Indo Blog Net

Kecantikan

5 Tips Memilih Produk Kecantikan yang Mengandung Kolagen dengan Tepat

tips memilih produk kecantikan

Siapa coba yang tak mendambakan kulit wajah yang sehat, bersih, dan mulus? Meski penampilan bukanlah segalanya, namun faktanya penampilan merupakan salah satu faktor terpenting yang akan dilihat orang lain, termasuk diri sendiri.

Saat bercermin melihat kulit wajah kita bersih, mulus, dan sehat tentunya ada rasa bahagia, bukan? 

Sayangnya seiring bertambahnya usia keluhan di kulit wajah juga semakin bertambah, mulai dari kerutan, noda hitam, hingga kulit yang tampak kusam.

Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya jumlah kolagen dalam tubuh Anda. Pastinya Anda sudah sering mendengar kepopuleran produk-produk kecantikan yang mengandung kolagen.

Mari simak ulasan di bawah ini mengenai manfaat kolagen untuk kulit wajah Anda. 

Manfaat Kolagen untuk Kulit Wajah

Sebelum membahas apa saja manfaat kolagen untuk kulit wajah, Anda perlu tahu apa itu kolagen? Kolagen ini merupakan protein penting yang dapat ditemukan di seluruh tubuh kita, namun paling banyak ditemukan di bagian kulit.

Jika kulit Anda kekurangan kolagen akibatnya berbagai keluhan kulit pun akan muncul. 

Nah, untuk itulah Anda memerlukan produk kecantikan yang mengandung kolagen yang dapat menunjang kesehatan kulit wajah Anda. Berikut ini manfaat kolagen untuk kulit wajah yang penting untuk Anda ketahui:

1. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat kolagen untuk kulit wajah salah satunya dapat membuat kulit Anda jadi lebih halus. Mengingat kolagen merupakan komponen penting dari lapisan dermis yang ditemukan di dalam kulit, menjaga level kolagen dalam tubuh akan membuat kulit terasa lebih halus saat Anda menyentuhnya. 

2. Mengurangi garis halus/kerutan pada kulit wajah

manfaat kolagen untuk kulit wajah

Manfaat kolagen untuk kulit wajah berikutnya yaitu mengurangi garis halus atau kerutan yang mulai muncul seiring dengan bertambahnya usia. Secara keseluruhan, kolagen mempunyai efek anti penuaan. Kolagen dapat mengurangi kerutan pada kulit wajah sehingga Anda tampak lebih muda. 

3. Meningkatkan elastisitas kulit wajah

Kulit yang elastis ditandai dengan kemampuannya untuk mudah kembali ke bentuk semula saat ditarik atau ditekan. Saat usia muda, kulit Anda mempunyai banyak jumlah kolagen. 

Namun, seiring bertambahnya usia tubuh Anda memproduksi semakin sedikit kolagen. Ini menyebabkan kulit jadi semakin kendur dan hilang elastisitasnya.

Meningkatkan kolagen dalam kulit dapat membantu menambah elastisitas kulit dan membuat kulit wajah jadi lebih kencang. 

4. Meningkatkan hidrasi kulit wajah

Kolagen telah terbukti membuat kulit Anda lebih terhidrasi dengan baik. Dengan menjaga asupan kolagen dalam tubuh akan membuat kulit Anda jadi lebih lembab dan terhindar dari kekeringan. 

Meski kulit kering ini tidak berbahaya, namun jika dibiarkan terus menerus kulit kering dapat meningkatkan risiko masalah pada kulit seperti pecah-pecah, kemerahan, gatal, hingga peradangan.

Minum air putih yang cukup serta menggunakan produk kecantikan yang mengandung kolagen dapat membantu kulit Anda terjaga kelembapannya. 

5. Mengurangi bekas jerawat

manfaat kolagen untuk kulit wajah

Jerawat ada kalanya meninggalkan bekas luka yang tak mudah dihilangkan. Bekas jerawat ini sebenarnya juga disebabkan karena kurangnya kolagen dalam kulit Anda.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Meningkatkan asupan kolagen dapat membantu mempercepat pembentukan kolagen pada kulit yang kemudian akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat jerawat. 

6. Mengurangi kerusakan kulit wajah akibat sinar UV

Sinar matahari sebenarnya bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, namun jika berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk kulit. 

