Indo Blog Net

Tanaman

5 Tips Memilih Pot Tanah Liat untuk Tanaman Mini

tips memilih pot tanah liat

Anda penyuka tanaman? Saat ini fungsi keberadaan tanaman di dalam rumah tak hanya sebagai penghias interior saja, lho. Ada banyak manfaat dari tanaman yang sayang jika Anda abaikan begitu saja. Banyak orang yang mendekorasi rumahnya dengan tanaman mini, mulai dari jenis dedaunan, bunga warna-warni, hingga yang paling populer saat ini yaitu jenis sukulen atau kaktus. 

Untuk menanam tanaman mini di dalam rumah tentunya Anda membutuhkan pot sebagai wadah tumbuhnya tanaman. Fungsi pot ini bukan hanya sebagai wadah saja, tapi juga dapat mempercantik penampilan tanaman.

Selain itu Anda juga perlu memilih jenis pot yang tepat agar tanaman bisa tumbuh dengan sehat. Sebab salah memilih pot bisa menyebabkan tanaman tidak berkembang dengan baik dan akhirnya mati.

Menggunakan Pot Tanah Liat untuk Media Tanam

Disamping berbagai jenis pot tanaman berbahan plastik, semen, maupun kayu, pot tanah liat bisa jadi pilihan tepat bagi tanaman Anda. Ada banyak tanaman yang cocok dengan jenis pot yang satu ini. Pot tanah liat juga mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan pot jenis lain.

Berikut ini beberapa kelebihan pot tanah liat:

  1. Pot berbahan tanah liat dapat memberikan sentuhan yang lebih natural bagi rumah Anda. Apalagi bagi Anda yang menerapkan gaya tropis pada hunian, pot tanah liat jadi pilihan tepat.
  2. Pot tanah liat merupakan jenis pot yang paling banyak dicari dan digunakan oleh para penyuka tanaman, sehingga Anda mudah mendapatkannya.
  3. Harganya sangat variatif. Anda bisa membelinya dengan harga mulai dari beberapa ribu rupiah saja. Tapi bagi Anda yang menginginkan pot tanah liat tipe premium, tersedia juga dengan harga hingga mencapai ratusan ribu rupiah. Anda bisa memilih pot tanah liat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.
  4. Tersedia dalam berbagai variasi model dan bentuk. Mulai dari yang polos hingga yang diberi ukiran-ukiran untuk mempercantik tampilan pot serta menambah nilai estetika pot. 
  5. Pot tanah liat bisa membuat air mudah merembes sehingga tidak perlu diberi lapisan apapun.
  6. Tanaman yang ditanam dalam pot tanah liat akan memiliki sirkulasi udara yang bagus, jadi tanaman tidak mudah busuk. Selain itu suhu di dalam media tanah juga tetap stabil. 
  7. Pot tanah liat juga bisa dijadikan penghias ruangan meski tidak ada tanaman di dalamnya. Sebab beberapa pot tanah liat sudah memiliki bentuk yang menarik serta dihias dengan aneka ukiran atau gambar warna-warni.

Selain menggunakan pot dari tanah liat, kamu juga bisa membuat pot terarium untuk tanaman mini yang kamu punya.

5 Tips Memilih Pot Tanah Liat untuk Tanaman Mini

Jika ingin tanaman di rumah Anda tumbuh dengan sehat dan cantik, tentunya Anda tak bisa sembarangan dalam memilih pot tanah liat yang digunakan. Bahkan tanaman yang biasa-biasa saja bisa jadi lebih indah dengan pemilihan pot yang tepat, lho.

Jadi, yuk kita simak 5 tips memilih pot tanah liat untuk tanaman mini di rumah Anda berikut ini

1. Perhatikan ukuran pot

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih pot tanah liat adalah ukurannya. Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman yang ingin Anda tanam, jangan terlalu besar dan juga terlalu kecil. Ukuran pot yang tidak sesuai dengan besarnya tanaman akan membuat tanaman dan pot terlihat tidak seimbang dan tidak enak dilihat. 

Misalnya jika pot yang digunakan terlalu kecil maka tidak bisa digunakan untuk menampung tanaman dengan baik. Ini juga akan mengganggu pertumbuhan akar tanaman sehingga tanaman tidak dapat berkembang dengan baik.

