Menulis Yuk

Tips Memulai Toilet Training Bagi Si Kecil

Di zaman yang serba modern ini, semua orang ingin merasakan berbagai kepraktisannya dengan menggunakan produk-produk yang sangat memudahkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu di perusahaan maupun di rumah tangga. Para Ibupun mau yang praktis pula dengan menggunakan produk-produk instan. Salah satunya adalah mengenakan diaper kepada anak-anak sebelum mengenalkannya ke toilet (toilet training). Sebetulnya ini tidak ada salahnya, selama diaper yang digunakan nyaman, tidak menimbulkan iritasi dan lecet.

Tapi jangan lupa, pada saatnya anak harus dilatih untuk bisa buang air kecil di toilet. Tidak perlu menunggu sampai anak bisa bicara sehingga ia bisa menyampaikan keinginannya untuk buang air kecil. Tetapi kita bisa memulainya dengan membiasakan sejak dini.

Toilet training bisa dimulai dengan melepas diaper pada saat tertentu misalnya sehabis mandi pagi dan sore hari. Awalnya bisa ajak si kecil untuk buang air kecil di toilet setiap satu atau dua jam sekali. Secara bertahap waktunya bisa berubah dua atau tiga jam sekali. Lama-kelamaan anak akan terbiasa dengan jadwalnya ke kamar kecil dan pada akhirnya akan bisa ‘bilang’ kalau mau buang air.

Berikut ini adalah perihal Toilet Training yang perlu dipahami dan disiapkan oleh para orang tua agar anak terbiasa untuk tidak lagi menggunakan diaper.

Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Siapkan terlebih dahulu peralatan seperti toilet kecil di kamar mandi dan lengkapi pakaiannya dengan celana dalam.

Karena anak akan dibiasakan tidak menggunakan diaper maka perlu disiapkan celana dalam setidaknya 6 pcs. Pilih celana dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat, ukuran yang pas (tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil) sehingga nyaman dipakai oleh si kecil.

Komunikasi di Keluarga

Sebisa mungkin program toilet training dibicarakan terlebih dahulu oleh orang tua kepada anak-anak. Untuk menghindari kebingungan si kecil saat pertama kali dibiasakan tidak menggunakan diaper.

Komunikasikan juga kepada anggota keluarga lainnya. Misalnya si kakak, atau kakek nenek yang tinggal di rumah. Agar seluruh anggota keluarga mengetahui bahwa si kecil sedang belajar untuk tidak memakai diaper. Sehingga ketika ada tanda-tanda ia akan buang air kecil bisa segera diajak ke kamar mandi. Atau jika anak sudah terlanjur mengompol bisa segera dibersihkan untuk menghindari terpeleset.

Kebersihan

Mempunya anak kecil memang tidak dapat dihindari rumah sering kali berantakan dan kotor. Ada orang tua yang buru-buru membereskannya, ada pula yang menganut prinsip ‘nanti dulu’. Tapi untuk urusan yang satu ini, kita wajib segera membersihkannya.

Jika anak mengompol sebaiknya segera dibersihkan dengan lap yang bersih, jika perlu pel lantai dengan cairan pembersih untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Jika mengompol di kasur segera kucek di bawah air mengalir sprei atau sarung bantal yang terkena air seni si kecil, lalu rendam dengan deterjen,setidaknya dua jam agar baunya hilang. Baru setelah itu dicuci bersih.

Kasur yang basah bisa langsung dijemur di bawah sinar matahari. Atau bisa juga menggunakan sprei water proof (anti air) agar kasur tidak mudah basah.

Kesabaran

Setiap perkembangan anak memang harus kita terima dengan sukacita. Tetapi tak lepas dari kesabaran ketika ia belum bisa lepas dari diaper seperti yang kita harapkan. Selalu sabar dalam menghadapi setiap perilaku anak. Jika si kecil masih sering mengompol, jangan lantas dimarahi. Jika anak sudah terbiasa maka ia akan mengenali rasa ingin buang air kecil. Tak hanya itu saja, salah satu hasil dari toilet training adalah bisa melatih anak untuk dapat mengutarakan keinginannya. Seperti ingin makan, ingin mandi dan sebagainya.

Perlu diingat bahwa semua butuh proses dan keberhasilan toilet training tidak akan terjadi dalam sehari. Tetapi dengan ketekunan para orang tua melatih anak-anaknya, apa yang diharapkan bisa dicapai. Anak-anak mandiri, orang tua juga happy.

.

 

Dzulkhulaifah
Follow Me

Dzulkhulaifah

Enterprenuer at Yukero
I am an enterprenuer and crafter mommy who loves writing, sewing and photography.
Dzulkhulaifah
Follow Me

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet πŸ˜‰ Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen πŸ˜„
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top