Indo Blog Net

Tips rumah

7 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Supaya Gak Bosan di Rumah Aja

tips dekorasi ulang rumah

Sudah masuk Tahun 2021, nih. Mungkin Anda sudah lumayan bosan karena terus menerus beraktivitas di rumah. Ingin lebih betah di rumah dan tidak bosan lagi meski banyak beraktivitas di rumah selama pandemi Corona ini? Cobalah dekorasi ulang rumah Anda. 

Dekorasi ulang rumah atau katakanlah menghias kembali rumah Anda tak hanya bermanfaat untuk membuat penghuninya jadi lebih betah berlama-lama di rumah, lho.

Ada beberapa manfaat lainnya dari mendekorasi ulang rumah seperti yang kami ulas di bawah ini. Setelah itu kami juga akan membagikan berbagai tips dekorasi ulang rumah yang menarik untuk Anda ketahui.

Manfaat Mendekorasi Ulang Rumah 

Rumah yang tidak pernah didekorasi ulang cenderung lebih membuat bosan karena tampilan yang tidak pernah berubah. Apalagi di masa pandemi ini membuat Anda jadi lebih banyak beraktivitas di rumah demi keamanan terhindar dari virus Corona.

Mendekorasi ulang rumah akan memberikan berbagai keuntungan bagi Anda, diantaranya:

  • Membuat penghuninya lebih betah

Bisa dibayangkan jika tampilan rumah Anda tidak pernah didekorasi ulang selama bertahun-tahun, Anda cenderung mudah bosan karena setiap hari berada di rumah dengan tampilan yang begitu-begitu saja. 

Nah, dengan adanya dekorasi yang baru, tampilan rumah jadi berbeda dari sebelumnya dan memberikan energi baru yang berbeda. Inilah yang akan membuat Anda jadi lebih betah dan nyaman di rumah dengan dekorasi yang baru.

  • Memberi nuansa berbeda

Mendekorasi ulang rumah artinya Anda membuat perubahan-perubahan pada rumah Anda sehingga terciptalah nuansa baru yang berbeda. Misalnya, Anda mengganti warna cat rumah Anda dari warna biru tua menjadi warna kuning cerah.

Tentunya ini akan memberikan nuansa yang berbeda, bukan?

  • Rumah terasa lebih segar

Manfaat lainnya dari dekorasi ulang rumah adalah rumah akan terasa lebih segar. Sebab dengan mendekorasi ulang rumah, tentunya Anda juga akan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak diperlukan lagi. Dan hal ini akan membuat rumah jadi terasa lebih segar.

Barang-barang yang sudah tidak diperlukan seringkali menyebabkan tumpukan debu dan kotoran yang bisa saja memicu penyakit.

  • Lebih menarik untuk dilihat

Dengan mendekorasi ulang artinya Anda menghias rumah jadi lebih indah dari sebelumnya. Hal ini tentunya akan membuat tampilan rumah lebih enak untuk dipandang mata. Bukan hanya lebih menarik untuk dilihat penghuni rumah, tapi juga bagi mereka yang berkunjung/bertamu ke rumah Anda.

  • Meningkatkan harga jual rumah

Jika Anda memang berniat untuk menjual rumah Anda manfaat yang satu ini pasti akan sangat menguntungkan. Sebab calon pembeli umumnya akan mempertimbangkan tampilan eksterior dan interior rumah. Tampilan rumah yang menarik akan membuat calon pembeli terkesan dan tertarik untuk membeli rumah Anda. 

Demikian beberapa manfaat dekorasi ulang rumah yang akan membuat Anda semakin bersemangat untuk mendekorasi kembali hunian Anda.

Bagi Anda pemilik hunian minimalis mari simak beberapa tips mendekorasi ulang rumah minimalis di bawah ini. 

7 Tips Dekorasi Ulang Rumah Minimalis Supaya Gak Bosan di Rumah Aja

Tak dipungkiri bahwa gaya minimalis masih banyak diminati oleh para pemilik hunian hingga saat ini. Gaya minimalis mengusung konsep yang simpel dan nyaman. Konsep seperti ini juga sangat cocok dengan hunian perkotaan.

Baca juga: 9 Tips Mudah Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Rapi

Namun, rumah minimalis akan terasa lebih membosankan jika tidak pernah didekorasi ulang.

Berikut ini beberapa tips mendekorasi ulang rumah minimalis Anda:

1. Singkirkan barang tak terpakai

Tips dekorasi ulang rumah minimalis yang pertama adalah menyingkirkan barang-barang yang sudah tak terpakai lagi. Tanpa Anda sadari bisa saja ada banyak barang di rumah Anda yang sebenarnya sudah tak terpakai dan sudah usang. Daripada disimpan tanpa ada manfaat dan malah menimbulkan tumpukan debu/kotoran, lebih baik Anda singkirkan barang-barang tersebut agar rumah jadi lebih rapi dan bersih. 

