Indo Blog Net

Bisnis

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Online di Instagram

tips memulai bisnis online di instagram

Bersyukur dengan adanya perkembangan teknologi internet beberapa tahun belakangan ini, kini memulai bisnis menjadi jauh lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan internet untuk merintis bisnis yang menjanjikan banyak keuntungan.

Salah satu platform sosial media yang saat ini sedang sangat digemari adalah Instagram. Sekarang ini bisnis tanpa akun Instagram seolah seperti ketinggalan zaman.

Nah, mengapa Anda tidak mencoba memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis?

Gunakan Instagram untuk menjemput pundi-pundi rezeki ataupun meningkatkan performa bisnis Anda ke level yang lebih tinggi (jika saat ini Anda sudah mempunyai bisnis).

Pada kesempatan ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai tips memulai bisnis online di Instagram. 

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Online di Instagram

Instagram merupakan salah satu platform sosial media yang terbaik untuk mencoba peluang bisnis online. Sekitar 1 milyar orang menggunakan Instagram setiap bulannya. Jumlah ini pun bukan tak mungkin akan terus bertambah. Ada peluang besar di dalamnya, bukan?

Baca juga: Inilah 9 Bisnis Bukan Musiman yang Tidak Pernah Sepi Pembeli

Yuk, optimalkan peluang bisnis tersebut dengan beberapa tips memulai bisnis online di Instagram berikut ini.

1. Optimalkan profil Anda

Ya, setelah membuat akun bisnis, selanjutnya Anda wajib mengoptimalkan profil akun Anda tersebut. Ada beberapa poin penting yang harus Anda perhatikan:

  • Foto profil

Sebaiknya gunakan logo bisnis Anda sebagai foto profil sehingga orang dapat dengan mudah mengenali merek/bisnis Anda. 

  • Nama akun

Buat nama akun sesuai dengan nama bisnis Anda. Jika Anda juga menggunakan platform sosial media lain, seperti YouTube atau Twitter, gunakan nama yang sama untuk akun Anda. 

  • Nama pengguna

Sama halnya dengan nama akun, nama pengguna juga sebaiknya merupakan nama bisnis Anda. 

  • Situs/website

Ini menjadi satu-satunya URL yang dapat diklik di halaman Instagram Anda. Jadi pastikan Anda benar-benar memanfaatkannya dengan baik.

Tautkan halaman yang menarik dari website bisnis Anda, misalnya halaman promosi terbaru, produk terbaru ataupun produk-produk best seller.

  • Biografi

Biografi merupakan tempat Anda dapat menarik perhatian para pengguna Instagram, jadi buatlah biografi yang menarik. Anda bisa mendeskripsikan bisnis Anda dengan singkat dilengkapi slogan bisnis Anda.

Kemudian jangan lupa untuk mengubah akun Anda menjadi akun bisnis. Ini juga termasuk salah satu tips memulai bisnis online di Instagram. Sebab akun bisnis memiliki berbagai kelebihan dibanding akun biasa, khususnya untuk meningkatkan performa bisnis. 

2. Utamakan kualitas pengikut dibanding jumlah/kuantitas pengikut

tips memulai bisnis online di instagram

Credit: shopify.com

Jadi Anda tak perlu repot-repot membeli pengikut hanya karena ingin terlihat banyak jumlah pengikutnya. Sebab masih banyak yang salah paham mengenai hal ini. Banyak yang mengira bahwa jumlah pengikut yang besar akan meningkatkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis Anda. 

Sebenarnya tidak demikian, sebab yang berpengaruh pada peningkatan bisnis Anda adalah kualitas pengikut, bukan kuantitasnya.

Anda bisa saja memiliki banyak pengikut, tapi bukan berarti mereka akan berdampak pada keuntungan bisnis Anda. Pengikut yang berkualitas maksudnya adalah mereka yang menjadi pelanggan Anda, membeli produk Anda, ataupun membagikan pesan Anda.

3. Optimalkan konten video

optimasi konten video untuk bisnis

Credit: najmc.com

Saat ini konten video sedang mengalami peningkatan, dimana diperkirakan pada Tahun 2021 nanti pengguna Instagram akan menghabiskan waktu lebih dari 1 jam sehari untuk menonton konten video.

Para pelaku digital marketing menyatakan bahwa konten video merupakan aspek kunci dari strategi pemasaran mereka. 

Anda bisa menggunakan fitur Instagram Live ataupun IGTV untuk membuat konten video di akun Instagram bisnis Anda.

