Menulis Yuk

Tips Mengatasi Anak Muntah

Orang tua mana yang tidak panik ketika sang buah hati tiba-tiba muntah tanpa sebab sebelumnya. Muntah sebenarnya merupakan mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan zat asing di dalam kerongkongan atau pencernaan. Ketika tubuh terutama bagian pencernaan merasa ada sesuatu yang aneh dan tidak biasa maka otomatis lambung akan bereaksi mengeluarkan isi lambung dengan tujuan menetralisir. Zat asing yang mengganggu pencernaan tidak selalu makanan atau minuman. Kondisi tubuh yang berubah tiba-tiba seperti meningkatnya asam lambung dapat menyebabkan muntah. Muntah juga merupakan gejala penyakit tertentu.

      Jika mengatasi luka luar diperlukan kotak P3K untuk pertolongan pertama pada kecelakaan. Maka untuk mengatasi muntah diperlukan tips-tips tertentu yang diharapkan dapat membantu menghentikan muntah pada anak dan membuat si penderita merasa nyaman dan bisa kembali sehat. Beberapa tips dan tindakan ketika menghadapi anak muntah adalah:

  1. Memberikan air seduhan madu dan air hangat. Madu merupakan antitoksin alami. Madu aman dikonsumsi siapa saja. Seduhan air hangat dengan madu asli dapat membantu menjaga stamina. Anak yang muntah rawan dehidrasi sehingga harus sering mengkonsumsi air untuk mencegah dehidrasi.
  2. Mengenakan pakaian longgar. Pakaian yang terlalu sempit baik di bagian pinggang maupun leher dapat menyebabkan rasa tak nyaman. Baju longgar dan menyerap keringat seperti kaos longgar membantu anak merasa lebih nyaman
  3. Memperdengarkan sesuatu yang menyenangkan. Kondisi psikologis dapat menjadi penyebab penyakit pada raga. Lantunan ayat suci, musik religi atau musik yang tenang akan membantu anak merasa rileks.
  4. Memanfaatkan aromatherapy. Menciptakan suasana nyaman bisa dibantu dengan aromatherapy. Lilin beraromatherapy atau bau kulit jeruk yang baru dikupas menciptakan aroma alami yang diharapkan dapat mengatasi rasa mual.
  5. Mengkondisikan tubuh agar terasa lebih nyaman. Mengoleskan minyak gosok beraromatherapy dan membantu peredaran darah lebih lancar serta menghangatkan badan dapat membantu tubuh lebih rileks dan tidak mudah lelah.

Perlu diwaspadai jika muntah tidak segera berhenti. Muntah yang disertai sakit hebat di daerah perut, muntah disertai diare, muntah dengan warna cairan yang berbeda, serta kondisi anak yang lemas dan tatapan mata yang mulai kosong adalah tanda-tanda bahaya. Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai Mitra Blogger dan Netizen Bekasi!  Yang suka jalan2 dan tertarik mengabadikan perjalananmu dalam visual foto yang menarik ! Kayaknya sayang banget melewatkan kesempatan ini.  Ngelmu foto bersama Polytron Prime 7 dan  travel blogger keren Ashari Yudha @catatanbackpacker

Gratis loh, plus berkesempatan ikutan lomba IG berhadiah merchandise dan lomba blog berhadiah uang tunai. 
Kesempatan terbatas!!! Buruan daftar ya >> bit.ly/PolytronBekasi

Info lebih lanjut hubungi @miramiut : 0858 8335512

Ditunggu pendaftaran paling lambat Minggu, 17 Desember 2017, pukul 12:00 Wib.

#Breakresistant
#Prime7
#ARSC #smartphonepolytron

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top