Sedangkan pot yang terlalu besar ini akan menyebabkan tanaman tidak dapat menjangkau unsur hara. Akhirnya tanaman jadi mudah membusuk karena dasar tanaman yang basah. 

Untuk tanaman mini, tentunya pot yang Anda pilih juga pot yang berukuran kecil, namun tetap sesuaikan ukuran pot dengan besarnya tanaman mini Anda agar terlihat sesuai. 

2. Sesuaikan bentuk pot dengan jenis tanaman

Selanjutnya, Anda juga perlu memerhatikan bagaimana bentuk pot dengan jenis tanaman. Pilih pot yang serasi dengan jenis tanaman. Namun, perhitungkan juga tumbuh kembang tanaman Anda apakah nantinya akan sesuai dengan bentuk pot yang Anda gunakan.

Misalnya saja memilih jenis tanaman kaktus hias untuk mempercantik ruangan, maka pot yang akan digunakan perlu disesuaikan dengan ukuran tanaman sukulen yang akan ditanam.

Ukuran tanaman tentunya akan bertambah dari waktu ke waktu sejak pertama Anda menanamnya, termasuk juga tanaman mini yang dapat berkembang. Begitu pula dengan bentuk, ada sebagian jenis tanaman yang bentuknya akan berubah seiring waktu.

Keserasian bentuk pot dengan tanaman akan membuat tampilan keduanya jadi lebih rapi dan menarik untuk dilihat.

3. Sesuaikan dekorasi pot dengan jenis tanaman

Selain menyesuaikan bentuk pot dengan jenis tanaman, Anda juga perlu menyesuaikan dekorasi pot dengan jenis tanaman yang Anda letakkan ke dalam pot tersebut. Jika tanaman mini yang Anda pilih mempunyai bentuk daun yang unik maupun bunga-bunga yang ramai, sebaiknya letakkan ke dalam pot tanah liat yang mempunyai dekorasi simple.  

Sebaliknya jika tanaman yang Anda pilih merupakan jenis tanaman yang simple dan polos, Anda bisa gunakan pot tanah liat dengan dekorasi yang cukup ramai, misalnya yang dihiasi ukiran warna-warni. Tak hanya menyesuaikan dekorasi pot saja, tapi juga warna potnya. Pilih warna pot yang serasi dengan warna daun dan bunga tanaman mini Anda. 

Dekorasi dan warna pot yang serasi dengan jenis tanaman akan membuat tampilannya lebih indah, bukan?

4. Sesuaikan dekorasi pot dengan tema ruangan

Seperti apa tema ruangan di rumah Anda yang ingin didekorasi dengan tanaman mini? Anda perlu menyesuaikan dekorasi pot tanah liat dengan tema ruangan. Salah memilih dekorasi pot akan membuat tanaman mini yang Anda letakkan jadi mengganggu tema interior ruangan.

Hal ini tentu saja akan memengaruhi tampilan estetika ruang, khususnya jika Anda memang menjadikan tanaman sebagai elemen dekorasi ruangan

5. Sesuaikan harga pot dengan harga tanaman

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian antara harga pot tanah liat dengan harga tanaman mini Anda. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, harga pot tanah liat bervariasi mulai dari harga beberapa ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah pun ada.

Begitu pula dengan harga tanaman mini yang beraneka ragam, mulai dari belasan ribu rupiah hingga yang mahal bisa mencapai jutaan rupiah. 

Kesesuaian antara harga tanaman dan pot yang digunakan tentunya akan menunjang keindahan keduanya. Tanaman mini berharga mahal akan lebih indah ditempatkan pada pot yang juga memiliki nilai yang tinggi. Apabila tanaman yang memiliki nilai jual tinggi diletakkan dalam pot biasa tentunya dapat mengurangi keindahan tanaman tersebut.

Begitupun sebaliknya, jika tanaman yang Anda gunakan tergolong murah maka Anda bisa meletakkannya dalam pot yang biasa. Sebab jika tanaman yang murah ditempatkan pada pot berharga mahal maka akan muncul ketidak serasian.

Jika Anda sedang mencari tanaman yang cocok untuk ditanam dalam pot dan diletakkan di ruangan, Anda bisa mencoba tanaman sukulen yang cantik ini.

Bagaimana, apa sekarang Anda sudah siap mendekorasi rumah dengan tanaman yang diletakkan dalam pot tanah liat? Selamat mencoba, ya 🙂

Credit photo: etsy.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top