Indo Blog Net

Tips and Trick

8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan, Bikin Anak Semangat Belajar!

tips belajar di rumah

Ada yang berbeda saat memasuki tahun ajaran baru kali ini. Biasanya menjelang tahun ajaran baru orangtua akan sibuk mempersiapkan keperluan sekolah anak seperti seragam, sepatu, tas sekolah, wadah bekal, dan lain-lain. Namun, tahun ini orangtua tak perlu lagi mempersiapkan hal tersebut karena anak sekolah masih akan belajar di rumah hingga akhir tahun ini. 

Pandemi virus Corona yang belum berakhir membuat kegiatan belajar anak dialihkan di rumah. Sekolah menerapkan pembelajaran jarak jauh atau secara online melalui berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Zoom, Skype, dan sebagainya. Hanya saja sekolah di rumah yang dijalani anak selama beberapa bulan belakangan ini cenderung membuat anak bosan.

Baca juga: 9 Platform Gratis yang Bisa Digunakan Anak Belajar Online di Rumah

Mengapa demikian? Sebab anak belajar dengan suasana yang kurang lebih sama setiap harinya alias monoton, dan tidak berinteraksi secara langsung dengan teman-teman sebagaimana di sekolah biasa. Tentunya hal ini bisa membuat anak merasa kurang semangat belajar di rumah. 

Untuk itulah Anda perlu mengetahui berbagai tips belajar di rumah yang menyenangkan selama masa pandemi virus Corona ini agar anak tidak bosan dan tetap semangat belajar.

8 Tips Belajar di Rumah yang Menyenangkan

Kegiatan belajar di rumah selama pandemi virus Corona ini memang memiliki tantangan-tantangan tersendiri. Misalnya jika anak merasa bosan dan kurang semangat maka akan mudah tergoda untuk menonton televisi ataupun bermain game saat jam belajar.

Tentu Anda tak menginginkan hal ini, bukan? Jadi, yuk simak beberapa tips belajar di rumah yang menyenangkan berikut ini.

1. Buat jam belajar

Tips pertama untuk anak belajar di rumah selama pandemi virus Corona ini yaitu buatlah jam belajar yang sama setiap harinya sebagaimana layaknya di sekolah. Misalnya, jam belajar anak mulai pukul 07.00 – 10.00 pagi atau sesuai dengan ketentuan dari pihak sekolahnya. 

Jangan lupa juga untuk tetap menerapkan rutinitas harian sebelum jam belajar di mulai, seperti bangun pagi, mandi, pakai seragam atau baju yang rapi, hingga sarapan.

Selain bermanfaat untuk melatih kedisiplinan anak, rutinitas ini juga dapat membuat anak lebih semangat belajar. Anak akan mengerti bahwa belajar di rumah bukan berarti libur dan malas-malasan. 

Sama halnya dengan di sekolah, belajar di rumah juga membutuhkan waktu istirahat. Sediakan waktu istirahat 15 hingga 20 menit di sela-sela jam belajar anak. Ini penting untuk merelaksasi fisik dan mental anak. Dan saat jam belajar usai, hentikan kegiatan belajar untuk dilanjutkan keesokan harinya.

Jam belajar yang terlalu lama akan membuat anak merasa bosan. 

2. Sediakan ruang belajar yang nyaman

tips belajar di rumah

Credit: parenting.orami.co.id

Tips kedua untuk belajar di rumah yang menyenangkan adalah dengan menyediakan ruang belajar yang nyaman bagi anak. Anda bisa menggunakan salah satu ruangan di rumah menjadi ruang belajar anak.

Usahakan agar anak tidak belajar di atas tempat tidur atau duduk di lantai. Hal ini dapat membuat anak kurang semangat dan tergoda untuk rebahan dan ma dan malas-malasan.

Jadi sebaiknya sediakan meja dan kursi yang membuat anak dapat duduk dengan nyaman, seperti meja belajar atau meja di ruang kerja. Posisi duduk tegak di kursi akan meminimalisir rasa malas. Pilih kursi yang memiliki sandaran yang nyaman, atau Anda bisa menambahkan bantal busa di bagian sandarannya. 

Di samping itu perhatikan pula pencahayaan dan ventilasi udara pada ruang belajar. Pilih ruang dengan pencahayaan dan ventilasi udara yang baik, misalnya buka jendela agar ruangan lebih segar dan nyalakan lampu jika diperlukan.

Selama anak sedang belajar, usahakan agar suasana di sekitarnya tenang sehingga anak bisa fokus belajar. 

3. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

Tentunya kegiatan belajar anak akan terganggu jika alat-alat belajar yang digunakan tidak lengkap, bukan? Jadi sediakan alat-alat yang biasa digunakan anak untuk belajar. Anda bisa bertanya pada anak mengenai alat apa saja yang dibutuhkan selama kegiatan belajar.

Alat-alat yang digunakan untuk belajar ini umumnya adalah alat tulis, buku-buku dan gadget yang digunakan untuk memperlancar kegiatan belajar. 

4. Pastikan koneksi internet lancar

Salah satu tips belajar di rumah selama pandemi virus Corona adalah memastikan koneksi internet yang digunakan anak untuk belajar selalu lancar. Sebab koneksi internet yang lancar akan mempermudah anak untuk tetap terhubung dengan guru, terutama saat kegiatan belajar sedang berlangsung (online).

Koneksi internet ini merupakan salah satu pendukung proses pembelajaran dari rumah. 

Koneksi internet digunakan guru untuk menyampaikan materi pembelajaran serta pemberian tugas-tugas. Murid pun menerima materi pembelajaran dan menyerahkan tugas menggunakan koneksi internet. Jadi bisa dibayangkan bila koneksi internet tidak lancar, anak akan kesulitan dalam proses pembelajaran.

5. Jauhkan benda yang membuat anak kurang fokus

Penting sekali lho untuk membuat anak tetap fokus selama jam belajar. Fokus yang baik akan membuat anak mudah menyerap dan memahami materi pembelajaran dengan optimal. Sebaliknya saat anak kurang fokus ia jadi lebih sulit memahami apa yang sedang dipelajari dan akhirnya belajar menjadi kurang efektif. 

Belajar di rumah memang tak terlepas dari gangguan-gangguan seperti televisi, mainan, termasuk gadget. Sebaiknya jauhkan benda-benda yang dapat mengganggu fokus anak atau letakkan di ruangan lain di luar tempat belajar anak. Dengan begitu anak jadi lebih tenang dan fokus belajar. 

6. Sediakan camilan sehat

camilan sehat untuk belajar di rumah

Credit: food,detik.com

Tips belajar di rumah agar tidak membosankan tentunya harus ada nih yang satu ini. Ya, sediakan camilan sehat untuk anak. Meski secara fisik mungkin anak tidak banyak bergerak, tapi belajar juga mengeluarkan energi untuk berpikir.

Agar anak tetap semangat dan memiliki energi untuk berpikir secara optimal, jangan lupa untuk menyediakan camilan sehat untuknya. 

Mengapa harus camilan sehat? Karena makanan sehat akan membuat anak tetap sehat baik secara fisik maupun mental. Kriteria camilan sehat diantaranya banyak mengandung nutrisi dan bebas dari bahan-bahan tambahan (perasa buatan, pemanis buatan, pewarna, dan pengawet), serta tidak banyak mengandung MSG, gula proses, dan gluten. 

Camilan sehat yang bisa jadi pilihan bagus untuk menemani anak belajar diantaranya: buah-buahan potong (agar anak mudah memakannya), jus buah alami tanpa gula, kacang mete, atau keripik yang terbuat dari biji-bijian, sayuran, maupun buah-buahan. 

7. Dampingi anak belajar

Mendampingi anak belajar juga termasuk tips belajar di rumah selama pandemi virus Corona ini. Bila di sekolah anak selalu didampingi guru saat pembelajaran, lain halnya dengan saat ini.

Meski ada beberapa sekolah yang menerapkan sistem belajar online menggunakan video conference, tetap saja peran guru dalam mendampingi anak tidak semaksimal seperti di sekolah biasa.

Untuk itulah sebaiknya orangtua tetap berusaha meluangkan waktu untuk mendampingi anak. Jika tidak bisa setiap hari, orangtua bisa sesekali meluangkan waktu menemani anak belajar untuk melihat bagaimana ia belajar dan bertanya apakah ada kesulitan. 

8. Semangati anak dalam belajar

Tips terakhir belajar di rumah agar tidak membosankan adalah semangati anak.  Setiap anak pasti membutuhkan dukungan dari orangtuanya. Apalagi di masa pandemi virus Corona ini dimana anak mengalami perubahan sistem pembelajaran.

Semangat dari orangtua akan membuat anak lebih semangat dan senang menjalani pembelajaran dari rumah. 

Itulah beberapa tips belajar di rumah selama pandemi virus Corona ini agar suasana belajar tetap menyenangkan dan tidak membosankan. Anda punya tips lainnya untuk dibagikan? Yuk, tulis pada kolom komentar di bawah ini! Selamat belajar, ya 🙂

Credit photo: northumberlandgazette.co.uk

 

Arifah Abdul Majid
See me on
Bagikan Jika Bermanfaat

Komentar

Indoblognet merupakan bagian dari MB Communication Network (MB Network) yang diimplementasikan menjadi sebuah jaringan netizen dan blogger Indonesia.

Kami memberikan ruang bagi eksistensi sobat netizen dan blogger menuangkan ide, gagasan, opini, sekaligus berbagi informasi, ilmu, dan cerita tentang berbagai pengalaman yang menginspirasi untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Fanpage

Instagram @Indoblognet

Instagram did not return a 200.

Follow Me

Copyright © 2017 Indoblognet.com. Design by: Planetmaya.net.

To Top
$(".comment-click-14431").on("click", function(){ $(".com-click-id-14431").show(); $(".disqus-thread-14431").show(); $(".com-but-14431").hide(); }); // Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });