Indo Blog Net

Tips rumah

9 Tips Mudah Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Rapi

menata rumah kecil agar terlihat luas

Bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan padat penduduk tentunya tidak mudah untuk bisa mendapatkan hunian yang luas dan dengan harga yang terjangkau. Akhirnya menempati rumah berukuran kecil seringkali menjadi solusi permasalahan tempat tinggal. 

Namun sebenarnya menghuni rumah berukuran kecil ini tidak jadi masalah, lho. Rumah berukuran kecil juga tetap bisa membuat Anda dan keluarga merasa nyaman dan betah.

Caranya? Tentu saja dengan penataan yang tepat dan cermat. Jangan khawatir, di bawah ini akan diulas beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan untuk menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi.

9 Tips Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas & Rapi

Meski rumah berukuran kecil, jika ditata dengan baik maka akan terasa nyaman dan membuat Anda betah. Agar rumah kecil tidak terlalu terasa sempit dan sesak, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut sehingga rumah terlihat lebih luas dan terasa lapang.

Tak hanya itu, tips-tips ini juga membantu menata rumah kecil Anda agar terlihat rapi sehingga lebih nyaman dihuni.

1. Pilih furnitur dengan bijak

Tips pertama untuk menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi adalah memilih furnitur dengan bijak. Terlalu banyak furnitur pada rumah kecil akan membuat ruangan tampak sesak dan berantakan.

Jadi, pilih furnitur yang benar-benar dibutuhkan agar Anda dapat menata rumah dengan lebih efektif dan efisien. 

Terlalu banyak furnitur juga akan membuat Anda kewalahan saat merapikan dan membersihkannya, bukan? Sebaiknya hindari memilih furnitur dengan tampilan yang tebal atau bentuk bulat. Keduanya dapat membuat ruangan tampak penuh dan sempit. Dan selaraskan warna furnitur dengan dinding ruangan. Sebab penggunaan banyak warna akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

2. Gunakan furnitur multifungsi

Menggunakan furnitur multifungsi adalah salah satu solusi dalam menata dekorasi rumah kecil agar terlihat luas dan rapi. Sebab furnitur multifungsi ini dapat menghemat ruang pada rumah kecil Anda.

Saat ini di pasaran tersedia aneka furnitur multifungsi dengan berbagai variasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Misalnya, Anda bisa menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi dibanding menggunakan meja dan lemari kecil secara terpisah. Anda juga bisa membeli tempat tidur yang memiliki laci di bagian bawahnya.

Ada juga meja kantor yang terdapat lemari penyimpanan layaknya meja belajar anak. Untuk sofa Anda bisa gunakan sofabed dibanding sofa biasa, jadi Anda dapat menggunakannya untuk tidur di malam hari. 

3. Hindari meletakkan furnitur menempel di dinding

Pengaturan letak furnitur juga perlu diperhatikan dalam menata rumah kecil agar terlihat luas. Meletakkan furnitur menempel pada dinding dapat membuat ruangan tampak sempit, lho. Usahakan agar ada ruang antara furnitur dengan dinding, atau letakkan furnitur di tengah ruang agar ruangan terlihat lebih lapang dari yang sebenarnya.

Dengan meletakkan furnitur di tengah ruang atau memberi jarak antara furnitur dengan dinding juga akan memudahkan Anda saat membersihkan rumah. Meletakkan furnitur seperti lemari, meja, atau kursi menempel pada dinding akan membuat area pinggir lantai dan belakang furnitur jadi sulit dibersihkan. 

4. Gunakan warna cerah untuk dinding

menata rumah kecil agar terlihat luas

Tips berikutnya dalam menata rumah kecil agar terlihat luas yaitu dengan menggunakan warna cerah pada dinding ruangan. Cat dinding berwarna gelap bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit, sebab warna gelap akan menyerap cahaya.

Sedangkan warna-warna cerah justru dapat memantulkan cahaya yang membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang.

Jadi pilihlah cat dinding berwarna cerah untuk rumah kecil Anda. Anda bisa menggunakan warna putih, kuning muda, krem, atau biru muda. Tak hanya untuk dinding, hal ini berlaku pula untuk pemilihan ubin atau warna lantai. 

