Indo Blog Net

Menulis Yuk

Tips Mempercantik Rumah dengan Dekorasi Pot Tanah Liat & Cara Membuatnya

cara melukis pot tanah liat

Percaya deh, rumah yang indah, nyaman serta menarik itu tidak harus berukuran besar dan dihiasi barang-barang mewah, lho. Sebab kuncinya ada pada bagaimana sang pemilik rumah dapat mempercantik rumah dengan cara-cara kreatif bahkan inovatif. Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan adalah menghias rumah dengan dekorasi tanaman pot tanah liat. 

Dekorasi tanaman memang lagi hits belakangan ini. Jangan heran, sebab dekorasi tanaman memiliki segudang manfaat yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bukan hanya berfungsi sebagai dekorasi ruangan yang bikin hunian jadi super cantik, tanaman pot juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Mulai dari membersihkan udara dari polusi, membuat Anda lebih rileks, hingga meningkatkan produktivitas.

Tips Mempercantik Rumah dengan Dekorasi Pot Tanah Liat

Gimana, tertarik untuk mempercantik rumah Anda dengan dekorasi pot tanah liat? Dijamin rumah Anda akan terlihat lebih segar dan menarik. Nah, agar dekorasi pot tanah liat tampil dengan maksimal, Anda perlu tahu nih beberapa tips berikut ini:

1. Ciptakan keseimbangan

Dalam mendekorasi ruangan di rumah Anda, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah faktor keseimbangan. Usahakan agar dekorasi pot tanah liat tampil serasi dengan gaya hunian Anda.

Pilih jenis tanaman serta motif dekorasi pot tanah liat yang match dengan tema ruangan. Misalnya, jika tema ruangan bernuansa tropis, maka pilih jenis tanaman hijau dengan motif pot bergaya lebih natural. 

Jika tema ruangan bergaya simpel minimalis, Anda bisa menggunakan dekorasi tanaman bunga dengan pot tanah liat bermotif sederhana. Perhatikan pula ukuran tanaman serta pot tanah liat Anda, sesuaikan dengan besar kecilnya ruangan. Jangan sampai ruangan terlihat ‘penuh’ dengan dekorasi pot tanah liat Anda. 

2. Mengisi sudut yang kosong

Tempatkan dekorasi tanaman pot tanah liat di sudut-sudut ruangan. Jika Anda tak ingin menaruh banyak furniture di ruangan, meletakkan tanaman pot bisa jadi alternatif untuk mempercantik ruangan dalam rumah Anda.

Tak hanya menyulap ruangan jadi lebih indah, tapi juga lebih segar dan enak dilihat. Apalagi jika dekorasi pot tanah liat yang Anda pilih tampil serasi dengan gaya ruangan.

Jika Anda meletakkannya langsung di lantai, Anda bisa pilih tanaman dan pot tanah liat dengan ukuran yang lebih besar. Sebaliknya, jika Anda meletakkannya di atas meja, sebaiknya pilih tanaman dan pot tanah liat yang ukurannya tidak terlalu besar. 

3. Manfaatkan tanaman mini

Dekorasi tanaman mini dalam pot tanah liat lebih fleksibel untuk Anda letakkan di mana saja. Anda bisa meletakkannya di atas meja, rak, atau di atas lemari kecil. Dekorasi tanaman mini dalam pot tanah liat ini tak hanya siap mempercantik ruang tamu atau ruang keluarga saja, lho.

Anda juga bisa menaruhnya di ruang kerja, ruang makan, hingga dapur. Ukurannya yang kecil tak akan menghabiskan banyak tempat, sehingga cocok diletakkan dimana saja. 

4. Menggantung tanaman pot tanah liat

Bagi Anda yang memiliki rumah berukuran mungil, dekorasi tanaman pot tanah liat juga bisa ditempatkan dengan cara menggantungnya. Dengan cara ini dekorasi pot tanah liat tidak akan menghabiskan banyak tempat, bukan? Dekorasi pot tanah liat yang digantung ini dapat membuat ruangan tampak lebih segar.

