Kuliner

Tips Memilih Makanan Halal di Jepang

makanan halal di jepang

Saat kita di Jepang, akan sulit menemukan makanan yang halal dan boleh dimakan. Untuk itu, ini yang bisa dicoba ketika mencari makanan halal di Jepang.

Bagikan Jika Bermanfaat

Bagi umat muslim, kehalalan dari makanan yang dimakan itu penting untuk diperhatikan. Di Indonesia kaum muslim tentu dapat mudah melakukannya karena Indonesia adalah negeri dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Tinggal cari makanan yang tidak mengandung babi pada kemasannya atau mencari makanan yang berlogo halal dari MUI (walaupun tidak semua makanan yang tidak berlogo halal adalah haram), masalah pun dapat teratasi. Perkara halal atau haram sudah jelas dan umat muslim dapat mengonsumsinya dengan tenang.

makanan halal di jepang

Itu sih di Indonesia. Namun bagaimana jadinya jika suatu waktu kita yang muslim berada di Jepang dan mengharuskan tinggal lama di sana, entah untuk urusan pekerjaan, pendidikan atau bahkan sekadar jalan-jalan? Kira-kira bisa enggak ya kita yang muslim mengenali mana makanan yang halal dan haram? Hm…

Di Jepang emang enggak ada makanan yang berlogo halal. Tapi enggak berarti bahwa makanan tanpa logo itu adalah otomatis haram untuk dimakan. Mengonsumsi telur, ikan dan sayuran atau makan di restoran halal mungkin menjadi pilihan paling aman jika kita berada di Jepang. Namun hal itu belum tentu kita bisa melakukan seterusnya dan bukan berarti pula kita harus antipati dengan makanan lainnya.

Oleh karena itu, lewat tulisan ini saya ingin berbagi tips tentang mengenali makanan halal di Jepang. Insyaallah semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman muslim saat berada di Jepang atau minimal memudahkan teman-teman dalam membeli makanan impor Jepang yang didistribusikan di Indonesia namun kemasannya masih berbahasa Jepang.

Tips Mengenali Makanan Halal Jepang: Kenali Kanjinya!

Lalu apa sih yang mesti kita lakukan? Wah, gampang sekali!  Tips paling mudah untuk kita terapkan untuk mengenali apakah makanan Jepang itu halal atau tidak adalah dengan mengenali huruf kanji yang berarti ‘babi’.

Kok kanji? Yap, soalnya kanji telah menjadi bagian hidup dari masyarakat Jepang. Jepang memiliki 4 huruf, yakni hiragana, katakana, kanji dan romaji (huruf alfabet dari A-Z). Di antara keempat huruf itu, kanji adalah huruf yang paling banyak digunakan. Intinya, tugas kita adalah mengingat kanji yang berarti ‘babi’ tersebut.

Kalau kita menemukan huruf itu dalam suatu makanan, umat muslim harus menghindarinya karena makanan tersebut mengandung babi. Jika tidak ada, kemungkinan besar makanan itu halal sehingga bisa dimakan oleh kaum muslim.

Lalu seperti apa sih kanji ‘babi’ dalam Bahasa Jepang? Nah, ini dia tulisannya!

Perlu kita ketahui, kanji tidak dibaca dalam satu cara baca saja. Huruf kanji bisa dibaca lebih dari satu cara baca. Pada dasarnya, babi disebut “buta” dalam bahasa Jepang. Namun babi juga memiliki kosakata lain, yakni “ton” dan “pooku” (dari kata pork dalam Bahasa Inggris).

Cara bacanya banyak sih, tapi teman-teman enggak perlu khawatir. Sepanjang itu berhubungan dengan arti yang mengandung unsur ‘babi’, kosakata bahasa Jepang yang berarti ‘babi’ akan ditulis dalam huruf kanji yang sama, yakni .

Jadi, mau dibaca dengan cara apapun, kalau berhubungan dengan ‘babi’ entah itu daging babi kek, minyak babi atau zat yang terbuat dari babi ya kanjinya bakal tertulis . Itu artinya, jika ada makanan yang mengandung unsur kanji , maka kita yang muslim tidak boleh memakannya karena mengandung unsur yang diharamkan, yakni babi.

Inget tentang tips mengenali makanan halal dalam Bahasa Jepang? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, yang perlu kita lakukan untuk mengenali makanan halal Jepang adalah dengan mengenali kanjinya. Jika ada makanan yang mengandung tulisan , maka makanan tersebut adalah haram dan jika tidak ada, maka makanan tersebut adalah halal untuk dimakan.

Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top