Selain menyingkirkan barang yang tak terpakai lagi, jangan lupa untuk merapikan barang-barang di rumah Anda. Atur barang-barang dengan meletakkan pada tempat yang seharusnya. Ruangan yang terlihat rapi akan membuat pikiran Anda lebih nyaman, lho. 

2. Ganti warna cat ruangan

tips dekorasi ulang rumah

Credit: shutterstock.com

Tips kedua dalam mendekorasi ulang rumah minimalis yaitu gantilah warna cat ruangan di rumah Anda. Jika umumnya banyak orang yang rutin mengganti warna cat eksteriornya agar tampak lebih indah, Anda juga bisa menerapkannya untuk interior rumah Anda. 

Untuk menghadirkan nuansa yang benar-benar berbeda dan lebih segar ganti warna cat ruangan dengan warna yang berbeda dari sebelumnya, dan pilih warna cerah, seperti kuning, biru, atau hijau. Jika Anda menyukai warna yang lembut, Anda bisa pilih cat dengan warna-warna tersebut namun dengan tingkat warna yang lebih muda. 

Warna-warna lembut juga lebih kental dengan nuansa minimalis. Usahakan agar warna-warna di rumah Anda tampak serasi dan seimbang agar tidak menghilangkan nuansa minimalisnya. 

3. Perhatikan tekstur ruangan

Tips ketiga dalam mendekorasi ulang rumah minimalis adalah perhatikan tekstur ruangan. Tekstur dapat membuat kesan lebih menarik pada rumah minimalis Anda. Coba tambahkan karpet berbulu atau wallpaper bertekstur pada ruangan untuk menambahkan tekstur pada interior. Agar nuansa minimalisnya tetap menonjol sebaiknya pilihlah warna-warna lembut. 

4. Beri sentuhan alam

tips dekorasi ulang rumah

Credit: getpocket.com

Tips selanjutnya saat mendekorasi ulang rumah minimalis yaitu memberikan sentuhan alam pada ruangan. Sentuhan alam ini bisa didapatkan dengan menambahkan elemen alami seperti dekorasi kayu, bambu, atau rotan. Ini akan membuat ruangan terasa lebih hangat. Anda bisa meletakkan lebih banyak elemen alami seperti ini pada ruang keluarga maupun ruang kamar.

Selain itu, sentuhan alam juga bisa dengan cara menambahkan tanaman-tanaman hidup di ruangan. Letakkan beberapa tanaman pot dengan ukuran yang sesuai dengan luas ruangan agar terlihat seimbang. Tanaman bisa diletakkan lebih banyak di bagian teras, halaman belakang, maupun ruang kerja agar terasa lebih segar dan sejuk.

5. Mengatur pencahayaan

Tips kelima untuk mendekorasi ulang rumah minimalis yaitu mengatur ulang pencahayaan rumah Anda. Sebab cahaya yang berbeda dapat memberi suasana yang berbeda pula pada ruangan. Untuk ruang kamar, ruang makan, serta ruang keluarga Anda sebaiknya gunakan lampu dengan cahaya berwarna, seperti kuning, pink, atau oranye. 

Jangan gunakan lampu putih yang menyilaukan agar ruangan lebih nyaman. Lampu dengan cahaya putih terang lebih cocok digunakan di ruang kerja atau dapur. 

6. Ganti tirai ruangan

tips dekorasi ulang rumah

Credit: thegardengranny.com

Tips berikutnya dalam mendekorasi ulang rumah minimalis adalah mengganti tirai ruangan. Ini bisa jadi hal yang paling mudah untuk dilakukan, bukan? Umumnya setiap rumah pasti menggunakan tirai pada beberapa ruangan, khususnya ruang tamu. 

Misalnya, coba ganti tirai polos rumah Anda dengan tirai bermotif minimalis. Anda dapat sesuaikan warna dan motif tirai dengan tema ruangan agar terlihat lebih serasi. 

7. Gunakan pajangan yang tepat

Tips terakhir dalam mendekorasi ulang rumah minimalis yaitu gunakan pajangan yang tepat. Selain mengganti tirai, ini juga merupakan cara termudah untuk mendekorasi ulang rumah minimalis Anda. Pajangan dapat berupa cermin, lukisan, lampu dekoratif, bantal unik, maupun vas cantik. Namun tetap ingat untuk memilih pajangan dengan desain yang simpel agar serasi dengan rumah minimalis Anda. 

Baiklah, demikian beberapa tips dekorasi ulang rumah minimalis yang menarik untuk Anda ketahui. Ayo, tunggu apalagi, dekorasi ulang rumah Anda agar Anda tetap semangat di rumah 🙂

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top