Indo Blog Net

Tips and Trick

Tips Memilih Partisi Rumah Minimalis Agar Ruangan Tampak Lebih Luas

partisi rumah minimalis

Pernah dengar istilah partisi ruangan? Partisi ruangan merupakan salah satu elemen yang dapat membagi ruangan ke dalam beberapa bagian, juga bisa menjadi sekat yang membatasi antara ruang satu dengan lainnya. Umumnya partisi ruangan ini bersifat non permanen alias bisa dipindah-pindah.

Partisi ruangan bisa diterapkan pada berbagai macam desain rumah. Model dari partisi ruangan pun beraneka ragam sehingga mudah disesuaikan dengan gaya rumah Anda. 

Fungsi Partisi dalam Desain Rumah 

Keberadaan partisi dalam desain rumah adalah untuk membedakan antara ruang yang satu dengan ruang lainnya supaya mempunyai fungsi yang berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai fungsi sebuah partisi dalam desain rumah, berikut ini ulasannya:

Membagi ruangan

Utamanya partisi ruangan berfungsi untuk membagi sebuah ruangan menjadi beberapa bagian. Ruangan yang dipisahkan oleh partisi maka nilai fungsionalnya akan berbeda antara ruang yang satu dengan lainnya.

Misalnya, partisi ruangan yang memisahkan ruang tamu dengan ruang tengah, ataupun memisahkan ruang keluarga dengan ruang makan. Maka fungsional masing-masing ruang yang dipisahkan oleh partisi menjadi berbeda. 

Memberi privasi untuk sisi ruang yang lain

Adanya partisi ruangan akan memberikan privasi pada sisi ruang yang lain, misalnya pemasangan partisi untuk memisahkan ruang tamu dengan ruang keluarga.

Tanpa adanya partisi, ruang tamu dan ruang keluarga tersebut tidak akan berfungsi dengan maksimal karena tak ada privasi.  

Menjadi elemen dekoratif ruangan

Fungsi yang ketiga ini justru merupakan fungsi yang paling menarik dari partisi ruangan ini. Ya, selain kedua fungsi di atas, partisi juga seringkali dijadikan elemen dekoratif dalam sebuah ruang agar ruangan tampak lebih menarik.

Baca juga: 9 Barang yang Wajib Ada dalam Desain Ruang Keluarga

Sebab ada banyak pilihan jenis partisi yang bisa Anda gunakan, mulai dari pemilihan model hingga material yang berbeda dapat memberikan keunikan tersendiri pada hunian.

Tips Memilih Partisi Rumah Minimalis Agar Ruangan Tampak Lebih Luas

Tertarik untuk memasang partisi ruangan di rumah minimalis Anda? Dengan pemilihan partisi yang tepat, partisi ruangan juga bisa membuat ruangan jadi terlihat lebih luas.

Yuk, simak tips-tips berikut ini agar partisi ruangan untuk rumah minimalis Anda dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan menarik.

1. Partisi besi

Partisi besi minimalis

Credit: insinyurbangunan.com

Partisi yang terbuat dari material besi sangat cocok diaplikasikan pada hunian bergaya minimalis. Partisi besi terlihat simpel sehingga ruangan terlihat lebih lengang dan luas. Sebaiknya pilih partisi berbahan besi tipis untuk rumah yang lebih mungil supaya tidak memakan banyak tempat dan ruangan tidak terlihat penuh.

Anda dapat memilih warna besi yang disesuaikan dengan tema warna ruangan sehingga partisi lebih menyatu dengan desain ruangan. Namun jika ruangan termasuk sangat mungil, pilihlah warna muda seperti putih, sebab warna putih dapat memberi efek ruang lebih lapang.

Agar partisi yang terbuat dari besi ini bisa lebih awet, jangan lupa untuk rutin membersihkannya dari debu yang menempel. 