Anda bisa memilih tanaman bunga dengan warna-warni yang senada dengan tema ruangan agar tampak ceria. Tapi pastikan dekorasi pot tanah liat yang digantung ini benar-benar kuat dan aman, ya. Sebab pot tanah liat akan pecah jika jatuh. 

5. Gunakan rak tanaman 

Nah, terakhir Anda bisa meletakkan dekorasi pot tanah liat pada rak tanaman. Tanaman yang disusun rapi dan menarik di rak tentunya akan menjadi penghias ruangan yang super cantik. Anda bisa berkreasi dalam tata letak penataannya.

Menariknya, rak tanaman ini bisa dijadikan sebagai pembatas ruangan, lho. Atau Anda juga bisa membuat vertical garden dengan rak tanaman ini. 

Paduan antara tanaman dengan pot tanah liat merupakan kombinasi yang pas untuk disandingkan. Sebab pot tanah liat tersedia dalam berbagai model dan bentuk yang atraktif.

Anda pun bisa berkreasi dengan cara melukis pot tanah liat Anda dengan desain yang Anda inginkan. Mau tau bagaimana cara melukis pot tanah liat? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Cara Melukis Pot Tanah Liat

Dengan melukis sendiri dekorasi pot tanah liat, bukan hanya jadi lebih hemat dan unik saja lho, tapi juga bermanfaat untuk melatih kreativitas Anda. Ya, Anda bisa bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi Anda. Berikut detail cara mudah melukis pot tanah liat yang dapat Anda kerjakan di rumah.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Pot tanah liat
  • Cat semprot akrilik warna putih
  • Kuteks kuku dengan 2 warna yang berbeda (misal: kuning, merah)
  • Kain pelapis untuk alas selama pengerjaan agar lantai tetap bersih
  • Tusuk gigi atau lidi 
  • Sarung tangan plastik sekali pakai
  • Air panas dalam mangkuk bekas/wadah yang tak terpakai

Cara membuatnya

  1. cara melukis pot tanah liat

    Credit: hgtv.com

    Semprotkan pot tanah liat menggunakan cat akrilik warna putih. Semprotkan secara merata pada seluruh bagian dalam dan luar pot. Setelah itu diamkan selama semalam hingga cat benar-benar mengering.

  2. Tuangkan kuteks kuku ke dalam mangkuk/wadah yang berisi air panas. Gunakan mangkok yang diameternya lebih besar dari pot tanah liat yang akan dilukis. Hal ini untuk memudahkan Anda memutar-mutar pot tanah liat yang akan dilukis.

  3. Aduklah air yang berisi kuteks kuku dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi. Anda bisa mengaduknya dengan membentuk motif tertentu. Aduk hingga air dan kuteks bercampur menjadi kombinasi cairan berwarna yang menarik.

  4. Setelah itu masukkan pot tanah liat ke dalam mangkuk berisi cairan berwarna tadi. Caranya, peganglah bagian sisi mangkuk menggunakan tangan kiri Anda. Sebelumnya jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan plastik terlebih dahulu agar tangan Anda tidak terkena cairan berwarna.

    Pegang pot tanah liat menggunakan tangan kanan lalu masukkan secara perlahan dan memutar searah hingga menghasilkan warna yang rapi dan menarik. Di sini Anda juga bisa berkreasi dengan motif yang Anda inginkan.

  5. Terakhir, diamkan pot tanah liat yang telah berwarna tersebut selama beberapa jam hingga cat benar-benar mengering. Setelah dekorasi pot tanah liat selesai, Anda bisa masukkan media tanam dan tanaman ke dalamnya. 

Nah, dekorasi pot tanah liat Anda pun sudah siap untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah Anda. Wah, kebayang betapa cantiknya rumah Anda dengan dekorasi pot tanah liat buatan sendiri.

Tidak sulit bukan cara melukis pot tanah liat di atas? Selain cara tersebut, Anda juga bisa berkreasi dengan cara-cara lain untuk melukis pot tanah liat. Jangan takut untuk mencoba, ya. Selamat berkreasi teman-teman!

Referensi: https://www.rumah.com

Credit photo: travelerscoffee.ru

 

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top