Indo Blog Net

Tips rumah

5 Tips Memilih Warna Cat untuk Dekorasi Rumah Kecil Minimalis

tips memilih warna cat rumah

Ingin rumah kecil minimalis Anda tampak lebih cantik dan nyaman ditempati? Coba deh gunakan warna cat rumah yang tepat. Sebab salah memilih cat rumah akan membuat rumah minimalis Anda tampak tidak menarik dan juga tak nyaman ditempati.

Pada artikel ini kami akan mengulas bagaimana tips memilih warna cat rumah kecil minimalis.

5 Tips Tepat Memilih Warna Cat untuk Dekorasi Rumah Kecil Minimalis

Memilih warna cat untuk rumah kecil minimalis tentunya tak boleh sembarangan. Salah pilih warna bisa-bisa rumah kecil minimalis jadi tampak semakin sempit dan tak enak dipandang.

Baca juga: 9 Tips Mudah Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Rapi

Supaya tidak salah pilih, yuk ikuti beberapa tips memilih warna cat rumah kecil minimalis berikut ini: 

1. Gunakan warna cerah

Warna cerah merupakan warna yang paling bagus untuk ruangan yang kecil. Sebab warna cerah dapat memberikan efek lebih terang yang akan membuat ruangan terlihat lebih lapang. 

Cat warna yang memiliki warna cerah juga dapat menambah kesan ceria serta hangat pada ruangan. Maka tak heran jika penggunaan cat warna cerah banyak disukai. 

2. Gunakan skema warna netral

Penggunaan warna-warna yang netral akan memperkuat kesan minimalis pada hunian Anda. Selain itu, kelebihan dari penggunaan warna netral adalah membuat ruangan yang kecil terlihat lebih luas. Dengan cat warna netral, Anda juga jadi lebih mudah dalam memadupadankan dekorasi rumah. 

3. Sesuaikan dengan warna furniture

Coba cek warna-warna furniture kesayangan Anda di rumah. Apa warnanya? Nah, Anda dapat memilih warna cat rumah yang senada dengan dominasi warna dari furniture Anda. 

Namun, hindari penggunaan cat rumah warna tua atau gelap untuk rumah kecil minimalis. Jika furniture Anda berwarna merah tua, Anda bisa pilih cat rumah warna merah muda. Begitupun untuk furniture berwarna tua atau gelap lainnya, selalu pilih cat rumah warna yang lebih muda dari furniture. 

Sebab cat rumah warna tua kurang cocok untuk rumah kecil minimalis. Warna ini akan membuat rumah terlihat lebih gelap dan sempit. 

4. Hindari menggunakan terlalu banyak warna

tips memilih warna cat untuk rumah

Credit: bakotdecor.blogspot.com

Menggunakan beberapa jenis warna cat dalam sebuah ruangan memang akan membuat suasana rumah jadi lebih menarik. Namun, ini berlaku bagi rumah dengan ukuran ruangan yang besar. 

Sedangkan untuk rumah minimalis, sebaiknya tidak menggunakan banyak warna cat dalam satu ruangan. Semakin banyak warna maka ruangan yang kecil akan tampak semakin sempit dan sesak.

Jika Anda ingin menggunakan dua warna dalam satu ruangan, pilih warna putih sebagai salah satunya. Meski begitu Anda dapat menggunakan warna yang berbeda untuk masing-masing ruangan di rumah kecil minimalis Anda tapi bukan dalam satu ruangan.

5. Gunakan warna yang tepat untuk masing-masing ruangan

Dalam sebuah rumah tentunya terdapat beberapa ruangan yang berbeda fungsinya. Anda dapat menggunakan warna-warna yang sesuai dengan karakter ruangan tersebut. 

  • Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dilihat oleh pengunjung rumah Anda. Dan di ruangan inilah Anda akan menerima tamu.

