Indo Blog Net

Fotografi

8 Tips Fotografi Keren Hanya Menggunakan Kamera Handphone

tips fotografi menggunakan kamera handphone

Seiring dengan semakin populernya penggunaan Instagram, maka semakin banyak pula para Instagrammer yang tertarik mempelajari fotografi agar dapat posting foto keren di feed mereka. Termasuk Anda? Sebab foto-foto yang menarik tentu saja akan meningkatkan kualitas akun Anda. Hal ini sangatlah penting terutama bagi Anda yang berprofesi sebagai influencer atau selebgram. 

Kabar baiknya adalah Anda juga bisa lho membuat foto yang keren hanya dengan kamera handphone. Tak semua orang bisa membeli kamera canggih ataupun kursus fotografi, bukan?

Nah, pada artikel kali ini akan diulas mengenai berbagai tips fotografi hanya dengan menggunakan kamera handphone. Tentunya tips-tips ini mudah untuk Anda praktikkan.

Tips Fotografi Keren Menggunakan Kamera Handphone

Menggunakan kamera handphone untuk memotret memang jauh lebih praktis dibanding menggunakan kamera lainnya. Handphone lebih nyaman digenggam dan selalu siap sedia untuk digunakan kapanpun.

Sebenarnya foto yang menarik tidak tergantung dari kamera apa yang Anda gunakan, tapi bagaimana kepandaian sang pengambil gambar.

Yuk, ikuti beberapa tips fotografi keren menggunakan kamera handphone berikut ini.

1. Dapatkan pencahayaan yang tepat

Tips fotografi menggunakan kamera handphone yang pertama adalah pastikan Anda mendapatkan pencahayaan (exposure) yang tepat. Perhatikan hal ini sebelum Anda mengklik tombol shutter pada kamera handphone. Coba perhatikan cahaya di sekitar subjek foto Anda, apakah terlalu gelap atau mungkin terlalu terang. 

Untuk menyesuaikan pencahayaan, Anda dapat mengetuk area layar handphone dimana subjek foto berada. Lalu akan muncul lingkaran atau kotak kuning di area yang Anda ketuk tersebut. Di sebelah lingkaran atau kotak kuning terdapat tombol penggeser.

Anda dapat menggerakkan penggeser ke arah atas untuk mencerahkan atau ke bawah untuk menggelapkan.

2. Mendekatlah 

“If the photo isn’t interesting enough, you’re not close enough.” – Robert Capa [famous photographer]

Tips fotografi keren menggunakan kamera handphone berikutnya yaitu dekatkan kamera pada subjek foto Anda. Pikirkan apa yang Anda benar-benar ingin orang lihat sebagai hal penting dalam foto Anda? Itulah subjek foto Anda. Fokus dan mendekatlah padanya. 

Umumnya handphone zaman sekarang dapat fokus hingga dekat dengan subjek, namun semua lensa kamera tentunya mempunyai jarak fokus minimum, dimana titik di depan lensa tidak dapat difokuskan lebih dekat lagi. 

Jika kamera Anda sudah sangat dekat dengan subjek foto namun masih terlihat buram, maka coba menjauhlah beberapa centimeter hingga foto menjadi lebih tajam. Cara ini akan membuat subjek foto terlihat lebih tajam dan enak dilihat. 

3. Memanfaatkan cahaya dari jendela

Memanfaatkan cahaya dari jendela juga termasuk salah satu tips fotografi keren menggunakan kamera handphone. Meskipun ada fitur flash di kamera handphone, namun hasilnya kurang menarik untuk hasil foto Anda. Oleh sebab itu sebaiknya hindari penggunaan flash jika ingin hasil foto Anda lebih bagus. 

Cara termudah untuk mendapatkan hasil foto yang indah adalah dengan memanfaatkan cahaya sinar matahari dari jendela Anda. Dibandingkan cahaya sinar matahari langsung, cahaya dari jendela akan menghasilkan foto dengan tampilan cahaya yang teduh dan lembut.

Baca juga: 9 Cara Unik Menghias Ruangan dengan Dekorasi Kaktus

Tips ini bisa Anda lakukan saat memotret di dalam ruangan, pilih ruangan yang mempunyai jendela dengan cahaya yang cukup terang. 

4. Sejajar dengan subjek

Tips fotografi keren dengan menggunakan kamera handphone yang keempat yaitu cobalah sejajar dengan subjek. Khususnya saat Anda ingin memotret anak-anak atau hewan peliharaan.

