Gaya Hidup

Tips Berbelanja Online

Online…online…lagu Saykoji yang sempat hits beberapa waktu lalu menggambarkan bahwa kehidupan zaman sekarang sangat tergantung pada dunia online. Membaca berita, berkomunikasi melalui sosial media dan surat elektronik hingga berbelanja dilakukan secara online. Online shop tumbuh pesat bagai cendawan di musim hujan.

Berbelanja online dipilih karena menawarkan berbagai kemudahan. Lebih hemat waktu dan tenaga, memungkinkan menentukan pilihan produk tanpa harus keluar ongkos transport dan berputar-putar hingga kaki pegal dan seringkali toko online memberikan tawaran yang menggiurkan, menawarkan potongan harga tertentu terutama ketika even ulang tahun on line shop atau even Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS) yang diselenggarakan secara massal pada 10-12 Desember.

060620131688

         Namun patut diingat bahwa jika tidak hati-hati tawaran-tawaran menggiurkan ketika even HARBOLNAS bisa menyebabkan Hari Kebobolan yang Naas. Kok bisa naas? Bagaimana nggak naas kalai kantong terkuras karena tawaran diskon untuk barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Hanya sekedar terdorong desakan “mumpung diskon nih, kapan lagi”

      Beberapa tips agar tidak menjadi naas karena berbelanja online adalah:

  1. Menyusun list. Seperti halnya berbelanja di pasar nyata, belanja online pun perlu membuat list barang yang diperlukan. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Berbelanja karena keinginan bisa mendorong orang menjadi boros. Menyusun list belanja dan komitmen untuk menepati membantu shopper berada di track yang benar. Negara saja punya anggaran belanja masa’ kita-kita enggak sih.
  2. Menganggarkan isi rekening. Sesuai list belanjaan perlu menganggarkan isi rekening bank sesuai perkiraan belanja. Jika perlu pindahkan sementara kelebihan uang agar tidak kebobolan akibat lapar mata. Sampai sebegitunya ya? Ya dong “safety first”. Bahayanya jika terlalu menuruti nafsu belanja malah pilih layanan COD. Nah Lo, bisa jaga niat nggak? #Kekepin dompet.
  3. Bandingkan harga. Seringkali online shop menawarkan diskon hingga puluhan persen. Jangan tertipu, bandingkan dulu harganya setelah diskon dengan toko online lainnya.
  4. Manfaatkan voucher pemberian. Biasanya beberapa toko online membagikan voucher sebagai gift pada konsumen setianya. Meski mungkin seharga puluhan ribu atau seratus dua ratus ribu rupiah voucher ini sangat membantu berhemat.
  5. Mempertimbangkan peluang bisnis. Saat even extra diskon digelar adalah saat memborong barang. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya menggambarkan pemborosan. Jika memaksimalkan belanja untuk dijual kembali secara offline dengan margin tertentu kesempatan tersebut bisa memberikan keuntungan yang lumayan.

Belanja online?  Siapa takut, asal paham tips dan trik dan komitmen untuk tetap hidup hemat tentu tidak akan terjebak dalam gaya hidup berlebihan.

Dwi Aprilytanti Handayani

Ibu dua anak, senang menulis dan berbagi pengalaman. Baginya menulis adalah salah satu sarana mengeluarkan uneg-uneg dan segala rasa.

Latest posts by Dwi Aprilytanti Handayani (see all)

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hellooo, sahabat Indoblognet 😉 Kamis manis nih, yuk perbanyak optimis 😍
.
Bagi seorang pebisnis atau penjual, memiliki banyak konsumen tentunya adalah hal yang sangat penting, ya 😁 Masalahnya konsumen gak akan datang sendiri tanpa dijemput, artinya penjual perlu melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen 😄
.
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh penjual adalah dengan menerapkan konten marketing. Dengan konten marketing, kamu menarik perhatian konsumen dengan konten-konten berkualitas, menarik, dan disukai konsumen 😍
.
#instagram #indoblognet #mbcommunication #thursday #instadaily #followme #business #tips #viral

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top