blog

Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Clickable Tapi Nggak Clickbait

Tip Membuat Judul Artikel Blog yang Clickable Tapi Nggak Clickbait

Judul yang clickable dapat mencuri perhatian pembaca. Namun tidak harus clickbait untuk mendatangkan banyak visitor. Gunakan cara berikut ini.

Bagikan Jika Bermanfaat

Ada yang sering jengkel saat ngeklik judul artikel blog atau berita yang tampaknya menarique, tapi ternyata setelah dibaca … haelah … nggak ada apa-apanya? Bahkan judulnya apa, isinya ke mana? Sering ya? Lalu apa reaksi teman-teman? Misuh-misuh, bilang, “Bangke!”, atau cc-in ke akun @ClickUnbait yang ada di Twitter? 😆 hehehe.

Yah, ini dia fenomena judul clickbait, yang lagi diperangi oleh sebagian besar pengelola platform media sosial, menanggapi keluh kesah pengguna yang melaporkan ‘kena tipu’ judul-judul penuh sensasi yang setelah dikunjungi ternyata … ahhh, gitu doang. Atau malah berbeda sama sekali.

Memang sih, semakin ke sini saya pribadi juga merasa bahwa yang namanya judul ini menjadi sesuatu yang rumit. Kalau dulu mah, pas belum terlalu mikirin, judul ya judul aja. Tapi semakin ke sini, semakin banget kerasa kalau judul ini justru menjadi hal paling penting sekaligus paling rumit.

Memang perlu ngulik secara khusus sih untuk bisa membuat judul artikel blog yang menaik, clickable, tapi enggak clickbait ini. Berikut beberapa tip yang bisa teman-teman lakukan.

Tips Membuat Judul Artikel Blog yang Clickable tapi Nggak Clickbait

Beberapa Tipe Artikel Blog yang Bisa Membawa Traffic Banyak Menurut QuickSprout

1. Mengandung emosi

Sebentar. Mari kita luruskan terlebih dahulu. Emosi di sini bukan melulu soal rasa amarah lo ya. Ada 2 macam emosi, yaitu emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif misalnya seperti rasa senang, bahagia, puas,  motivated, dan lain sebagainya. Emosi negatif misalnya seperti rasa sedih, kecewa, marah, dan lain sebagainya.

Lalu, emosi yang seperti apa yang bisa dijadikan sebagai judul?

Dua-duanya bisa, tergantung topik dan pesan yang terkandung dalam artikel yang kita tulis.

CoSchedule–sebuah perusahaan marketing strategy–punya data penelitian yang membuktikan, betapa efektif judul yang punya nilai emosional yang tinggi untuk bisa diklik oleh calon pembacanya. Bahkan untuk mengukur nilai emosional sebuah judul ini ada tool-nya juga lo, namanya Emotional Marketing Value, yang dibuat oleh Advanced Marketing Institute.

CoSchedule menemukan, bahwa semakin tinggi skor EMV, maka semakin tinggi pula jumlah share yang didapatkan oleh sebuah artikel. Share-nya ini organik ya, bukan share sedekah.

So, tool EMV di atas mungkin hanya bisa berlaku untuk artikel berbahasa Inggris, tapi kita bisa kok menguliknya sendiri. Kata-kata yang mengandung emosi misalnya saja seperti bahagia, sehat, kecewa, puas, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan kata-kata yang powerful

Nah, dalam bahasa Inggris sendiri sebenarnya ada kata-kata yang bisa dimasukkan dalam daftar “powerful words” yang punya efek triggering orang untuk bertindak. Teman-teman bisa lihat di artikelnya Smart Blogging ini.

Ya memang, dalam daftar itu kata-katanya dalam bahasa Inggris sih, tapi bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Misalnya seperti “amazing” = mengagumkan atau luar biasa; “annoying” = mengganggu, genggeus; “brilliant” = brilian; “heavenly” = surgawi; dan seterusnya.

Dengan memilih dan mempergunakan powerful words dengan tepat dalam judul, kita bisa memengaruhi pembaca untuk klik judul, dan membaca artikel kita.

3. Ungkapkan keunggulan

Karena kita yang menulis artikelnya, maka kita pastinya harus tahu keunikan ataupun keunggulan apa yang akan kita angkat dalam tulisan. Nah, keunggulan ini yang harus juga ditulis pada judul.

Misalnya saja seperti artikel ini. Kalau hanya “tip membuat judul” saja, pasti kurang menarik. Tapi kalau ditambahkan “clickable tapi nggak clickbait” pasti lebih mencuri perhatian. Karena memang “membuat judul clickable tapi nggak clickbait” itulah yang sedang dibahas di sini kan?

Contoh lain. “Berkunjung ke Lokasi Wisata Alam yang Instagrammable”. Kata “Instagrammable” menjadi sesuatu yang diunggulkan dalam artikel kita. Jadi, harus ditulis di judul.

