Gaya Hidup

Tips Mencegah & Mengatasi Kulit Terbakar Akibat Aktivitas Luar Ruangan

Anda kerap melakukan aktivitas di luar ruangan? Entah olahraga atau justru karena pekerjaan? Jika ya maka Anda harus lebih memperhatikan kulit Anda. Sebab aktifitas diluar ruangan membuat kulit anda terpapar sinar matahari. Tak hanya menjadkan kulit lebih gelap, sinar matahari juga menjadi sebab kulit terbakar dan iritasi.

Pencegahan

Untuk mencegah kulit Anda terbakar sinar matahari, ada baiknya Anda gunakan sun block tiga puluh menit sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan. Bila dirasa tempatnya terlalu terbuka dengan suhu yang ekstrem pula, semisal pantai, oleskan sun block kembali satu jam kemudian. Atau jika ada indikasi bahwa kulit Anda membutuhkan perhatian dengan munculnya rasa terbakar. Namun lebih baik lagi jika Anda mengoleskan sun block sebelum kondisi semacam itu terjadi. Telat mengantisipasi bukan tidak mungkin Anda mengorbankan kecantikan kulit Anda sendiri.

Yang kedua, gunakan perlindungan ekstra dengan mengenakan baju panjang, penutup kepala atau topi, dan kacamata. Penggunaan ketiganya bermanfaat untuk mengurangi dampak buruk sinar matahari.

Cara Mengatasi Kulit yang Terbakar

Bila kulit sudah terlanjur terbakar, sebaiknya dinginkan suhu tubuh Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan air dingin atau air es. Celupkan kain dan usapkan pada bagian yang terbakar dengan lembut. Jika area yang terbakar cukup luas, berendam atau mandilah dengan air dingin biasa selama 15-20 menit. Cukup berendam saja, tak perlu memakai sabun atau scrub karena akan memperparah luka Anda. Cara lainnya adalah menggunakan lidah buaya. Ambil sepotong dan oleskan pada bagian yang kulit yang iritasi. Kandungan licodaine dalam tanaman ini ampuh untuk mengurangi efek terbakar sinar matahari.

Baru setelah itu ambil lotion after sun dan oleskan pada kulit Anda. Biarkan sampai lotion meresap dan kondisi kulit Anda netral kembali. Tunggulah barang setengah jam, baru kemudian Anda mandi. Bersihkan sisa lotion yang masih menempel di kulit Anda, baru setelah itu untuk mengembalikan kelembaban tubuh Anda olesi seluruh tubuh menggunakan hand body lotion. Jika dirasa kulit terasa panas oleskan kembali lotion after sun. Setelah itu baru oleskan hand body lotion.

Cara lainnya dengan menuangkan air ke atas oatmeal hingga encer. Dinginkan dalam lemari es kurang lebih 1-2 jam. Oleskan pada bagian kulit yang terluka bakar, diamkan beberapa saat hingga kering. Baru kemudian bilas dengan air dingin perlahan. Hati-hati, jangan terlampau keras. Karena sifat oatmeal yang mampu mengeksfoliasi kulit, jika Anda menggosoknya maka akan memperparah lukanya. Jika areanya tak terlalu luas, cukup bungkus oatmeal dengan perban dan rendam dalam air dingin selama beberapa menit. Setelah itu gunakan untuk kompres.

Agar kulit yang terbakar tadi tidak menimbulkan bekas, bisa digunakan cara-cara alami seperti berikut ini:

1. Menggunakan campuran madu dan lemon

Digunakan sejak jaman Mesir kuno untuk mengatasi kulit terbakar, madu memiliki efek baik dalam proses penyembuhan luka dan membantu pertumbuhan sel-sel epitel yang baru. Sementara lemon mengandung anti inflamasi (anti peradangan) serta antioksidan tinggi. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian kulit yang terluka bakar. Lakukan hingga beberapa hari, hingga kulit normal seperti sedia kala.

2. Susu dan kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan sangat baik jika digunakan untuk membantu mengurangi sakit serta peradangan pada kulit yang melepuh akibat terpapar sinar matahari.
Campurkan bubuk kunyit dengan susu murni. Aduklah, dan gunakan pastanya untuk scrub. Diamkan selama setengah jam dan gosok perlahan setelah kering. Biarkan beberapa saat baru kemudian bilas dengan air bersih.

3. Tomat

Oleskan pasta tomat pada bagian yang kulit yang terbakar. Biarkan selama dua puluh menit, baru kemudian basuh dengan air dingin. Lakukan secara teratur, sebab kandungan lycopene pada tomat baik untuk membantu memulihkan kulit yang terbakar tersebut.

4. Kentang

Kentang mentah membantu mendinginkan kulit teriritasi akibat paparan sinar matahari sekaligus mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan. Caranya cuci tomat dalam air mengalir, bersihkan kulitnya, dan potong-potong. Baru kemudian masukkan dalam blender hingga tomat menjadi pasta. Taruh pasta kentang dalam mangkuk dan oleskan pada kulit yang terbakar. Tunggu hingga kering sendiri, lalu bilas dengan air.

.

Image source: pexels.com

 

afin yulia

Afin Yulia
Blogger, crafter, writer
Penulis novel Sweet Sour Love, From Spring to Winter

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger Lampung  siap meriahkan "promosi" Superkids Colouring Competition dan Seminar Kesehatan Anak Bersama K-Link Indonesia.  #Repost @klink_indonesia_official (@get_repost)
・・・
Hai Mitra K-LINK! 
Kabar gembira untuk putra-putri Anda! 
K-Link Indonesia mengadakan “Super Kids Coloring Competition dan Seminar Kesehatan Anak Bersama K-LINK”

Kini saatnya anak Anda mengasah daya kreativitasnya dalam lomba mewarnai yang sangat menyenangkan ini

Yuk, catat waktu dan tempat acaranya di Gedung Wanita (Persit) Bandar Lampung pada hari Senin, 20 November 2017 jam 07.00 WIB

Jangan sampai putra-putri Anda melewatkan acara edukatif ini. Siapa tahu anak Anda menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah menarik, seperti: 
Juara 1 : Uang tunai Rp.750.000,- Goodie bag senilai Rp.350.000,- Trophy + Sertifikat

Juara 2 : Uang tunai Rp.500.000,- Goodie bag senilai Rp250.000,- Trophy + Sertifikat

Juara 3 : Uang tunai Rp.250.000,- Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat .
.
Harapan 1 : Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat

Harapan 2	: Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat

Mau? Caranya gampang banget! 
Biaya Pendaftaran: Rp.50.000 (termasuk 1 botol K-Kids, Seminar kesehatan anak, Trophy, Goodie Bag & Lucky Draw) 
Kategori: 
A. Pra Tk-Tk 
B. Kelas 1-3 SD .
.
Syarat & Ketentuan: *Peserta wajib membawa sendiri alat mewarnai dan meja lipat
*Peserta hadir 30 menit lebih awal sebelum acara dimulai
*Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 
Customer Service di kantor pusat  021.290.27.000 (bicara dengan bagian CS / Product Departemen)

Yuk, ajak anak Anda berpartisipasi dalam lomba mewarnai persembahan dari K-Link Indonesia.

#klink #klinkindonesia #klinksolusihidupmu✔️ #member15olusi #klinkmember15olusi

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top