Akan lebih bagus jika diterapkan tema monokromatik untuk warna ruangan. Yaitu dengan menggunakan warna yang senada untuk cat dinding, furnitur, ubin, hingga dekorasi ruang. 

5. Gunakan jendela yang besar

Menggunakan jendela yang besar berfungsi untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan. Ruangan dengan jendela besar akan menjadi lebih terang terkena cahaya matahari sehingga rumah Anda terlihat lebih luas dan terbuka.

Sebaiknya pilih menggunakan satu jendela berukuran besar dibanding beberapa jendela namun berukuran kecil. 

6. Membuat ruangan multifungsi

Dalam menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi, Anda juga bisa membuat ruangan yang multifungsi. Hal ini akan menghemat ruang dan membuat rumah Anda jadi terasa lebih lapang.

Misalnya, Anda dapat menggabungkan ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan ruang makan, ataupun ruang makan dengan ruang dapur.

7. Ganti pintu ruangan dengan partisi

menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi

Credit: dekoruma.com

Minimalkan penggunaan pintu yang memisahkan antar satu ruang dengan ruang lainnya. Misalnya, jika ruang makan dan ruang keluarga dipisahkan dengan pintu, maka Anda bisa melepas pintu tersebut dan menggantinya dengan partisi alias sekat ruangan. Hal ini akan membuat rumah kecil Anda jadi tampak lebih lapang.

Baca juga: Tips Memilih Partisi Rumah Minimalis Agar Ruangan Tampak Lebih Luas

Akan lebih bagus lagi jika partisi yang Anda gunakan juga bersifat multifungsi, misalnya dengan menggunakan rak buku atau vertical garden. Rak buku bisa dimanfaatkan sebagai partisi sekaligus juga berfungsi untuk menyimpan buku-buku serta barang-barang lainnya supaya tidak tercecer berantakan. 

Begitupun dengan vertical garden, selain sebagai partisi juga berfungsi untuk membuat ruangan jadi lebih segar dan indah, bukan? Jika tidak ingin menggunakan partisi, Anda bisa juga menggunakan pintu geser yang terbuat dari kaca. Ini akan membuat rumah terlihat lebih luas, lho.  

8. Manfaatkan cermin

Cara yang satu ini juga bisa Anda terapkan dalam menata rumah kecil agar terlihat luas. Memasang cermin pada dinding ruangan akan menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Anda bisa gunakan cermin dengan ukuran cukup besar atau beberapa cermin berukuran sedang pada satu ruangan. 

Selain dapat membuat ruangan terkesan lebih luas, cermin juga bisa dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah, lho. Misalnya dengan memilih jenis cermin anyaman.

Cermin anyaman akan memberi sentuhan etnik pada rumah kecil Anda tanpa menghilangkan nuansa minimalis. Di pasaran terdapat berbagai model cermin anyaman yang siap membuat rumah Anda lebih indah. 

9. Simpan barang pada tempatnya

Tips terakhir dalam menata rumah kecil agar terlihat luas dan rapi yaitu dengan membiasakan untuk menyimpan atau menaruh barang pada tempatnya. Rumah yang berantakan tentunya tidak menarik untuk dilihat. Barang-barang yang berserakan dimana-mana juga dapat membuat rumah kecil Anda tampak lebih penuh dan sesak.

Tak hanya itu, rumah yang berantakan pastinya akan mengurangi kenyamanan Anda dan lebih menyulitkan saat Anda membersihkannya, bukan?

Anda juga bisa mulai menata rumah dengan mengatur dekorasi ruang keluarga terlebih dahulu. Menempatkan barang-barang yang sebaiknya ada di ruang keluarga sehingga tampak menarik dan rapi.

Nah, itulah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk menata rumah kecil Anda agar terlihat luas dan rapi. Dengan begitu Anda dan keluarga tentu akan lebih nyaman di rumah. Anda punya tips lainnya untuk dibagikan? Yuk, tulis di kolom komentar di bawah ini. Selamat menata rumah impian Anda 🙂

Credit photo: idea.grid.id

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top
$(".comment-click-14386").on("click", function(){ $(".com-click-id-14386").show(); $(".disqus-thread-14386").show(); $(".com-but-14386").hide(); }); // Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });