Gaya Hidup

Tips Irit di Zaman Sulit

tips irit

Beberapa tahun belakangan kondisi finansial Indonesia sedang berada dalam kondisi sulit. Sempat muncul meme ISIS : Ini Susah Itu Sulit. Pemutusan Hubungan Kerja yang menimpa ratusan buruh, harga-harga barang kebutuhan pokok yang merangkak, biaya sekolah yang semakin melonjak tinggi menjadi penyebab kehidupan menjadi semakin terasa sempit. Penghasilan keluarga seminim apapun harus mampu memenuhi kebutuhan-kebutuhan angota keluarganya. Tapi itu semua bukan alasan untuk mengeluh dong. Kita harus move on. setuju?! Iyess.

      Ibu rumah tangga sekaligus bertindak sebagai manager keuangan keluarga adalah pihak yang paling sulit menghadapi kondisi finansial yang semakin mencekik. Ibu rumah tangga harus mampu mengelola keuangan keluarga sedemikian rupa dan mempersiapkan dana tabungan untuk hal-hal tak terduga serta persiapan masa depan. Sebagai koki keluarga sang ibu dituntut mampu menyajikan menu bergizi dengan anggaran hemat. Sebagai manager finansial ibu diminta mampu menyisihkan sebagian dari pendapatan keluarga.

      Apa saja tips irit di zaman sulit? Beberapa tips berikut ini bisa dipertimbangkan sebagai solusi praktis untuk tetap bisa berhemat namun makan tetap terasa nikmat:

  1. Menyajikan menu berbahan murah dalam variasi masakan. Tempe tahu adalah bahan makanan murah namun bisa diolah dalam berbagai variasi menu seperti botok, nugget, perkedel, bacem, sayur berkuah santan.
  2. Memilih buah yang sedang musim. Buah seringkali dianggap sebagai barang mahal padahal vitamin dan gizi yang terkandung di dalamnya sangat diperlukan bagi tubuh. solusinya bisa memilih buah yang sedang musim. Harga buah lokal musiman jauh lebih murah dibandingkan buah impor. Gizi tetap terpenuhi, kantong tetap terisi
  3. Memanfaatkan promo. Promo di toserba dan swalayan memberi kesempatan untuk berhemat. Pastikan harga promosi benar adanya dan bukan sekedar cara menarik minat pembeli, jika perlu bandingkan harga dengan toserba lain melalui booklet yang dibagikan gratis
  4. Beli di grosir. Membeli produk langsung di grosir atau distributor jauh lebih murah jika harus membelinya secara eceran. Harga telur di distributor misalnya bisa terpaut hingga empat ribu rupiah perkilogram jika harus membeli di supermarket.
  5. Menanam beberapa komoditas. Cabe, tomat, sayuran bisa ditanam dengan moetode hidroponik atau memanfaatkan lahan sempit. Mengupayakan menanam secara swadaya membantu menghemat anggaran belanja.

Tidak ada yang sulit untuk memberlakukan metode belanja irit. Hanya perlu tips trik tertentu agar tetap hemat dan anggaran belanja tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top