Gaya Hidup

Tips Belanja Online Tapi Tabungan Tetap Aman

Belanja online bukanlah hal asing saat ini. Bahkan bukan hanya sebagai budaya, tapi sudah jadi lifestyle anak muda saat ini. Banyak yang bilang kalau belum belanja online belum dinamakan anak gaul. Demi sebutan prestise anak gaul dari teman-temannya, banyak diantara kita yang rela mengeluarkan uang yang banyak demi kebutuhan tidak penting.

Hal ini sangat buruk sekali jika terus menerus dilakukan. Jangan hanya mengejar pengakuan dari teman tapi malah membuat kondisi keuangan semakin buruk. Memang sih punya teman banyak itu penting, karena bisa menjalin network yang luas. Tapi kalau teman sendiri malah memberi dampak negatif kepada kita, tentu itu bukanlah teman sejati.

Apabila dilihat dari keunggulannnya, belanja online jauh lebih baik dari pada toko konvensional yang di pinggir jalan maupun mall. Karena kita tidak perlu repot-repot keluar rumah sehingga waktu tidak terbuang sia-sia. Hanya dengan memanfaatkan teknologi internet, kita bisa beli apa saja. Cukup satu klik saja, maka barang yang kita inginkan sudah datang diantar oleh jasa kurir barang.

Belum lagi godaan diskon dari beberapa toko online dan marketplace yang sangat menggiurkan, membuat masyarakat Indonesia lebih suka belanja online dari pada datang ke tokonya langsung. Menurut data statistik, jumlah konsumen belanja online setiap tahun semakin meningkat.

Walaupun online shop sangat banyak sekali, namun gaya hidup yang seperti ini ternyata malah membuat pembeli kecanduan. Disatu sisi sangat menguntungkan penjual, namun di sisi lain para pembeli selalu mengeluh akibat kondisi finansial yang buruk.

Lalu apa yang harus dilakukan supaya bisa belanja online tapi tetap aman dan tabungan tidak ikut amblas gara-gara gaya hidup yang kebablasan? Untuk tahu jawabannya, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pertama: Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan hidup dengan keinginan hidup itu jauh berbeda. Untuk anda yang masih lajang harus bisa belajar membedakan mana yang kebutuhan dan mana keinginan. Karena ini adalah bekal nanti saat sudah berkeluarga. Kalau masih sendiri mungkin belum ada beban jika kondisi keuangan sangat buruk. Namun kalau sudah berkeluarga harus memikirkan anak. Jadi jangan sampai uang yang dikumpulkan dengan kerja keras harus terbuang sia-sia gara menuruti hawa nafsu belanja online.

Setiap manusia yang dilahirkan di bumi pasti memiliki hafa nafsu, termasuk belanja. Namun itu bukan alasan untuk hidup boros dan bermewah-mewahan. Ingat, Allah justru lebih suka kepada hambanya yang sederhana namun tetap sejahtera.

Biasanya godaan diskon online shop itu datang ketika awal bulan. Hal ini karena saat itu semua orang baru saja menerima uang gaji. Sehingga ketika ada promo, semua orang akan tergiur. Melihat seperti ini kita harus bisa menahan diri. Jangan sampai menyesal dikemudian hari gara-gara belanja barang yang tidak perlu.

Kedua: Cek Kebenaran Promo Online Shop

Sebelum memutuskan membeli barang di online shop yang mengadakan promo, lebih baik cek dulu kebenaran harganya. Jangan sampai anda langsung tergoda dan membeli barang di online shop padahal baru pertama kali melihat promo yang diadakan. Intinya jangan sampai tertipu dengan harga diskon yang ditawarkan. Karena saat ini banyak sekali diskon abal-abal alias diskon yang harganya sudah dinaikkan dulu.

Di dunia maya tidak ada yang tahu sebenarnya penjual di online shop itu jujur atau memang penipu. Bukan maksud untuk curiga kepada penjual, namun alangkah baiknya bandingkan dengan online shop yang lain pada produk yang sama. Karena saat ini banyak sekali penjual online shop nakal yang mencoba meraup keuntungan dengan cara yang tidak baik. Curiga itu penting, tapi jangan berlebihan.

Ketiga: Ingat Hari Esok, Anda Juga Masih Butuh Makan

Tips terakhir yang paling aman supaya tabungan tidak terkuras adalah dengan mengingat hari esok bahwa masih banyak keperluan yang lebih penting, termasuk makan. Bukan hanya makan saja, kita juga tidak tahu kalau besok bakal sakit dan masuk rumah sakit. Biaya berobat itu tidak murah, apalagi di kota-kota besar layaknya Jakarta.

Jangan sampai hanya dengan memburu keinginan semata malah membuat kondisi keuangan semakin buruk. Ingat penyesalan selalu datang di akhir. Karena yang di depan itu hanyalah pendaftaran. Hehehe.

Hidup mewah itu penting, namun hidup bahagai dengan segala kecukupan jauh lebih penting dari apapun. Lagi pula kalau sudah meninggal, barang yang dibeli secara online juga tidak akan dibawa. Jadi hidup hemat itu lebih penting namun sangat sulit dilakukan.

 

 

Image source: pixabay.com

ikhwanazmi

I'am newbie, but i want to learn more.
Don't be lazy, let's study.
More about me visit to inma-xp.com
Thanks ^_^

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

  • Hai, sahabat Indoblognet 😁 Selamat beraktivitas dan menjalani hari penuh berkah, aamiin
.
Sahabat, tau gak kalian, kalau saat ini menulis content yang hanya berupa tulisan rasanya jadi kurang menarik, khususnya untuk konten sosmed ya guys πŸ˜€ Karena saat ini konten yang menarik perhatian  audiens adalah konten yang dikemas dalam bentuk infografik (yaitu konten dalam bentuk visual: tabel, gambar, animasi, dll)
.
Berdasarkan survey, konten infografik mendapatkan like dan share yang lebih banyak 3X lipat dibandingkan konten yang hanya berupa tulisan πŸ˜‰ Nah, yuk ah belajar meningkatkan kualitas kontenmu dengan mencoba berbagai bentuk infografik πŸ˜€
.
#indoblognet #mbcommunication #infografik #konten #tipscontent #trending #popularpost #viralcontent #socialmedia

Follow Me

Copyright Β© 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top