Indo Blog Net

Parenting

3 Tips Mendidik Anak yang Memberi Pengaruh Besar dalam Keluarga

Tips mendidik anak di rumah

Kita tentu ingin anak-anak berperlaku baik. Berikut tips mendidik anak yang bisa membuatnya bersikap baik dalam keluarga maupun sosialnya.

Bagikan Jika Bermanfaat

Banyak orang yang bertanya apa pentingnya belajar parenting dan mengikuti seminar parenting. Untuk itulah seorang Ihsan Baihaqi didatangkan jauh-jauh ke Pontianak dalam sebuah seminar Parenting yang berlokasi di salah satu Hotel di Pontianak. Pria yang akrab disapa Abah Ihsan tersebut membagikan ilmunya dalam seminar yang diadakan oleh Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Deninteldam PD XII/Tanjungpura.

Belajar Parenting Bersama Abah Ihsan

Acara yang berlangsung pada Kamis (2/5/2019) itu mengusung tema “Membentuk Ketahanan Keluarga Menuju Ketahanan Bangsa”. Pada kesempatan tersebut Abah Ihsan lebih banyak menjelaskan tentang bagaimana kita selaku orang tua memberikan pendidikan yang baik pada anak. Sebab setiap anak sejatinya terlahir dalam keadaan mencintai kebaikan.

Mendidik Anak ala Abah Ihsan

Soal kenapa kita perlu belajar parenting, Abah Ihsan menyebut agar kita dapat melatih anak meninggalkan kita dan sebaliknya. Sebab keluarga merupakan tempat pertama bagi anak-anak mempelajari banyak hal. Termasuk bagimana bergaul dan bersikap di masyarakat.

Tips Mendidik Anak ala Abah Ihsan

Ada banyak hal yang disampaikan oleh Abah Ihsan dalam seminar yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut. Namun beliau lebih menekankan pada peran orang tua yang memiliki peranan sangat penting dalam pendidikan anak.

Berikut 3 tips mendidik anak yang dapat memberikan pengaruh besar dalam keluarga menurut Abah Ihsan.

Orang Tua Harus Memiliki Skill

Kembali pada pertanyaan di awal, “kenapa kita harus belajar parenting, sementara orang tua kita dulu tidak mempelajari ini tapi bisa mendidik anak-anak mereka?” Abah Ihsan menggambarkan jika dulu di era 60-an hingga 80-an, para orang tua tidak memiliki pesaing (kompetitor) dalam mendidik anak-anak mereka. Sehingga anak lebih mudah untuk dinasehati dan diarahkan.

Itu tentu sangat berbeda dengan saat ini. Di mana orang tua sudah memiliki banyak sekali kompetitor yang dapat menarik perhatian anak. Memberikan banyak pengaruh yang bisa membuat anak tidak mau mendengarkan orang tua mereka. Apalagi ditambah dengan pengaruh gadget.

“Kalau kita tidak bisa mengurus anak dengan baik, anak akan diurus oleh internet.”

Hal tersebut diucapkan beliau kerena menilai saat ini banyak orang tua dengan mudah memberikan gadget pada anak. Namun memiliki sangat sedikit sekali waktu untuk bersama dengan anak-anak mereka. Sehingga tanpa sadar banyak orang tua yang membiarkan kompetitor mereka (internet, sosial media, games, dan lain-lain) masuk hingga ke dalam kamar anak. Sehingga membuat orang tua kurang mengawasi anak-anak mereka.

Maka dari itu orang tua perlu banyak belajar bagaimana cara mendidik anak, belajar untuk dekat dengan mereka dan menjadi orang yang mereka percayai. Dengan begitu orang tua bisa lebih memahami anak mereka, dan anak-anak pun lebih bisa terbuka pada orang tua mereka.

Memiliki Waktu Bersama Anak

Selain dituntut memiliki skill dalam mendidik anak di rumah, orang tua juga harus memiliki waktu lebih untuk bersama anak. Abah Ihsan menyebut yang dimaksud bersama anak di sini bukan sekedar bersama anak di rumah, tapi lebih kepada menemani mereka tanpa diganggu oleh kesibukan lainnya. Bermain bersama, ngobrol, dan lain-lain.

Banyak orang tua yang merasa sudah meluangkan waktu untuk anak mereka, tapi tidak banyak orang tua yang benar-benar bersama anak mereka. Memberikan lebih banyak waktu bersama anak tanpa menyibukkan diri dengan hal-hal lain akan memberikan peluang bagi orang tua dan anak untuk saling berbagi banyak hal.

Memilihkan Lingkungan Bergaul Anak

Lebih lanjut Abah Ihsan pun menyebut kalau orang tua juga memiliki peran dalam memilihkan lingkungan bergaul bagi anak-anak mereka. Sebab lingkungan pergaulan juga sangat berpengaruh dalam membentuk karakter serta perilaku sang anak.

Menerapkan tiga tips sederhana ala Abah Ihsan tersebut dapat membuat anak terhindar untuk tumbuh sebagai “anak bermasalah”. Sebab menuut Abah Ihsan banyak anak yang bermasalah justru karena orang tua mereka sendiri. Orang tua jarang berkomunikasi dengan anak, hingga anak lebih memilih untuk bercerita dan mencari perhatian kepada orang lain.

Mari kita jadi orang tua yang baik untuk anak dengan menerapkan tips dari Abah Ihsan tersebut sejak dini kepada anak-anak kita di rumah. Sehingga anak-anak bisa tumbuh sesuai dengan yang kita harapkan. Semua dimulai oleh kita selaku orang tua.

Follow me

Bahrul Ilmi

Content Writer at Content Writer Pontianak
Penulis konten Pontianak yang senang menulis tentang teknologi, gadget, review dan berita. Menulis konten sejak 2013. Bagian dari 4 SEO Pontianak.
Bahrul Ilmi
Follow me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • 7 Blogging Myths That Will Prevent You From Success 🤑
.
To save you some trouble, here’s a list of common BLOGGING MYTHS that you should be aware of:
.
Myth #1 – It’s Easy to Make Money Blogging
.
For you to make money blogging, you’ll need to grow your reputation on social media, write consistently, implement SEO, and figure out new marketing strategies to get traffic on your blog 🤓
.
Myth #2 – You need high traffic to make blog income
.
You can have a low TRAFFIC blog that earns just as much income as a high traffic blog
.
Maybe not ad income but certainly product and service income 😉
.
Myth #3 – You need to post everyday
.
It’s actually better to post every few days or once a week because you’ll have more time to write HIGH-QUALITY, in-depth articles — something your readers will appreciate very much
.
Myth #4 – Blogging is a competition
.
Yes, it’s good to become the top authority in your niche but you won’t be able to do that without the support from other bloggers 😘
.
Myth #5 – Blogging is Expensive
.
Blogging is much more of a TIME INVESTMENT then a monetary investment
.
Some people think they have to pay much to get someone to design their blog but the truth is it’s easy to create a blog yourself 😍
.
Myth #6 – You need to be on all social media platforms
.
You should decide which platforms you love the most and do the most for your blog and stick to them!
.
Myth #7 – Just write and readers will come
.
It’s not enough to just write content. You have the duty as a blogger to figure out different ways to generate traffic on your blog 🚦🚦
.
Credit: aspiringbloggers.com
.
#mbcsosmedcontent #mbcommunication #indoblognet #brandingagency #digitalagency #marketingagency #digitalmarketing #digitalbranding #digitalpromotion #jasaseo #seocoaching

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top