salah satu permasalahan rambut yang paling sering terjadi adalah rontok. Rambut yang rontok secara berlebihan membuat rambut menjadi tipis dan terlihat tidak sehat.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Tenang, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan rambut rontok, sebab di bawah ini akan diulas mengenai berbagai tips mengatasi rambut rontok secara alami. 

Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami, Terbukti Ampuh!

Tips berikut ini telah terbukti dapat membantu mengatasi rambut rontok secara alami. Bukan hanya bagi Anda yang mengalami masalah rambut rontok.

Baca juga: Cerita Tentang Rambut Seorang Aktor

Bagi Anda yang ingin mempunyai rambut lebih tebal dan sehat juga bisa menerapkan beberapa tips berikut ini. Karena tips-tips ini merupakan cara alami, maka Anda tidak perlu takut akan adanya efek samping. 

1. Memijat Kulit Kepala

memijat kulit kepala

Credit: huffpost.com

Tips pertama untuk mengatasi rambut rontok secara alami adalah dengan memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk memulihkan pertumbuhan rambut sehingga rambut jadi lebih tebal. Selain itu, rutin memijat kulit kepala juga bermanfaat untuk membantu meredakan stress dan membuat Anda lebih rileks. 

Sebaiknya lakukan pemijatan kulit kepala ini secara rutin beberapa hari sekali sebelum keramas. Gunakan minyak kelapa (extra virgin coconut oil/EVCO), minyak jojoba atau minyak argan saat memijat kulit kepala untuk hasil yang optimal. Pijat dengan lembut selama kurang lebih 5 menit hingga Anda merasa lebih rileks. 

2. Gunakan Lidah Buaya

lidah buaya

Credit: herzindagi.com

Bahan alami yang satu ini memang telah lama populer untuk mengatasi rambut rontok. Lidah buaya tak hanya dapat membantu mengatasi rambut rontok, tapi juga mempunyai efek menenangkan kulit kepala, mengurangi ketombe, serta membuka folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih di kulit kepala.

Rutin menggunakan lidah buaya akan membuat rambut Anda lebih sehat dan terawat. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya setiap sebelum keramas ke kulit kepala. Atau jika ingin cara yang lebih praktis, gunakan sampo dan kondisioner alami yang mengandung lidah buaya. 

3. Menggunakan Minyak Kelapa

minyak kelapa

Credit: healthline.com

Sama halnya dengan lidah buaya, sejak dahulu minyak kelapa telah banyak digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kilau rambut. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menutrisi batang rambut agar tumbuh lebih sehat. 

Sebaiknya gunakan minyak kelapa jenis extra virgin coconut oil (EVCO), bukan minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak agar hasilnya lebih optimal.

Baca juga: Tutorial Makeup Natural Ala Cewek Korea Anti Ribet

Gunakan minyak kelapa setiap sebelum keramas sambil dipijat-pijat ke kulit kepala. Jika rambut Anda cenderung berminyak sebaiknya campur minyak kelapa dengan minyak jojoba agar tidak menimbulkan efek berminyak setelah keramas. 

4. Konsumsi Minyak Ikan

minyak ikan

Credit: alleyesonrockville.com

Mengonsumsi minyak ikan secara rutin juga merupakan salah satu tips mengatasi rambut rontok secara alami. Sebab minyak ikan ini mengandung asam lemak omega yang dapat membantu memperbaiki permasalahan rambut dari dalam tubuh.

Asam lemak omega mengandung nutrisi dan protein yang membantu meningkatkan ketebalan rambut dan mengurangi kerontokan rambut.

Selain itu, asam lemak omega juga bisa membantu agar sel-sel tubuh berfungsi dengan baik dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga secara keseluruhan kesehatan jadi lebih baik. Saat tubuh lebih sehat rambut pun akan lebih sehat. 

5. Konsumsi Ginseng

ginseng untuk rambut rontok

Credit: quora.com

Anda bisa mengonsumsinya sebagai suplemen atau menggunakan minyak ginseng untuk memijat kulit kepala setiap sebelum keramas. Ginseng bermanfaat untuk meningkatkan sel-sel dermal di kulit kepala yang pada akhirnya dapat memperkuat folikel dan akar rambut. 

Selain itu, kandungan ginsenoside dalam ginseng berfungsi untuk membantu menyehatkan akar. Hal ini tidak hanya mendorong pertumbuhan rambut baru tetapi juga mencegah penipisan dan kerusakan rambut.

6. Gunakan Bawang Bombay

bawang untuk rambut rontok

Meski bagi sebagian orang baunya kurang sedap, namun khasiatnya terbukti dapat membantu mengatasi kebotakan rambut dengan meningkatkan pertumbuhan rambut. Bawang bombay juga dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah di kepala sehingga rambut tumbuh lebih sehat.

Untuk menggunakannya, Anda dapat memblender bawang bombay atau dihancurkan hingga lembut, kemudian ambil sarinya. Lalu oleskan sarinya ke kulit kepala setiap sebelum keramas. 

7. Gunakan Minyak Rosemary

minyak roemary untuk rambut rontok

Credit: drseeds.com

Rosemary merupakan minyak esensial yang paling populer digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Minyak rosemary ini berfungsi merangsang pertumbuhan rambut sehingga dapat digunakan untuk mengobati kebotakan rambut.

Jangan lupa campurkan minyak rosemary dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa atau minyak jojoba sebelum dioleskan ke kulit kepala. Gunakan minyak ini setiap sebelum keramas dan pijat kulit kepala agar minyak terserap optimal. Selain itu Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam sampo. 

8. Gunakan Minyak Geranium

minya geranium untuk rambut rontok

Credit: express.co.uk

Selain minyak rosemary, menggunakan minyak geranium juga termasuk salah satu tips mengatasi rambut rontok secara alami. Minyak geranium ini bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi aliran darah di kepala. Dengan rutin menggunakannya, Anda akan memperoleh rambut yang lebihg kuat, lembab, dan terawat.

Cara penggunaannya sama dengan minyak rosemary, Anda dapat mencampurnya dengan minyak kelapa atau minyak jojoba kemudian oleskan ke kulit kepala setiap sebelum keramas. 

9. Menggunakan Lemon

tips mengatasi rambut rontok secara alami

Credit: mindbodygreen.com

Anda dapat menggunakan lemon segar, caranya peras airnya dan oleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Lakukan hal ini setiap sebelum keramas. Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak kelapa atau minyak jojoba jika mau.

Ingin cara yang lebih praktis? Gunakan saja minyak lemon (lemon essential oil) yang dicampur dengan minyak kelapa atau minyak jojoba. Oleskan setiap sebelum keramas.

Lemon ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, serta meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Tak hanya itu, bonusnya lemon juga memiliki aroma harum yang akan membuat kulit kepala bebas dari bau tak sedap.

Demikian beberapa tips mengatasi rambut rontok secara alami yang layak Anda coba. Jangan lupa untuk melakukannya dengan rutin dan bersabar.

Sebab cara-cara alami di atas tidak akan bekerja secara instan. Anda baru akan melihat hasilnya setelah beberapa minggu. Tapi percayalah tips-tips ini sangat worth it untuk dilakukan 🙂 Selamat mencoba!

Sumber referensi utama: healthline.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top