Entrepreneur

Tips Membangun Bisnis Online Shop untuk Wanita

Online shop merupakan salah satu bisnis yang banyak diminati oleh para pemula, terutama wanita. Karena bisnis bidang ini tidak terlalu ribet dan bisa diatur dengan smartphone. Selain itu, target konsumennya juga luas. Sehingga bisa menjangkau siapa saja, dimana saja, serta kapan saja. Asalkan mau promosi, pasti dapat pelanggan yang membeli produk anda.

Sebenarnya banyak sekali bisnis yang juga bisa dijalankan. Bukan bermaksud mengikuti trend, tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau banyak toko konvensional yang tutup akibat kalah saing dengan online shop. Apalagi dengan dukungan platform marketplace yang selalu mencul menandakan bahwa bisnis online shop bukanlah bisnis musiman, melainkan bisnis jangka panjang.

Dengan dukungan internet yang semakin ngebut dan sudah berkembang hingga 4G menandakan bahwa online shop bisa bertahan lama. Bukti nyatanya seperti banyak ojek pangkalan yang beralih ke ojek online. Bahkan ada beberapa karyawan yang beralih jadi tukang ojek online karena memang penghasilannya lebih menjanjikan. Teknologi juga bisa membantu perekonomian keluarga jadi lebih baik. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi tips membangun bisnis online shop untuk wanita. Kenapa wanita? Karena banyak sekali wanita, terutama ibu rumah yang merasa kurang dengan penghasilan suami. Walaupun seharusnya kita harus bersyukur, namun tidak ada salahnya jika membantu keuangan keluarga dengan cara bisnis online shop.

Pertama: Pilih Produk yang Sering Dipakai

Bagi seorang pemula yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis online shop adalah bingung memilih produk. Hal seperti ini wajar, karena belum memiliki pengalaman apapun. Kalau sebelumnya sudah pernah bisnis dengan cara konvensional lebih baik dikembangkan dengan cara online. Tapi kalau tetap bingung lebih baik memakai produk yang sering dipakai.

Kenapa harus memilih produk yang sering dipakai? Karena kita sudah tahu kira-kira barang yang dijual itu seperti apa. Coba bayangkan kalau anda seorang wanita dan pemula dalam bisnis online shop malah menjual alat fitnes untuk pria. Pasti bingungkan. Mendingan jual produk seperti hijab, aksesoris, serta pakaian yang uptodate.

Selain itu ketika ada calon pembeli yang tanya tentang produk yang dijual, anda juga bisa menjelaskannya dengan mudah dan cepat. Sehingga calon pembeli merasa yakin dan membeli produk tersebut. Bandingkan kalau anda tidak tahu tentang barang yang dijual. Ketika ada calon pembeli yang tanya dan respon anda kurang baik, maka calon pembeli tidak akan terkonversi jadi pembeli.

Kedua: Menjual Produk Makanan

Seorang wanita dilahirkan di bumi memiliki kemampuan lebih dalam bidang masak memasak. Namun bukan berarti tidak ada pria yang bisa masak. Tapi sebagian besar wanita bisa masak, terutama bagi para ibu rumah. Sudah menjadi tanggung jawabnya untuk mengurus keluarga, termasuk memasak makanan untuk suami dan anak.

Jika anda memang hobi masak dan rasanya sangat lezat, tidak ada salahnya membuka usaha online shop dalam bidang makanan. Lagi pula sayangkan kalau punya bakat hebat, tapi tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Terserah anda mau membuat kue atau masakan lainnya. Yang penting rasanya nikmat, tanpa bahan pengawet, dan halal, pasti banyak yang suka.

Jika bingung memasarkannya, anda bisa menawarkan ke tetangga, teman kampus, teman kantor, atau hanya lewat media sosial. Mulai dulu dari orang terdekat, jika responnya positif bisa langsung ekspansi ke wilayah yang luas. Jangan lupa bikin kemasan produk yang menarik supaya lebih memperkuat personal brandingnya. Dengan begitu produk anda bakal dikenal oleh banyak orang.

Ketiga: Jadi Reseller atau Dropshiper

Salah satu masalah yang sering muncul ketika baru pertama kali membuka bisnis adalah modal. Baik itu bisnis konvensional atau bisnis online shop juga butuh modal. Tapi yang harus diingat adalah saat pertama kali memulai bisnis yang paling penting bukanlah modal, tapi niat.

Dengan niat dan tekad yang kuat, semua masalah bisa diatasi termasuk masalah modal uang. Jika bingung dengan keuangan, anda bisa memulai online shop dengan cara reseller atau dropshiper. Sebagai informasi, reseller adalah menjual produk dari produsen namun barangnya sudah kita beli. Sedangkan dropshiper adalah menjual produk namun barangnya tidak pernah kita beli tapi bisa dengan nama online shop kita sendiri. Kalau saya pribadi lebih menyarankan jadi dropshiper dibanding jadi reseller jika anda masih pemula.

Jangan malu jika belum memiliki produk sendiri. Yang penting anda tahu barang apa yang dijual dan barang tersebut banyak dibutuhkan oleh orang lain.

