Menulis Yuk

4 Tips Saat Membeli Akun Media Sosial untuk Bisnis

Strategi bisnis itu sangat beragam sekali. Mulai dari cara konvensional hingga cara yang modern seperti saat ini. Dengan teknologi internet, semua urusan bisnis bisa diatasi dengan mudah. Yang terpenting kita masih memakai cara ini untuk urusan yang benar, bukan malah menjatuhkan lawan bisnis. Justru cara yang tidak terpuji seperti ini hanya akan membuat bangkrut sebuah bisnis.

Saat ini sudah jamannya smartphone, hanya tinggal sekali klik semua transaksi bisnis teratasi. Berkat kecanggihan teknologi, media sosial yang baru juga selalu ada, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan juga Snapchat serta masih banyak yang lain lagi.

Seiring berjalannya waktu, media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk berhubungan atau menjalin silaturahmi dengan teman. Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis, seperti Facebook Ads, jasa tambah follower, endorse, hingga ada jual beli akun media sosial. Lalu sebenarnya bagaimana cara membeli akun media sosial yang baik untuk urusan bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

Pertama: Menentukan Tujuan

Hal paling awal yang harus anda lakukan adalah menentukan tujuan membeli akun media sosial. Sebenarnya apa sih yang mengharuskan anda untuk memiliki akun tersebut? Mungkin saja anda memiliki bisnis dan ingin memasarkannya melalui media online. Tentu anda butuh akun bisnis untuk branding supaya dikenal oleh para followers.

Namun, akun media sosial kadang tidak hanya digunakan untuk online shop saja. Ada juga yang memanfaatkannya untuk media endorse atau memberikan jasa promosi. Caranya cukup mudah, tinggal membuat atau membeli akun media sosial publik yang berisi meme, kata-kata motivasi, atau video lucu. Setelah jumlah follower membludak, maka anda bisa memanfaatkannya untuk mencari uang lewat media sosial.

Kedua: Mensurvei Followers Akun Media Sosial

Setiap akun media sosial yang punya banyak followers belum tentu memiliki tingkat interaksi yang tinggi. Hal semacam ini memang wajar terjadi. Karena di dunia maya itu tidak nyata. Bukan berarti saya menuduh, tapi kadang ada oknum jasa penambah followers media sosial yang nakal. Ada juga yang mengambil jalan pintas hanya dengan menambahkan akun bot.

Memang jumlah follower bertambah, namun karena itu hanya bot jadi tidak bisa melakukan apapun. Ketika update sebuah status, maka yang terjadi malah sepi dan kadang sama sekali tidak ada yang merespon. Apalagi yang bikin jengkel adalah ketika ada spam comment dari online shop palsu. Yang paling marak saat ini ada di Instagram. Hingga ada beberapa artis tanah air yang merasa terganggu akan iklan spam tersebut.

Jangan pernah menyepelekan hal ini, karena bisa jadi bisnis yang anda jual malah tidak laku. Dimana-mana yang namanya pembeli adalah raja. Sehingga wajar kalau kita sedikit kepo akun tersebut. Kalau bisa, minta trial satu status saja yang mengarah ke produk anda. Perhatikan bagaimana respon dari followers, kalau memang tingkat interaksinya tinggi maka tidak apa-apa. Namun harus tetap ingat, pembeli juga tidak boleh semena-mena.

Ketiga: Mengecek Frekuensi Status Promosi

Promosi adalah cara termudah untuk mengenalkan produk kepada calon pembeli. Entah itu nanti bakal dibeli atau tidak bukan urusan sang penjual. Namun penjual yang cerdas selalu punya cara untuk meminimalkan promosi tapi tetap memiliki jumlah pembeli yang stabil. Seperti yang kita tahu, dana untuk promosi produk adalah pembagian uang yang paling besar dalam sebuah perusahaan.

Namun anda juga harus ingat, manusia memiliki rasa bosan. Untuk itulah kita harus sekreatif mungkin supaya produk yang terjual lebih banyak. Coba saja tengok akun media sosial yang statusnya hanya jualan lalu bandingkan dengan akun media sosial publik yang update status lucu, kata motivasi, meme, atau video unik. Pasti yang lebih rame adalah akun kedua bukan?

Keempat: Memilih Username yang Meaningfull

Ada pepatah yang mengatakan “don’t judge the book by the cover”. Memang sih kata-kata itu benar, namun realitanya semua calon pembeli hanya akan membeli produk kita ketika tertarik saat pertama kali melihat. Sehingga disini diperlukan nama yang meaningfull. Itu artinya tidak hanya punya arti saja, tapi juga harus unik, menarik, menjual, dan mudah diingat pembeli.

Karena hal ini sangat berkaitan dengan branding. Kalau sebuah merek produk sudah dikenal dan diingat terus oleh pembeli, maka akan ada return buying. Jadi mereka akan tetap membeli produk anda walaupun sama sekali tidak promosi dan memberikan diskon.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai tips membeli akun media sosial untuk bisnis anda. Yang terpenting adalah banyak cara supaya usaha lebih berkembang dan maju. Manfaatkan internet, terutama media sosial karena memiliki segmen pasar yang lebih luas dibandingkan promosi offline. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Selamat kepada 200 blogger terpilih yang akan membuat berisik jagad maya tentang realitas remaja milllenial : Generasi Z yang begitu kritis menyikapi hidup yang dinilainya tak sesuai dengan pola asuh.. Orang tua...wake up ! jangan lagi memandang anak sebagai objek yang bisa dengan leluasanya diatur. Mereka punya mata, hati dan nurani yang bisa berteriak bahkan memberontak sekiranya melihat prilaku orang tua yang tak sesuai dengan yang dilisankan dengan tameng "mendidik" ... >>> untuk blogger terpilih akan diemail hari ini.

Terima kasih kepada lebih dari 400 pendaftar.. semoga yang belum terpilih masih bisa berkesempatan join program berikutnya.. #Repost @miramiut (@get_repost)
・・・
Kami ada 
Dalam peradaban *Berilah kami kepercayaan untuk membuat karya yang bermanfaat
*Berilah kami kesempatan untuk menunjukkan bahwa hidup itu sangat berarti

Walau itu berbeda 
Walau tak semua tersusun rapi

Coming soon "My Generation" : film garapan Sutradara Upi yang layak ditunggu akan banyak sentuhan natural dan ide cerita yang unik serta berisi.

@mygenerationfilm
@upirocks
@Indoblognet

#MyGenerationFilm
#FilmMyGeneration

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top