Paparan sinar UV yang berlebihan akan merusak kolagen dalam kulit. Padahal kolagen sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar UV seperti kulit terbakar, bintik-bintik hitam, kulit kering, hingga kanker kulit. 

Setelah mengetahui berbagai manfaat kolagen untuk kulit wajah, pastinya Anda menjadi tertarik untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, bukan?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, termasuk melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Selain itu, Anda juga dapat memilih cara yang lebih praktis, yaitu menggunakan produk kecantikan yang mengandung kolagen, seperti suplemen (dalam bentuk kapsul atau tablet), bubuk kolagen, hingga skin care kolagen.

Yuk, simak beberapa tips memilih produk kecantikan yang mengandung kolagen di bawah ini. 

5 Tips Memilih Produk Kecantikan yang Mengandung Kolagen

Sebelum menggunakan produk kecantikan yang mengandung kolagen, tentunya Anda tidak boleh sembarangan memilihnya agar hasil yang diperoleh pun optimal.

Berikut ini beberapa tips memilih produk kecantikan yang mengandung kolagen yang perlu Anda ketahui:

1. Pilih produk kolagen yang juga mengandung vitamin C

Tips pertama memilih produk kecantikan yang mengandung kolagen adalah pilih produk kolagen yang juga terdapat kandungan vitamin C di dalamnya. Sebab tubuh Anda tidak dapat secara efektif memproduksi kolagen tanpa adanya antioksidan.

Vitamin C juga berfungsi menstabilkan kadar kolagen dalam tubuh berkat sifat antioksidannya. 

Vitamin C termasuk salah satu kandungan dalam skin care maupun suplemen yang banyak disukai. Vitamin C dan kolagen bekerja sama membantu membuat kulit Anda terlihat lebih awet muda dan sehat.

Selain itu vitamin C juga berperan sebagai pelindung kulit agar terhindar dari efek buruk radikal bebas.

2. Kolagen bukanlah produk ajaib

Hindari produk yang mengiming-imingi hasil yang instan. Perlu diingat bahwa kolagen bukanlah produk kecantikan ajaib yang dapat membuat Anda tampak awet muda dalam waktu singkat. 

Faktanya, tingkat kolagen dalam tubuh secara alami akan menurun seiring bertambahnya usia. Umumnya penurunan ini mulai terjadi pada usia 20 an, namun ada juga yang dimulai pada usia 30 an.

Kolagen pada dasarnya tidak akan menghilangkan tanda-tanda penuaan yang parah ataupun membuat kulit yang sangat kendur menjadi terangkat kembali. 

Namun, produk kecantikan yang mengandung kolagen akan membantu untuk mencegah serta mengurangi tanda-tanda penuaan jika digunakan secara rutin.

3. Pilih produk kolagen yang terdiri dari bahan-bahan yang aman

Saat memilih produk kecantikan yang mengandung kolagen pastikan Anda memilih produk yang terdiri dari bahan-bahan yang aman.

Jika Anda ingin menggunakan produk kolagen berbentuk bubuk maupun suplemen (tablet, kapsul), hindari produk yang mengandung bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh, seperti pemanis buatan serta perasa buatan.

Lebih baik memilih produk yang mengutamakan bahan-bahan alami di dalam komposisinya. 

4. Pilih produk kolagen yang organik untuk hasil optimal

Kebanyakan suplemen kolagen berasal dari hewan, seperti sapi atau hewan laut. Jika suplemen berasal dari sapi sebaiknya pilih yang organik.

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Kosmetik Berbahan Alami

Hewan organik sangat kecil kemungkinannya terpapar oleh pestisida, antibiotik, serta hormon sintetis. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas produk kolagen yang Anda gunakan. 

5. Utamakan meningkatkan kadar kolagen dari dalam tubuh

Meski saat ini banyak tersedia skin care kolagen di pasaran, sebaiknya imbangi juga dengan asupan kolagen dari dalam tubuh, seperti melalui suplemen kolagen. 

Menggunakan skin care kolagen bukan berarti sesuatu yang sia-sia, namun penggunaan kolagen secara topikal tidak mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Jadi Anda perlu mengonsumsi kolagen untuk hasil yang optimal. 

Itulah beberapa tips memilih produk kecantikan yang mengandung kolagen. Jangan lupa juga bahwa kolagen bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat.

Anda juga perlu menerapkan pola hidup dan pola makan yang sehat agar cantik secara menyeluruh. Selamat mencoba, ya! 🙂

Credit photo: shutterstock.com

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top