Baca juga: 8 Tips Sukses Berbisnis Frozen Food Bagi Pemula

Untuk membangun kepercayaan audiens, pastikan konten video yang Anda buat benar-benar terkait dengan bisnis Anda, bermanfaat bagi pelanggan, kredibel, serta menarik untuk disimak.

Saat pelanggan sudah begitu mempercayai Anda, mereka tak akan ragu membeli produk-produk yang Anda tawarkan. 

4. Membangun audiens bisnis Anda 

Mungkin Anda berpikir dengan begitu banyaknya jumlah pebisnis yang menggunakan Instagram, tentu membuat persaingan bisnis semakin berat. Namun, percayalah Anda tak perlu menunggu hingga mempunyai jutaan pengikut untuk bisa memperoleh keuntungan/kesuksesan bisnis Anda.

Yang harus Anda lakukan yaitu membangun audiens bisnis Anda sendiri. Mulailah dari jumlah pengikut Anda masih sangat sedikit.

Jalin hubungan yang lebih personal, berinteraksilah dengan audiens bisnis Anda secara lebih dekat agar Anda lebih mengenal mereka. Lalu bagaimana cara menemukan dan membangun audiens bisnis Anda?

  • Buatlah hashtag niche bisnis Anda 

Hashtag ini berfungsi mempermudah pencarian di Instagram. Anda dapat membuat hashtag sesuai dengan niche bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk kecantikan natural untuk rambut, gunakan hashtag yang lebih spesifik, seperti #aliyanaturalhairproduct.

Ini akan membuat merek bisnis Anda lebih mudah ditemukan dan dikenali audiens. Gunakan hashtag yang Anda buat dalam setiap konten Anda.

  • Strategi promosi word of mouth

Manfaatkan pelanggan/pengguna produk Anda untuk mempromosikan bisnis Anda. Apalagi jika mereka mempunyai pengikut yang berkualitas. Atau Anda juga dapat menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produk Anda secara soft marketing.

Jangan lupa juga untuk mengapresiasi setiap pelanggan yang puas terhadap produk Anda. Dan menyebut mereka dalam konten Anda akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. 

Saat Anda dapat menunjukkan pelanggan Anda yang puas kepada audiens, maka kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda pun akan semakin meningkat. 

  • Optimalkan aktivitas berkualitas di Instagram

tips memulai bisnis online di instagram

Credit: startupguys.net

Untuk mengoptimalkan aktivitas di Instagram, yang perlu diutamakan bukanlah kuantitas Anda menggunakannya namun kualitas aktivitas Anda.

Ada beberapa hal yang penting untuk dilakukan, seperti: membalas komentar audiens, mengapresiasi postingan yang menyebut bisnis Anda dalam konten mereka, serta mengikuti pengguna yang relevan dengan bisnis Anda (termasuk pelanggan).

Ketahui jam berapa rata-rata pengikut Anda sedang online, dan pilih waktu tersebut untuk memposting konten Instagram Anda. Setelah Anda memposting konten di Instagram, sediakan pula waktu untuk membangun keterlibatan dengan audiens, misal: langsung membalas komentar atau DM (direct message) yang masuk. 

Anda dapat menuliskan jadwal layanan pelanggan Anda di bio Instagram, misal: 08.00 – 17.00 WIB. Kemudian optimalkan waktu tersebut untuk beraktivitas di Instagram, termasuk membangun keterlibatan dengan audiens. 

5. Konsisten dan sabar

Konsisten dan sabar tentunya termasuk salah satu tips memulai bisnis online di Instagram yang tak boleh Anda lewatkan. Dalam setiap bisnis sangatlah penting untuk memiliki komitmen. Jika Anda telah berkomitmen untuk menjalani bisnis Anda dengan sepenuh hati, lalu iringilah dengan usaha Anda dengan konsisten. 

Anda mungkin akan menemukan banyak sekali tips untuk memulai bisnis online, namun apapun cara yang Anda lakukan jika tak ada konsistensi di dalamnya maka tidak akan berhasil. Anda juga pastinya akan menjalani sebuah proses untuk mencapai kesuksesan bisnis. 

Mendapatkan pelanggan yang setia serta bisnis yang menguntungkan tidak terjadi dalam waktu singkat. Latihlah kesabaran Anda. Dalam bisnis Anda pasti menemukan tantangan-tantangan yang seringkali tidak mudah, namun hasil dari setiap usaha pasti akan sepadan. 

Demikian beberapa tips memulai bisnis online yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat! 😊

Credit photo: startupguys.net

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top