Menulis Yuk

5 Tips Membuat Password Super Aman yang Sulit Ditembus Hacker

Teknlogi digital semakin maju dan canggih. Kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, salah satunya adalah menjalin tali silaturahmi. Walaupun saudara kita berada di belahan bumi yang lain, tapi kita masih bisa menghubunginya. Bahkan dengan teknologi internet, kita bisa melakukan video call. Itu artinya internet sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Namun apakah anda sadar kalau di luar sana ada banyak sekali orang pintar tapi malah usil. Layaknya orang yang dianugrahi ilmu tapi tidak digunakan dalam hal kebaikan. Justru sebaliknya, orang seperti ini menggunakan ilmu tersebut untuk hal tidak baik dan malah merugikan orang lain.

Misalnya saja seperti hacker. Sebenarnya orang seperti dia sangat ahli dalam bidang komputer. Namun karena salah jalan, ilmu yang dia punya malah digunakan untuk mencuri, hingga membobol password website dan akun pribadi orang lain hanya untuk kesenangan diri sendiri.

Hal seperti ini memang wajar sekali. Namun jangan sampai kita jadi korban keusilan hacker. Kalaupun membalas aksi hacker tentu sangat sulit sekali. Namun kita bisa mencegahnya dengan cara membuat password super aman. Sehingga para hacker langsung bingung dan menyerah. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pertama: Buat Password dengan Kombinasi Huruf, Angka dan Karakter

Biasanya para hacker menggunakan metode “dictionary attack” untuk membobol akun digital anda. Dictionary attack sendiri adalah cara yang biasa digunakan untuk meretas akun melalui kata-kata di kamus. Dengan mencocokkan setiap kata yang ada, maka password pada akun pribadi anda bisa diketahui.

Kalau password yang kita buat itu terdiri dari huruf, angka, serta karakter, pasti hacker bakal pusing sekali. Ini merupakan cara yang paling gampang untuk membuat password. Namun ingat, biasanya orang sering lupa kalau terlalu banyak kombinasi password. Jadi pastikan anda selalu ingat ya.

Kedua: Pakai Huruf Kecil dan Huruf Besar

Apabila masih ragu dengan metode membuat password yang pertama, maka bisa ditambah dengan memakai huruf besar dan kecil. Dengan keamanan seperti ini, bisa dipastikan para hacker makin bingung. Cara ini juga efektif kalau password digunakan itu hanya terdiri dari huruf saja. Pastikan huruf kecil dan huruf besarnya acak, sehingga hacker semakin kesulitan.

Saat ini banyak sekali website dan sosial media yang harus memakai kombinasi huruf besar dan huruf kecil. Tujuannya sudah pasti, karena mereka juga ingin melindungi pengguna sosial media lebih aman. Dengan begitu kita bisa merasa aman tanpa takut privasi bakal diketahui orang lain.

Ketiga: Maksimalkan Karakter Password

Ada pepatah yang mengatakan, “makin panjang makin kuat”. Jangan berpikir negatif dulu, disini kita membahas tentang password. Jadi kalau password yang digunakan itu semakin panjang, maka saya yakin hacker juga akan kebingungan. Coba bandingkan dengan karakter password yang pendek, tentu tidak butuh waktu lama bagi hacker untuk meretas akun pribadi anda bukan?

Lalu sebenarnya berapa jumlah maksimal karakter yang ada di password? Tidak ada, namun biasanya paling aman itu minimal jumlah karakternya ada 8. Lalu gabungkan juga dengan kombinasi karakter, angka dan huruf, serta jangan lupa pakai huruf kecil dan huruf besar. Bisa dipastikan hacker bakal pusing tujuh keliling.

Keempat: Jangan Memakai Bahasa Inggris yang Mudah Ditebak

Seperti yang kita tahu, saat ini bahasa paling populer serta bahasa internasional adalah bahasa inggris. Biasanya para hacker juga memulai peretasan pada akun pribadi dengan memakai bahasa inggris. Hal ini sudah jadi rahasia umum. Untuk mengatasinya, anda bisa memakai bahasa daerah anda. Yang mana bahasa itu sulit ditebak oleh orang lain. Atau bisa juga menggunakan bahasa gaul anak kekinian yang sulit dipahami dan dicerna oleh orang normal.

Kalaupun terpaksa memakai bahasa inggris, pastikan anda tidak lupa memakai kombinasi yang sudah dijelaskan di atas tadi.

Kelima: Jangan Memakai Password Yang Sama pada Setiap Akun

Ini adalah tips terakhir dan paling penting. Yaitu jangan sampai memakai password yang sama pada setiap akun pribadi. Kenapa? Karena kalau satu akun sudah diketahui oleh hacker, maka orang seperti ini tidak akan berhenti pada satu akun saja. Hacker merupakan tipe orang yang tidak pernah puas, ketika satu akun diteretas maka dia bakal menelusuri semua akun yang berkaitan.

Misalnya saja, password akun Email sama dengan password Facebook, Twitter, serta Instagram. Ketika salah satu akun saja diketahui oleh hacker, maka habislah kita. Tapi kalau membuat password jangan sampai lupa, minimal anda selalu ingat password Email.

Itu tadi sedikit ulasan mengenai tips membuat password super aman untuk akun pribadi. Intinya jangan pernah membuat celah yang lebar untuk para hacker. Karena di luar sana banyak sekali orang yang tidak tanggung jawab yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys 😀 Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan 😉 Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik 😀
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top