Gaya Hidup

Tips Menabung Agar Tidak Buntung

tips menabung

Bang bing bung yuk kita bank.. masih ingat duo bocah yang ngajak menabung? si duo bocah sudah beranjak dewasa masa sih yang mutar ulang lagunya belum bisa nabung juga? Menabung adalah salah satu cara mempersiapkan masa depan dan dana untuk keperluan tak terduga. Bagi sebagian besar orang menabung adalah kebutuhan. Bagi sebagian lagi menabung adalah life style alias gaya hidup. Dianggap sebagai gaya hidup karena tidak bisa dipisahkan dari hidup keseharian. Nah kan, life style nggak melulu tentang mode baju tetapi menabung juga perlu.

     Mengapa menabung penting? Menabung sangat penting karena beberapa alasan antara lain:

  1. Membiasakan hidup disiplin. Terbiasa menabung berarti membiasakan diri untuk disiplin menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan seperti halnya membiasakan untuk makan dan tidur tepat waktu
  2. Proteksi diri dan keluarga. Tidak ada yang dapat menebak yang terjadi di masa depan. Bagi karyawan kemungkinan terPHK sewaktu-waktu dapat terjadi. Bagi pengusaha resiko rugi dan gulung tikar bisa menimpanya kapan saja. Menabung adalah salah satu tindakan proteksi agar diri sendiri dan keluarga dapat menggantungkan biaya hidup dari dana talangan untuk beberapa bulan ke depan jika memiliki tabungan.
  3. Antisipasi keperluan tak terduga. Tabungan yang disimpan di rumah dapat berfungsi sebagai anggaran khusus.

Kesulitan untuk menyisihkan penghasilan sering menjadi alasan mengapa tidak memiliki tabungan. Sulit membiasakan diri untuk menabung mengapa tidak mencoba trik berikut ini:

  1. Menabung “di depan”. Ubah kebiasaan menabung dari sisa belanja di akhir bulan menjadi menabung di awal bulan atau sesegera mungkin menyisihkan penghasilan sebesar minimal 10% setiap bulan untuk ditabung. Masukkan ke dalam rekening yang tidak memiliki ATM agar tidak mudah diambil sesuka hati.
  2. Rajin mencari penghasilan tambahan. Mengikuti lomba berhadiah, berjualan pulsa atau produk MLM sebagai sambilan membantu memberikan penghasilan tambahan untuk disisihkan sebagian.
  3. Meminimalisir pengeluaran. Membawa bekal ke kantor, menumpang mobil rekan sekerja dan patungan untuk membeli bensin setiap bulan adalah langkah-langkah praktis bagi karyawan untuk menghemat biaya transportasi dan uang makan. Dalam rumah tangga penghematan listrik dengan menggunakan alat-alat elektronik hemat energi merupakan cara efiesiensi yang utama.

Menabung dalam berbagai bentuk juga membantu membiasakan diri untuk tidak mudah menghamburkan penghasilan. Pilih rekening bank dengan biaya administrasi paling rendah atau menabung dalam bentuk logam mulia adalah langkah efektif mencegah godaan berfoya-foya.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Mitra Blogger Lampung  siap meriahkan "promosi" Superkids Colouring Competition dan Seminar Kesehatan Anak Bersama K-Link Indonesia.  #Repost @klink_indonesia_official (@get_repost)
・・・
Hai Mitra K-LINK! 
Kabar gembira untuk putra-putri Anda! 
K-Link Indonesia mengadakan “Super Kids Coloring Competition dan Seminar Kesehatan Anak Bersama K-LINK”

Kini saatnya anak Anda mengasah daya kreativitasnya dalam lomba mewarnai yang sangat menyenangkan ini

Yuk, catat waktu dan tempat acaranya di Gedung Wanita (Persit) Bandar Lampung pada hari Senin, 20 November 2017 jam 07.00 WIB

Jangan sampai putra-putri Anda melewatkan acara edukatif ini. Siapa tahu anak Anda menjadi pemenang dan mendapatkan hadiah menarik, seperti: 
Juara 1 : Uang tunai Rp.750.000,- Goodie bag senilai Rp.350.000,- Trophy + Sertifikat

Juara 2 : Uang tunai Rp.500.000,- Goodie bag senilai Rp250.000,- Trophy + Sertifikat

Juara 3 : Uang tunai Rp.250.000,- Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat .
.
Harapan 1 : Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat

Harapan 2	: Goodie bag senilai Rp.150.000,- Trophy + Sertifikat

Mau? Caranya gampang banget! 
Biaya Pendaftaran: Rp.50.000 (termasuk 1 botol K-Kids, Seminar kesehatan anak, Trophy, Goodie Bag & Lucky Draw) 
Kategori: 
A. Pra Tk-Tk 
B. Kelas 1-3 SD .
.
Syarat & Ketentuan: *Peserta wajib membawa sendiri alat mewarnai dan meja lipat
*Peserta hadir 30 menit lebih awal sebelum acara dimulai
*Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

Untuk informasi lebih lanjut hubungi: 
Customer Service di kantor pusat  021.290.27.000 (bicara dengan bagian CS / Product Departemen)

Yuk, ajak anak Anda berpartisipasi dalam lomba mewarnai persembahan dari K-Link Indonesia.

#klink #klinkindonesia #klinksolusihidupmu✔️ #member15olusi #klinkmember15olusi

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top