Dengan berada sejajar dengan subjek akan membuat sudut pandang yang lebih bagus dan hasil foto terlihat yang lebih dinamis. Jika diperlukan Anda dapat mengambil posisi berjongkok atau berlutut agar sejajar dengan subjek foto. 

5. Mengambil gambar dari balik jendela

tips fotografi menggunakan kamera handphone

Credit: sebuahmemoar.wordpress.com

Selanjutnya, tips fotografi keren menggunakan kamera handphone adalah dengan mengambil gambar dari balik jendela. Anda pernah melakukannya? Namun perlu diingat jangan mengambil gambar dari balik jendela tetangga, ya. Hehe.. 

Mengambil gambar dari balik jendela akan menghasilkan foto yang terlihat unik dan menarik. Adanya pantulan dari luar jendela membuat hasil foto jadi tampak fantastis. Anda tertarik untuk mencobanya? 

6. Bersihkan lensa kamera

Tips keenam fotografi keren menggunakan kamera handphone adalah bersihkan lensa kamera Anda. Meskipun produsen handphone telah membuat produk mereka tahan terhadap goresan namun Anda tetap perlu membersihkannya sesekali.

Sebab satu goresan kecil saja akan membuat kualitas kamera handphone Anda menjadi rusak. Tentunya Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan?

Kotoran yang menempel pada lensa jika tak dibersihkan bisa menggores lensa kamera Anda. Cukup bersihkan lensa menggunakan kain microfiber yang diberi sedikit air, lalu usapkan pada lensa kamera secara perlahan hingga lensa bersih. Lakukan hal ini juga untuk lensa kamera depan.

7. Gunakan ruang negatif

tips fotografi menggunakan kamera handphone

Credit: tinabenfanteophotography.com

Tips berikutnya untuk fotografi keren menggunakan kamera handphone yaitu menggunakan ruang negatif untuk foto Anda. Ruang negatif dalam fotografi maksudnya adalah area yang mengelilingi subjek utama foto. Sedangkan subjek foto dianggap sebagai ruang positif.  

Cobalah untuk mendapatkan ruang negatif yang cukup besar, yaitu latar belakang sederhana yang memenuhi foto Anda. Misalnya, saat Anda mengambil gambar sebuah pemandangan, jadikan bentangan langit biru yang luas sebagai ruang negatif foto Anda. Hal ini akan membuat hasil foto terlihat lebih menarik.

8. Jaga agar handphone tetap stabil

tips fotografi menggunakan kamera handphone

Credit: ephotozine.com

Tips kedelapan fotografi keren menggunakan kamera handphone yaitu menjaga agar handphone tetap stabil saat mengambil gambar. Anda tentu tidak ingin hasil foto terlihat buram dan tidak nyaman untuk dilihat, bukan? 

Foto yang buram akan menurunkan kualitas foto Anda. Hasil foto yang buram bukan hanya terjadi saat kondisi cahaya redup, tapi juga disebabkan karena handphone Anda goyang (bergerak) saat mengambil gambar. 

Agar gambar tidak buram, sebaiknya ambil gambar dalam posisi berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu, pegang handphone dengan kedua tangan dan tempelkan kedua siku pada tubuh. Kemudian tekan tombol shutter dengan lembut agar handphone Anda tidak bergerak. 

Anda juga bisa menekan tombol volume sebagai pengganti tombol shutter pada kamera handphone. Ini dapat membantu meminimalkan goyangan pada kamera yang menyebabkan gambar menjadi buram. Selain itu ambil beberapa gambar agar Anda dapat memilih hasil foto mana yang paling jelas.

Baca juga: Belajar Fotografi Yuk, bersama Fotografer Ternama Ferry Ardianto

Cara yang paling aman tentu saja dengan menggunakan tripod smartphone saat mengambil gambar. Namun jika Anda tidak memilikinya Anda bisa menempelkan diri Anda ke dinding agar handphone tetap stabil. 

Itulah beberapa tips fotografi keren menggunakan kamera handphone yang dapat langsung Anda coba sekarang juga. Bagaimana, tidak sulit bukan? Dengan menerapkan tips-tips di atas dijamin deh kualitas foto Anda jadi lebih bagus dan menarik tentunya. Selamat mencoba, ya!

Sumber referensi utama: digitalcameraworld.com

Sumber foto: ephotozine.com

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top