Baca juga: 7 Inspirasi Motif Wallpaper Ruang Tamu Mungil & Tips Memilihnya

Pastinya sangat penting untuk memperhatikan keindahan dan kenyaman ruangan ini, sehingga tamu Anda akan nyaman dan mendapat kesan yang baik dari mereka.

Anda bisa gunakan cat rumah warna pastel untuk menimbulkan kesan hangat dan tidak kaku. 

  • Ruang Keluarga

Ruangan ini tentunya sangat penting keberadaannya, sebab di ruang inilah seluruh anggota keluarga banyak menghabiskan waktu bersama. Mulai dari menonton televisi, berbincang-bincang, hingga bersantai menikmati camilan favorit.

Anda dapat menggunakan cat rumah warna cerah seperti krem, oranye muda atau kuning muda. Warna-warna ini dapat menambah kesan ceria dan bahagia di ruang keluarga Anda. Agar semakin menarik, tambahkan barang-barang yang wajib ada di ruang keluarga.

  • Ruang Makan

Selain ruang keluarga, ruang makan juga menjadi tempat yang paling sering digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Acara makan tentunya jadi lebih seru jika Anda memilih cat rumah yang tepat untuk ruangan ini.

Cobalah gunakan warna hijau muda, sebab warna ini dianggap dapat meningkatkan selera makan. 

Jika Anda kurang suka dengan warna hijau muda, Anda bisa pilih warna pastel. Warna ini akan memberikan rasa nyaman di ruang makan Anda.  

  • Ruang Tidur

Nah, untuk ruang yang satu ini sebenarnya Anda bisa menerapkan warna apa saja yang sesuai dengan warna kesukaan Anda, asalkan warna tersebut bukanlah warna tua. Sebab warna tua akan menimbulkan kesan gelap dan ruang tidur Anda terlihat lebih sempit.

Baca juga: 7+ Motif Wallpaper Dinding Kamar Tidur yang Bisa Bikin Nyaman

Solusinya, pilihlah tingkat warna yang lebih muda dari warna kesukaan Anda. Jika Anda menyukai warna kuning, maka pilihlah warna kuning yang tidak terlalu tua untuk kamar tidur Anda.

Itulah beberapa tips memilih warna cat untuk rumah kecil minimalis yang bisa Anda terapkan. Masih bingung mengenai cat warna apa yang cocok untuk rumah Anda?

Mari simak ulasan di bawah ini, ada beberapa rekomendasi warna cat rumah kecil minimalis yang paling bagus untuk Anda gunakan.

Warna Cat Rumah Kecil Minimalis yang Paling Bagus untuk Anda Gunakan

Dengan memilih warna cat yang tepat untuk rumah kecil minimalis Anda maka rumah pun jadi tampak lebih cantik, lapang, dan nyaman. Berikut ini beberapa warna cat rumah kecil minimalis yang paling bagus untuk Anda gunakan:

  • Krem

Menghadirkan warna yang satu ini untuk ruangan yang kecil dan minimalis akan menambah kesan lapang sekaligus hangat. 

  • Hijau lemon

Warna ini akan memberikan kesan lebih cerah dan segar pada ruangan. Dan dengan nuansa cerahnya inilah ruangan yang kecil akan terasa lebih lapang. 

  • Kuning muda

tips memilih warna cat rumah

Credit: weheartit.com

Kuning muda juga termasuk salah satu rekomendasi warna cat rumah kecil minimalis yang paling bagus untuk Anda gunakan. Warna kuning dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan jadi terasa lebih luas. 

  • Biru muda

Biru muda yang identik dengan warna laut ini dapat membuat ruangan yang kecil terkesan lebih lapang dan sejuk. 

  • Peach pastel

Ruangan dengan cat warna ini akan terlihat sangat cantik dan cerah. Warna ini juga termasuk warna yang banyak digemari oleh para wanita. 

Demikian beberapa rekomendasi warna cat rumah kecil minimalis yang paling bagus untuk Anda gunakan. Selamat mencobanya di hunian minimalis Anda, ya! 🙂

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top