2. Partisi cermin

partisi rumah minimalis

Credit: furnizing.com

Selanjutnya, permainan cermin sebagai partisi ruangan juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda pemilik rumah minimalis. Ruangan yang berukuran kecil seringkali membuat Anda bingung bagaimana menempatkan partisi agar ruangan tidak semakin terasa sempit, bukan? Nah, partisi cermin ini solusinya.

Partisi yang dilapisi cermin ini akan memantulkan bayangan pada objek yang berada di depannya, sehingga menghasilkan kesan ruangan yang terlihat lebih luas dan lapang dari yang sebenarnya.

Selain itu, partisi cermin juga tentunya membuat ruangan jadi tampak lebih cantik. Agar partisi cermin ini lebih kuat dan aman pastikan agar penyangganya dilapisi dengan material besi. 

3. Partisi kaca

Partisi kaca untuk ruangan minimalis

Credit: pintuminimalis.com

Partisi yang terbuat dari kaca juga bisa digunakan untuk memisahkan ruangan pada rumah minimalis. Partisi kaca ini ada yang terbuat dari kaca polos, kaca yang dilaminasi, kaca es, kaca refleksi, ataupun kaca tempered.

Selain berbagai pilihan jenis kaca, partisi ini juga tersedia dalam berbagai model desain yang bisa dipilih sesuai dengan tema ruangan yang Anda inginkan. 

Partisi kaca akan memberikan kesan luas pada ruangan. Di samping itu, ada beberapa kelebihan dari penggunaan partisi kaca ini, diantaranya menjadikan ruangan tampak lebih elegan dan estetik, lebih mudah menyerap cahaya matahari sehingga ruangan tidak lembab, ruangan jadi terkesan lebih bersih dan terang, serta mudah dipindahkan jika satu saat Anda ingin memodifikasi ruangan. 

4. Partisi manik

Partisi manik minimalis

Credit: dekoruma.com

Anda ingin ruangan di rumah jadi terlihat lebih manis? Coba gunakan partisi yang terbuat dari manik-manik. Selain berfungsi untuk memisahkan ruangan, partisi manik juga bisa menjadi elemen dekoratif yang mempermanis ruangan.

Dengan partisi manik Anda pun tak perlu khawatir ruangan jadi terlihat sempit. Celah-celah pada partisi manik menimbulkan efek transparan pada ruang yang lain sehingga ruangan tidak terlihat sempit. 

Saat terkena paparan cahaya, efek pantulan dari partisi manik ini pun membuat ruangan tampak lebih menarik dan unik. Namun, pastikan Anda membeli partisi manik yang panjangnya tidak sampai menyentuh lantai, biarkan partisi menggantung beberapa centimeter dari lantai. 

5. Partisi tanaman

Partisi tanaman unik untuk ruangan minimalis

Credit: hipwee.com

Bagi Anda penggemar tanaman hias pasti suka dengan partisi yang satu ini. Ya, tanaman hias juga bisa dijadikan partisi ruangan. Partisi tanaman akan menghadirkan atmosfer outdoor di dalam rumah Anda.

Ruangan yang dihiasi dengan partisi tanaman tentunya jadi terasa lebih segar dan indah. Partisi tanaman juga dapat memberikan kesan ruangan lebih lapang karena adanya nuansa outdoor dari tanaman tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Dekorasi Terarium Tanaman Sukulen

Anda bisa jejerkan tanaman dalam pot atau yang disangga menggunakan besi maupun kayu sebagai partisi ruangan. Jika Anda ingin menghasilkan kesan yang lebih indah, Anda bisa pilih tanaman hias yang memiliki bunga-bunga cantik.

Supaya tanaman selalu sehat dan segar, jangan lupa untuk rutin menyemprotnya dengan air. Kelebihan dari partisi tanaman ini yaitu membuat udara ruangan jadi lebih segar. 

Wah, menarik bukan partisi-partisi di atas? Rumah minimalis Anda jadi terasa lebih luas dan cantik. Yuk, dicoba!

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram has returned invalid data.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top