Hobi

Tips Mencari Penghasilan Tambahan Bagi Ibu Rumahan

Memilih menjadi ibu rumahan sepenuhnya atau turut membantu suami mencari nafkah di luar rumah seringkali menjadi dilema bagi seorang wanita terutama jika telah memiliki buah hati. Tak dapat dipungkiri biaya hidup membubung tinggi sementara penghasilan rumah tangga tidak mengalami kenaikan signifikan. Namun jika jeli memanfaatkan barang-barang di rumah, menelusuri bakat, minat dan kemampuan mencari nafkah meski hanya tinggal di rumah.

Work at home tidak mustahil dilakukan wanita-wanita Indonesia. Bahkan jika pandai mengoptimalkan upaya hasil yang diperoleh bisa melebihi karyawati dengan gaji tetap setiap bulan. Beberapa cara mencari nafkah meski menghabiskan sebagian besar waktu di rumah antara lain:

  1. Mengoptimalkan hobi memasak. Membuat aneka kue yang lezat dan mudah cara memasaknya tidak hanya dilakukan untuk mencukupi gizi keluarga. Kue-kue kecil sering dibutuhkan untuk segala keperluan. Pilih memasak kue yang tidak mudah basi lalu dititipkan di toko makanan atau warung-warung terdekat.  IMG_4843
  2. Memanfaatkan barang bekas. Koran dan majalah bekas bisa disulap menjadi uang karena harganya cukup lumayan jika dikilokan. Bagi yang rajin memanfaatkan barang bekas dan senang berprakarya bisa membuat kliping dengan tema tertentu misalnya tema resep masakan, fiksi dan puisi, artikel kesehatan. Kelak kliping tersebut bisa dijual jika ada yang membutuhkan.
  3. Mengoptimalkan hobi menulis. Punya bakat menulis? Menulis adalah salah satu hobi yang menghasilkan pundi-pundi. Bagi yang suka menulis cerita fiksi dan puisi bisa mengirimkannya ke majalah dan koran. Honorariumnya lumayan. Lebih senang menulis gaya suka-suka? Bisa fokus ke dunia blogger lalu serius menekuni advertising atau review produk. Fee dari mereview produk atau penghasilan dari pemasangan iklan di blog mendatangkan pendapatan hingga jutaan rupiah per bulan. Penulis yang mampu menulis secara detail bisa menyusun novel dan dikirimkan ke penerbit. Jangan sepelekan menulis status facebook atau posting twitter. Seringkali sebuah tulisan panjang, artikel atau cerpen terinspirasi dari postingan sosial media yang ditulis melalui perenungan.
  4. Rajin mengikuti survey online. Beberapa situs survey online menawarkan poin untuk anggotanya yang rajin menyelesaikan survey yang dikirim melalui email. Poin tersebut bisa ditukar dengan pulsa atau voucher belanja. Lumayan membantu penghematan.
  5. Rajin mengikuti lomba di dunia maya. Maraknya sosial media membuka peluang bagi fanpage yang mewakili produk tertentu untuk keperluan promosi. Tak jarang fanpage-fanpage tersebut mengadalan kuis dan lomba dengan hadiah beragam mulai dari pulsa, voucher belanja, produk hingga uang tunai dan gadget. Kuis yang diadakan juga bervariasi mulai dari lomba foto hingga lomba menulis, lomba pantun hinggakuis  trivia.

Banyak jalan menuju Roma, banyak cara mendapatkan penghasilan meski tinggal di rumah. Tidak membutuhkan modal besar namun tekad dan niat yang kuat agar tak lelah dalam berupaya.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regrann from @es_pania -  Hallo, Selamat sore, Guys.. Sekarang lagi ramai kan di jagat maya tentang pro dan kontra film My Generation. Padahal ya, film ini bagus dan layak untuk ditonton kok, banyak pesan moral yang disampaikan oleh Mba @upirocks melalui film ini.

Kisah persahabatan mereka itu luar biasa. Saling mendukung dan mensupport untuk bangkit ketika di antara mereka itu ada masalah dan terpuruk. Yang mengharu biru itu, ketika mereka menyadari kesalahan mereka selama ini, meminta maaf ke orang tua, dan orang tua mau mengerti apa yang mereka inginkan. Buatku, ini luar biasa.

Film ini layak banget ditonton dan dengan pikiran terbuka. Tentang permasalahan kids zaman now, karena yang mereka butuhkan bukan cuma sekedar materi, menjadi orang sukses atau memiliki prestasi yang keren di sekolah.

Tapi, mereka perlu pengakuan dan 'dianggap' serta diajak komunikasi dua arah. Yupz.. karena mereka sangat kritis. Dan yang lebih menohoknya, bukankah kids zaman now itu juha didikan kidz zaman old?

So, film ini sangat patut ditonton. Apalagi kalau nontonya di CGV Cinemas @cgv.id kayak saya.

Karena nonton di CGV Cinemas, saya dapat cash back Rp 1.000.000

Makanya, buruan datang ke CGV dan nonton Film @mygenerationfilm produksi @ifisinema dan menangkan hadiahnya.

#mygenerationfilm
#filmmygeneration
#cgvcinemas
#ritasupermallpwt
#cgv
#MyGenerationCGV50juta 
#ifisinema 
#upirocks 
#movie 
#filmindonesia
#kidszamannow
#fff

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top