Dari pada anda memaksa pinjam uang untuk modal usaha online shop, lebih baik pakai cara ini saja. Kalau bikin produk sendiri belum tentu laku dijual dan ujung-ujungnya malah rugi serta sering ditagih utang oleh depkolektor. Ketika jadi reseller atau dropshiper, gunakan kesempatan itu untuk mencari ilmu sebanyak mungkin dan menabung untuk membuat produk sendiri.

Anda bisa memanfaatkannya untuk mempelajari bagaimana kondisi pasar dan juga apa yang sebenarnya diingankan oleh konsumen. Selain itu, anda juga bisa membrandingkan nama toko online shop anda. Dengan begitu, lambat laun ilmu dan pengalaman bisa bertambah dan nama online shop anda semakin terkenal. Kalau sudah seperti ini, tinggal diekspansi untuk memperbanyak jumlah pembeli.

Keempat: Promosi Produk Online Shop

Setelah produknya terpilih dan siap dipasarkan, tinggal promosi saja supaya banyak orang yang kenal dengan produk anda. Dalam hal ini nama online shop dan juga nama produk sangat berpengaruh sekali. Karena kalau namanya kurang menarik, tapi produknya bagus. Tetap saja hanya sedikit sekali orang yang beli. Dengan cara ini kita menjual barang secara online. Jadi calon pembeli tidak tahu bagaimana kualitas produk yang dijual.

Calon pembeli hanya akan tertarik jika sering mendengar nama tersebut atau ketika banyak orang yang membicarakannya. Dari sinilah mereka akan penasaran dengan produk yang anda jual. Secara tidak sadar, calon pembeli sudah masuk perangkap. Setelah itu tinggal bagaimana cara anda mengkonversi calon pembeli jadi pembeli sehingga menghasilkan uang untuk anda.

Jika anda bingung cara promosinya, anda bisa memanfaatkan media sosial, seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Anda juga bisa promosi di marketplace yang sudah besar, seperti BukaLapak dan Tokopedia. Kalau perlu bikin website supaya mendukung untuk jualan. Selain itu, website juga penting untuk branding produk serta nama online shopnya.

Kelima: Manfaatkan Komunitas

Ketika kumpul atau nongkrong bareng teman-teman satu komunitas, lebih baik tawarkan produk kepada mereka. Jangan malu ketika ada yang menolak atau meremehkan produk yang dijual. Selagi yang dijual halal dan bermanfaat untuk orang lain, maka tidak ada salahnya jika berjualan. Dari pada harus mencuri atau menipu, lebih baik usaha online shop.

Terutama untuk wanita yang suka ngumpul saat gosipin orang lain atau ibu-ibu yang suka arisan, lebih baik tawarkan kepada mereka. Karena promosi yang baik adalah promosi dari mulut ke mulut. Ketika ada satu pembeli yang merasa puas, maka pembeli tersebut akan merekomendasikan ke teman yang lain. Secara tidak langung akan ada banyak sekali teman yang diajak untuk beli produk anda.

Itu tadi sedikit penjelasan mengenai tips membangun bisnis online shop untuk wanita atau ibu rumah tangga. Yang terpenting dalam memulai bisnis adalah niat. Ketika anda gagal dan jatuh bangkrut, anda harus segera bangkit dan mencari tahu apa penyebabnya. Setelah itu diperbaiki kesalahan sebelumnya, dan lakukan itu semua secara konsisten. Suatu saat anda bisa sukses dari bisnis online shop. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

 

Image source: pixabay.com

 

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • #Repost @anisa.dee (@get_repost)
・・・
Pagi 😆😆😆 Mobil apa yang dimiliki saat ini? Saya baru punya Toyota Kijang, meski sudah 15 tahun usianya tp masih mampu dibawa jalan jarak jauh loh.

Ada yg sudah kenal dengan K-LINK Engine Power apa belum?

Saya baru kenal 1 bulan terakhir ini, di kotaknya dijelaskan K-LINK Engine Power merupakan Oil Additive yang bisa membersihkan seluruh ruang mesin hingga ke celah-celah terkecil, mengikat kotoran dalam ruang mesin, dan selanjutnya kotoran mesin dibuang melalui gas buang kendaraan.

Hasilnya akan meningkatnya performa mesin serta menghasilkan penggunaan bahan bakar minyak yang semakin minim/irit.

K-LINK Engine Power memiliki 7 Keunggulan yaitu:
1. Membuat BBM irit 10% – 50%
2. Membuat umur oli lebih panjang 50%
3. Meningkatkan performa mesin
4. Menjadikan mesin halus dan ringan
5. Menjaga suhu mesin tetap stabil
6. Menurunkan emisi gas buang
7. Menjadikan mesin bersih dan terawat

Mengetahui keunggulannya, tanpa ragu saya pakai dong untuk mesin mobil saya, cara pakainya: 10ml K-LINK Engine Power dapat digunakan untuk 1 liter oli 
K-LINK Engine Power ini dapat digunakan untuk SEMUA JENIS oli mesin, bensin maupun diesel, transmisi manual maupun matik.

Kondisi mobil saya lebih prima dan lebih awet dalam penggunaan BBM saat ini loh.

@klink_indonesia_official
@Indoblognet
#Klinksolusihidupmu
#Klinkmember15olusi

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top