Contoh lain lagi. “Cara Mengajak Anak Belajar Bahasa Inggris secara Lebih Efektif dan Mudah”. Di sini, frasa “Lebih Efektif dan Mudah” menjadi keunggulan.

Jadi temukan satu keunggulan yang paling menonjol dari artikel kita, lalu taruh di judul.

4. Tuliskan angka

Adanya angka di antara deretan huruf bisa menjadi penarik perhatian. Conductor pernah melakukan penelitian juga mengenai hal ini, seperti yang diulas oleh Moz. Boleh tuh, dibaca artikelnya yah. Saya mah nggak menjelaskan panjang lebar. Ntar kepanjangan 😆

Yang pengin saya garis bawahi adalah ini.

Tip Membuat Judul Artikel Blog yang Clickable Tapi Nggak Clickbait

Mengapa angka menjadi daya tarik dalam judul? Karena angka membuat artikel menjadi lebih spesifik, dan memberikan ekspektasi yang jelas pada pembaca.

Angka di sini juga nggak hanya me-refer pada jumlah poin listicle saja lo. Bisa saja waktu atau jumlah. Misalnya, “Resep Sayur Praktis – 15 Menit Jadi”, atau “Cara Menaikkan Pageview 1000/hari”, dan lain sebagainya.

So, teman-teman, kapan pun ada peluang untuk memberikan angka pada judul, maka tulislah angkanya. Jangan ditulis dalam kata. Misalnya 9 jadi “sembilan”. Tulislah angkanya ya.

Iya.

5. Ungkapkan hasil

Setiap pembaca yang datang ke artikel kita pastilah mengharapkan sesuatu untuk didapatkan. Maka, jika ada hal-hal yang memang kita tawarkan pada akhir artikel, maka kita bisa juga menuliskannya di judul.

Misalnya, kita menulis tip menata ruang kerja. Kalau pembaca mengikuti tip menata dari kita ini, dijamin deh, semangat kerja terjaga. So, judul apa yang bisa kita buat untuk artikel ini? Ya, misalnya saja, “5 Tip Menata Ruang Kerja di Rumah Agar Semangat Kerja Selalu Terjaga”.

Contoh lain. Kita membuat tip membuat foto Instagram, yang cantik dan keren seperti punya para selebgram. Maka, tulislah judul misalnya, “Begini Ternyata Cara Membuat Foto untuk Instagram Sekeren Para Selebgram”.

Nah, pastinya teman-teman juga enggak harus melakukan kelima tip membuat judul artikel blog di atas semua sekaligus setiap kali menulis sih. Bisa saja, hanya ambil 3 trik, atau 4 trik. Semua tergantung kreativitas kita dalam meramu judulnya sendiri.

Semakin sering kita ulik, semakin terampil pula kita membuat judul.

So, selamat nulis ya!

Meet me

CarolinaRatri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker.
Meet me
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • @Regran_ed from @greenpramukasquarejakarta -  GET READY FOR THIS!

INSTAGRAM PHOTO CONTEST📣📣📣 Hi GP Squad, bertepatan dengan hari jadi Green Pramuka Square yang ke-2 pada 22 Desember 2018 mendatang kita akan bagi-bagi hadiah. Salah satunya lewat "Amazing Photo Contest" yang akan dibagi menjadi 2 kategori: Selfie/Wefie dan Food Photography. Periode lomba 23 November - 15 Desember 2018.

Mau tahu mekanismenya seperti apa, simak di bawah ini: 
1. Untuk kategori selfie/wefie, kamu bisa memanfaatkan area atau spot GPS. Boleh saat sedang berbelanja, makan atau nonton
2. Untung kategori Food Photography, kamu bisa memanfaatkan tenant restoran di GPS. Dan jangan lupa harus diberi keterangan atau hastag nama menu makanan dan restorannya, ya!
3. Follow akun socmed GPS (FB, Twitter dan IG) @greenpramukasquarejakarta
4. Upload foto kamu dengan mention ke IG kita, dan ajak 5 orang teman kamu buat ikutan
5. Biar keikutsertaan kamu makin afdol, jangan lupa kasih hastag #greenpramukasquarejakarta #2thnGreenPramukaSquare dan #amazinggreenpramukasquare
6. Akan dipilih 3 orang pemenang dengan foto dan caption menarik dengan hadiah sebagai berikut:
Juara 1 Rp 1.000.000
Juara 2 Rp  750.000 
Juara 3 Rp  500.000

Dan dari semua hadiah yang menanti, akan ada Grand Prize berupa Smartphone XIAOMI REDMI 6 dan 5 buah bingkisan menarik untuk hadiah hiburan. Yakin nggak mau ikutan? Kita tunggu foto-foto ciamik kalian, GP Squad.

Swipe left, for more info!

#amazingphotocontest #selfiecontest #wefiecontest #foodphotography #2thngreenpramukasquare #2ndanniversary #greenpramukasquare #greenpramukasquarejakarta - #regrann

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top